Rekomendasi Manga, Movie, dan Anime Romance Terbaik

blank

Anime romance terbaik selalu membawakan kisah cinta yang penuh haru. Selain anime, kalian juga bisa menikmati cerita romansa lewat movie anime atau manga. Sebagai salah satu genre dengan penggemar yang besar, ada banyak beragam premis dan cerita menarik yang bisa kalian ikuti.

Jika kalian suka dengan genre ini dan ingin melakukan eksplor di anime, manga atau movie, daftar rekomendasi ini merupakan pilihan yang tepat. Kalian bisa memperbanyak tontonan atau bacaan tanpa harus bingung memilih seri yang perlu masuk watch list.

Daftar 5 Anime Romance Terbaik

1. Shigatsu wa Kimi no Uso

Anime romance terbaik

Terkenal dengan judul Your Lie in April, anime dengan 22 episode ini menceritakan kisah cinta seorang pianis bernama Arima Kousei dan Miyazono Kaori, seorang violinis. Karena kematian ibunya, Arima enggan untuk bermain piano kembali. Namun keputusannya berubah ketika Kaori mengajaknya berduet kembali.

Setelah berhasil membawa Arima kembali dalam dunia musik, hubungan keduanya semakin dekat. Tak disangka, ternyata Kaori menyimpan rahasia yang tak ia ungkapkan pada Arima mengenai dirinya, kesehatannya, dan perasaannya. Kalian harus menonton sendiri untuk tahu kelanjutan kisah Arima dan Kaori.

2. Kimi ni Todoke

blank

Jika kalian suka anime dengan premis romansa yang lembut, ada Kimi no Todoke. Anime dengan jumlah 38 episode ini diadpatasi dari manga berjudul sama. Perpaduan antara genre romance, slice of life, school life dan pertemanan ini akan membuat kalian ingin kembali ke masa SMA.

Ceritanya berpusat pada Sawako Kuronuma, seorang gadis SMA yang tak punya teman karena namanya mirip dengan Sadako, sehingga memberikan kesan angker padanya. Seorang pria teman sekelasnya tak memperdulikan hal tersebut dan tetap mau berteman dengan Sawako, yang membuat keduanya jadi semakin dekat.

3. Fruit Basket

Anime romance terbaik

Kisah cerita anime romansa tak selalu klise kok, Fruit Basket membawakan cerita romance dengan lebih fresh dengan menggabungkan unsur psikologi. Dalam seri ini kalian akan mengikuti kisah hidup seorang gadis bernama Tohru Honda, yang karena suatu kejadian, ia harus tinggal di rumah keluarga Sohma.

Anehnya keluarga tersebut tak seperti keluarga pada umumnya, setiap anggota keluarga akan berubah menjadi roh zodiak jika tersentuh oleh lawan jenis. Tak hanya menyajikan kisah romansa yang manis, kalian juga akan menemukan unsur komedi dan drama yang membuat anime ini semakin memikat.

4. Wotakoi: Love is Hard for Otaku

blank

Biasanya anime bertema romance akan membawakan kisah cinta masa SMA. Tapi Wotakoi: Love is Hard for Otaku membawakan cerita berbeda. Anime ini mengisahkan percintaan dua orang dewasa yang sama-sama otaku. Ceritanya yang unik dengan premis segar membuat anime ini memiliki banyak penggemar.

Tokoh utama dari cerita ini adalah Narumi, seorang pegawai wanita biasa yang ingin menyembunyikan fakta bahwa ia seorang otaku. Sayangnya identitasnya terbongkar karena teman masa kecilnya, Hirotaka, menjadi teman sekantornya. Pertemuan tersebut ternyata membawa hubungan mereka semakin dekat.

5. Kaguya-sama: Love is War

blank

Membahas anime bertema cinta tentu tak boleh melupakan Kaguya-sama: Love is War. Anime yang akan hadir musim barunya ini punya kombinasi adegan romance dan humor yang unik. Selain membuat kalian baper, cerita dan interaksi karakternya akan membuat kalian tertawa.

Cerita dari Kaguya-sama: Love is War berfokus pada Kaguya dan Miyuki, dua siswa top SMA yang menjadi ketua dan wakil OSIS. Keduanya sama-sama punya perasaan, namun tak ingin menyatakannya duluan. Tak ingin kalah, keduanya mencoba agar pihak lain menyatakan perasaannya lebih dulu.

