Review To Your Eternity: Underrated Anime yang Mengharukan

blank

Anime To Your Eternity merupakan anime yang membawakan kisah sedih namun penuh dengan makna. Review To Your Eternity akan menjadi topik pembahasan dari rubrik Review kali ini karena belakangan animenya tengah viral dan manganya menjelang tamat.

To Your Eternity atau Fumitsu no Anata e merupakan seri manga buatan Yoshitoki Oima. Yoshitoki sendiri merupakan mangaka terkenal yang sebelumnya sukses menerbitkan A Silent Voice. Untuk kalian yang menyukai tema cerita seperti A Silent Voice, sayang kalau melewatkan anime To Your Eternity.

Review To Your Eternity: Sinopsis

Cerita dari To Your Eternity berpusat pada kehidupan sebuah entitas tanpa nama yang dijatuhkan ke dunia. Agar bisa hidup, entitas ini diberkati kemampuan untuk mengubah dirinya sendiri ke dalam bentuk apapun. Ia juga mampu menyimpan berbagai informasi sesuai wujud yang ia miliki.

Entitas ini awalnya meniru sebuah batu, lumut, dan kemudian seekor serigala. Setelah melewati perjalanan panjang, serigala ini bertemu dengan seorang pemuda. Pemuda ini merawat serigala jadi-jadian tersebut dengan baik, bahkan merencanakan pergi ke Paradise untuk menyusul sukunya yang sudah bermigrasi.

Sayangnya pemuda ini akhirnya mati, yang membuat entitas tak bernama tersebut mengubah dirinya dari serigala menjadi manusia. Perjalanannya sebagai manusia pun dimulai. Ia menjelajahi padang salju untuk sampai ke tanah berikutnya dan menemukan berbagai pengalaman dan informasi baru.

Plot dan Perkembangan Cerita

Guna menghindari spoiler, secara keseluruhan cerita To Your Eternity akan mengikuti kehidupan Fumi, entitas tak bernama sebelumnya. Sebagai sosok yang tak bisa mati dan bisa berubah wujud, Fumi harus melewati perjalanan panjang untuk tumbuh dan mengerti bagaimana kehidupan berjalan.

Tontonan ini memang lebih menekankan tema slice of life, tapi bukan berarti animenya sesantai itu. Usaha-usaha Fumi dan teman-temannya bertahan hidup memberikan pengajaran yang dalam bagi siapapun yang menonton anime ini.

Animasi dan Grafis Anime

Review To Your Eternity

Membahas review To Your Eternity tak akan lengkap jika tak membahas mengenai grafis dan animasi dari animenya. Studio pembuat anime ini, Brain’s Base, mampu membawakan aura manganya yang kelam namun melankolis dengan sangat baik.

Pujian tersebut tak hanya datang dari mereka yang membaca manganya, tapi juga dari penonton animenya langsung. Berbagai desain karakter, penggambaran ekspresi hingga pembuatan animasi terlihat rapi dan detail, membuat kalian bisa menikmati ceritanya dengan lebih baik.

Secara keseluruhan, manganya memang tak memberikan porsi aksi yang mencukupi dan memberikan ketegangan yang berarti. Namun pemilihan tema, adegan dan permasalahan yang ada membuat kalian bisa merasakan sensasi suspense dan ketegangan secara tak langsung.

Soundtrack, Seiyuu dan BGM Musik

Berlanjut ke review To Your Eternity di bagian suara. Untuk membuat animenya terlihat lebih hidup, Brain’s Base sepertinya menguatkan bagian soundtrack. Kalian akan terhanyut dengan berbagai adegan yang berlangsung lewat pemilihan soundtrack yang pas dan mendayu.

Bagian opening dan ending song juga tak boleh dilewatkan. Awalnya lagu pembuka dan penutup seakan memang tak memberikan kesan yang kuat, tapi seiring berjalannya anime, kalian akan melihat bahwa pemilihan lagu memang sudah cukup bagus. Lagu yang dipilih disesuaikan dengan tema dan arc yang diadaptasi dalam anime ini.

Review To Your Eternity: Verdict?

Apakah anime To Your Eternity layak untuk ditonton? Jawabannya adalah ya, terutama untuk kalian yang suka tontonan berat namun tetap santai dalam penyampaiannya. Anime ini juga memberikan nuansa melodramatis yang akan membuat kalian merenung tentang kehidupan.