4 Rekomendasi Wisata Musim Panas di Jepang

Wisata musim panas di Jepang

Musim panas merupakan waktu yang dinanti oleh kebanyakan wisatawan yang hendak berkunjung ke Negeri Sakura, Jepang. Pasalnya, beberapa destinasi wisata seperti halnya festival hanya bisa kamu temui ketika musim panas tiba. Berikut ini merupakan rekomendasi wisata musim panas di Jepang yang wajib untuk masuk di destination list.

1. Nagaoka Hanabi Matsuri (Festival Kembang Api Nagaoka)

blank

Nagaoka Hanabi Matsuri, atau bisa memiliki arti sebagai Festival Kembang Api Nagaoka adalah festival yang penyelenggaraannya hanya ada di bulan Agustus di Prefektur Niigata. Festival ini ada guna memperingati  para korban yang gugur pada masa perang dunia ke 2 akibat bom atom yang jatuh tepat di langit Kota Nagaoka .

Sebagai segmen pembuka, Hanaoka Hanabi Matsuri akan menampilkan  kembang api Shiragiku. Kembang api di festival ini menyimbolkan penghormatan atas para warga dan masyarakat yang gugur pada serangan Nagaoka. Festival Kembang Api Nagaoka hanya berlangsung selama dua hari saja

2. Festival Musim Panas Mitama Matsuri di Jepang

blank

Wisata musim panas di Jepang lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Festival Mitama Matsuri. Mitama Matsuri merupakan salah satu festival lentera terbesar yang ada di Kota Tokyo. Festival ini telah ada sejak tahun 1947 yang berlangsung di kuil Yasukuni.

Tujuan dari  festival ini adalah untuk menghormati para jiwa yang telah rela memberikan nyawa mereka untuk membela Jepang semasa perang dunia dahulu. Lentera yang menyala berperan sebagai simbol penunjuk jalan parah roh di alam sana. 

Di festival ini terdapat banyak sekali kuliner khas Jepang yang dijual seperti halnya okonomiyaki, takoyaki, dorayaki, dan sebagainya. Selain itu, tarian serta permainan tradisional juga turut serta guna memeriahkan festival yang berlangsung selama 4 hari.

3.  Sumidagawa Hanabi Matsuri

blank

Musim panas di Jepang identik dengan festival kembang apinya. Selain Nagaoka Hanabi Matsuri, terdapat juga Sumidagawa Hanabi Matsuri yang merupakan salah satu festival kembang api tertua di dunia. Festival ini telah dimulai sejak zaman Edo, sekitar 400 tahun lalu dengan tujuan agar negeri ini (Jepang) jauh dari segala marabahaya.

Meskipun hanya berlangsung selama 1 hari, Sumidagawa Hanabi Matsuri mampu mengundang sekitar 1 juta wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara. Hal ini termasuk wajar mengingat jumlah kembang api yang diluncurkan pada Sumidagawa Hanabi Matsuri bisa  mencapai lebih dari 20.000 buah.

4.  Wisata Musim Panas di Jepang Unkai Terrace

Wisata musim panas di Jepang

Selain berbagai macam festival yang menjadi ciri khas dari wisata musim panas di Jepang, ternyata ada juga wisata alam yang hanya bisa wisatawan nikamti ketika musim panas tiba, yaitu Unkai Terrace.

Unkai Terrace merupakan wisata alam yang menyajikan pemandangan lautan awan yang menakjubkan di tengah Gunung Tomamu, Hokkaido. Hal ini sesuai dengan makna Unkai yang berarti lautan awan. Biasanya, wisata ini buka dari bulan Mei sampai Oktober, sejalan dengan tibanya musim panas di Negeri  Sakura.

Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di Unkai Terrace adalah pada saat sunrise atau  matahari terbit. Hal ini karena gumpalan awan yang terbentuk masih padat sehingga akan menimbulkan kesan lautan awan yang begitu indah.

Itulah penjelasan tentang sederet wisata di Jepang. Wisata musim panas di Jepang memang tidak ada habisnya. Mulai dari festival kembang api, festival lentera, hingga wisata alam. Namun, pastikan untuk mempersiapkan kocek yang cukup sebelum berwisata ke Jepang, mengingat biaya hidup di negara ini bisa terbilang lumayan tinggi.