Pilihan 5 Manga Romance Terbaik

Setelah membahas anime, tak lengkap jika tak membahas manga romance. Dalam daftar kali ini, manga yang terpilih dalam daftar rekomendasi adalah manga yang belum mendapatkan adaptasi anime, diantaranya adalah:

1. Sweat and Soap

Anime romance terbaik

Manga karya Kintetsu Yamada ini membawakan kisah romansa komedi dengan premis yang berbeda. Kisahnya berpusat pada seorang gadis yang sering berkeringat hanya karena aktifitas kecil, Asaka. Karena hal inilah ia sering malu dan tak percaya diri dengan dirinya, ini juga membuatnya menjadi sosok yang pendiam.

Kehidupan Asaka berubah ketika ia bertemu Koutaro, pria baik hati yang menjadi pengembang dan penyalur parfum. Kemampuannya dalam mengenali bau membuat Koutaro jatuh hati dengan aroma alami yang Asaka miliki. Hubungan keduanya yang awalnya awkward, secara perlahan mulai mencari.

2. A Sign of Affection

Anime romance terbaik

Jika kalian ingin membaca manga romansa dengan tema yang lebih dewasa, ada A Sign of Affection. Manga ini memiliki latar cerita di kampus dengan tokoh mahasiswa, sebuah latar yang mungkin tak banyak kalian temukan dalam shoujo manga kebanyakan.

Kisahnya berpusat pada Yuki, seorang mahasiswa yang berusaha keras untuk belajar dengan rajin. Suatu hari ia bersama dengan kawannya berjalan-jalan dan bertemu dengan mahasiswa lain, Itsuomi. Itsuomi bukan pria sembarangan, ia bisa 3 bahasa dan terlihat cerdas. Bagaimana hubungan keduanya berlanjut?

3. The Demon Prince of Momochi House

blank

Perpaduan antara kisah romansa bertema fantasi bisa kalian temukan dalam manga berjudul The Demon Prince of Momochi House. Manga ini cocok untuk kalian yang suka dengan anime romansa fantasy seperti Kamisama Kiss atau Akatsuki no Yona. Kisahnya menceritakan seorang gadis bernama Himari Momochi, seorang yatim piatu.

Ketika usianya 16 tahun, ia mendapatkan warisan berupa kerajaan yang berada di dunia manusia dan dunia arwah. Sebagai pendamping dan penjaga dari dua dunia, ia harus menyelesaikan berbagai tugas dan berurusan dengan banyak pihak. Kisah cintanya juga semakin berkembang seiring berjalannya cerita.

4. Cherie, My Destiny

blank

Rekomendasi manga romance tak boleh melupakan Cherie, My Destiny. Manga ini menceritakan kisah cinta dua sejoli dalam dunia masa memasak. Ceritanya berpusat pada seorang chef yang begitu percaya diri dengan kemampuannya dalam membuat masakan Perancis. Setelah belajar lama di Perancis, ia membuka restoran sendiri di Jepang.

Namun di dekat tempatnya membuka kedai jajanan manis dan pastry Perancis ada toko tradisional Jepang. Sebagaimana namanya, toko tersebut membuat jajanan tradisional khas dan punya banyak pelanggan. Awalnya mereka hanya ingin perang makanan, namun semuanya berubah ketika kedua pemilik toko makanan manis tersebut bertemu.

5. Ima Koi: Now I’m in Love

blank

Manga buatan Ayuko Hatta ini membawakan kisah romantis masa SMA. Plotnya memang cukup generic, namun Ayuko berhasil membawakan vibe manis khas romansa anak muda. Kalian akan melihat bagaimana Satomi, gadis SMA pemalu yang jatuh cinta dengan teman sekelasnya.

Dengan keberanian yang ia miliki, suatu hari ia menyatakan perasaannya pada Yagyu, teman sekelasnya yang tampan. Tak disangka, Yagyu ternyata menerima pernyataan cinta Satomi. Setelah keduanya berhasil berkencan, berbagai masalah klasik percintaan akan kalian temukan dalam manganya.

