Wisata Kuliner Jepang, 6 Olahan Gorengan Khas Terbaik

Kuliner khas Negeri Sakura

Pergi berwisata ke Negara Jepang adalah impian dari sebagian orang di dunia. Jepang jadi salah satu pilihan utama karena memiliki banyak sekali lokasi wisata. Contohnya adalah lokasi di Kyoto, Hokkaido, dan masih banyak tempat lagi. Tetapi, daya tarik Negeri Sakura tidak hanya ada di lokasinya saja. Ada juga beberapa wisata kuliner Jepang yang sering jadi tujuan utama. 

Jepang memiliki banyak sekali kuliner lezat untuk mengisi perut. Makanan ini terdiri dari beberapa jenis, mulai dari makanan ringan hingga berat. Salah satu contoh jenis makanan yang cukup populer adalah gorengan. Jepang juga memiliki olahan gorengannya sendiri. Sama seperti Indonesia, di sana gorengan juga menjadi teman makan terpilih. Di bawah ini adalah sebagian dari wisata kuliner berupa olahan gorengan terbaik khas Jepang.

1. Gorengan Ekkado 

Wisata makanan

wisata kuliner Jepang gorengan terkenal pertama yang ada di Jepang adalah Ekkado. Dalam proses pembuatan, makanan ini menjadi daging udang sebagai bahan utama. Selain itu, ada juga ayam cincang yang kemudian bercampur dengan tepung serta bumbu khas lain. Selain daging, ada juga olahan Ekkado yang menggunakan telur sebagai isian. Ciri khas dari olahan ini adalah bagian luar yang berlapis kulit siomay dan mengikat bagian atasnya.

2. Katsu

Wisata kuliner Jepang

Katsu adalah jenis gorengan yang berupa potongan-potongan. Potongan umum yang sering menjadi bahan baku adalah ayam yang orang sebut sebagai chicken katsu atau tori katsu. Biasanya gorengan katsu ini sering orang makan bersama nasi atau udon (sejenis mie). Beberapa juga menyantap olahan gorengan ini ini bersama saus.

3. Wisata Kuliner Jepang Karaage

olahan gorengan jepang

Karaage adalah camilan populer asal Jepang terbuat dari potongan daging ayam. Biasanya bagian yang menjadi bahan utama adalah paha yang berbalur dengan tepung. Tepung akan membuat tekstur Karaage menjadi renyah setelah proses penggorengan. Karakteristik unik dari Karaage adalah bagian luar yang renyah, namun tetap lumer pada bagian dalam. Sebelum jadi bahan utama, paha ayam harus dimarinase terlebih dahulu.

4. Gorengan Korokke

Wisata kuliner Jepang kedua adalah Korokke yang memiliki kemiripan dengan kroket. Perbedaannya terletak dari segi rasa karena Korokke terbuat dari bahan kentang. Kentang ini akan bercampur dengan daging serta bawang bombay. Ciri khas dari makanan ini adalah bentuknya yang bulat berlapis tepung roti. 

5. Wisata Kuliner Kakiage

Kakiage adalah kuliner yang mirip seperti bakwan. Kemiripan ini karena terbuat dari campuran potongan sayur. Kemudian sayur ini harus mengalami proses penggorengan bersama tepung terlebih dahulu. Ciri yang sama seperti gorengan bakwan di Indonesia. Ada satu hal yang jadi ciri utama dari Kakiage, yaitu mengenai adonan tepungnya.

wisata kuliner Jepang kakiage memiliki adonan tepung terigu yang bercampur dengan garam. Untuk airnya, adonan ini biasa menggunakan air es sebagai bahan guna melarutkan adonan. Ada juga yang menggunakan air soda untuk menggantikan air es. Dengan campuran seperti ini, gorengan Kakiage akan jadi lebih lebih renyah serta tidak menggumpal.

6. Tempura

Kuliner khas Negeri Sakura

Selanjutnya ada tempura yang jadi gorengan populer di dunia. Kepopuleran tempura juga berhasil menembus pasar Indonesia dan laris di pasaran. Tempura memiliki tekstur khas renyah meskipun bahannya bisa beragam. Perbedaan tempura dengan gorengan lainnya adalah dari segi adonan yang berupa campuran terigu, kuning telur, dan air es.

Itulah penjelasan tentang 6 olahan gorengan terkenal sebagai salah satu daya tarik wisata kuliner Jepang. Kamu bisa mendapatkan gorengan di rumah makan Jepang ketika sedang berkunjung. Membuat sendiri juga bukanlah hal buruk mengingat bahannya yang cukup mudah.