Daftar 5 Film Anime Terbaik

Setelah membahas rekomendasi anime dan manga romance terbaik, selanjutnya adalah membahas film anime. Format film anime juga cukup populer belakangan karena berhasil membawakan plot cerita yang langsung tuntas sekali tonton.

1. Kimi no Suizou Tabetai

Anime romance terbaik

Terkenal dengan judul I Want to Eat your Pancreas, film anime berdurasi nyaris 2 jam ini mengisahkan kisah cinta Haruki Shiga dan Sakura Yamauchi. Karena Haruki tahu rahasia penyakit Sakura, Sakura meminta Haruki untuk tetap bersamanya menghabiskan sisa umurnya.

Film anime dengan genre romansa, drama dan school life buatan Studio VOLN ini mendapatkan banyak pujian. Tak hanya membawakan premis yang emosional, kualitas gambar, suara dan tekhnik produksinya juga jempolan. Endingnya pun tak tertebak sama sekali, jadi luangkan waktu untuk menontonnya ya!

2. Kotonoha no Niwa

Anime romance terbaik

Makoto Shinkai memang terkenal karena mampu membuat film anime yang menguras air mata. Rilis pertama kali tahun 2018, Kotonoha no Niwa buatan J.C Staff ini mengisahkan kisah romantis yang akan membuat kalian baper. Meski durasinya kurang dari 1 jam, ceritanya tetap mengalir dan bisa kalian nikmati dengan nyaman.

Ceritanya berpusat pada seorang siswa SMA bernama Takao Akizuki, ia punya cita cita membuka toko sepatu. Ia juga punya kebiasaan untuk selalu membolos di sebuah taman ketika hujan sedang turun. Suatu hari, Takao bertemu dengan seorang wanita misterius yang membersamainya berteduh ketika hujan. Tak disangka, kisah cinta Takao dimulai.

3. Your Name

blank

Satu lagi film anime buatan Makoto Shinkai yang mendapatkan banyak pujian, yakni Your Name atau Kimi no Na Wa. Film anime bertema romance, drama, supernatural dan school life ini menceritakan pertukaran tubuh antara sepasang remaja. Mitsuha yang hidup di kampung bertukar tubuh dengan seorang siswa SMA bernama Tachibana yang tinggal di Tokyo.

Karena hal tersebut, kehidupan mereka juga bermasalah. Mereka saling meninggalkan catatan satu sama lain untuk tahu kehidupan masing-masing. Namun karena suatu masalah, keduanya mulai memahami dan mencoba mengungkapkan perasaan yang mereka miliki.

4. Koe no Katachi

blank

 

Menonton film anime dengan genre school life masa SMA memang terasa mengasyikkan. Kalau kalian suka dengan tema sejenis, cobalah menonton Koe no Katachi. Selain membawakan kisah cinta, anime ini juga membawakan tema gelap berupa bullying kepada teman sekelas yang berkebutuhan khusus.

Kisahnya berpusat pada Shouko Nishimiya, seorang gadis bisu yang harus pindah sekolah karena korban bullying. Salah satu pelakunya, Shouya Ishida, ingin menebus kesalahan dengan berbaikan dengan Shouku. Keduanya pun mulai berhubungan dekat ketika SMA dan dewasa.

5. 5 Centimeter per Second

Anime romance terbaik

Kalau kamu suka vibe film anime Kotonoha no Niwa, cobalah menonton 5 Centimeter per Second. Anime dengan produsen dan creator yang sama ini membawakan kisah yang tak kalah menyentuh dari Kotonoha no Niwa. Plot ceritanya berkisah tentang hubungan kedua teman masa kecil yang ternyata saling menyukai satu sama lain.

Takaki Toono dan Akari Shinohara sudah berteman sejak sekolah dasar. Sayangnya ketika beranjak dewasa, keduanya harus berpisah karena keluarga Akari pindah ke tempat lain karena urusan pekerjaan. Setelah bersusah payah saling menghubungi, keduanya pun akhirnya bisa menjalin komunikasi dan menyatakan perasaan masing-masing.

Untuk pecinta genre drama dan romansa, rekomendasi manga, anime dan film anime ini harus kalian pertimbangkan. Selain bisa memberikan tontonan yang menarik di waktu luang, kalian pun juga bisa mendapatkan pengalaman percintaan dan bagaimana menjalin hubungan yang baik.