5 Anime Makoto Shinkai Terbaik dengan Plot Paling Romantis

blank

Anime buatan Makoto Shinkai terkenal karena plot ceritanya yang romantis dan visual yang indah. Sutradara dan penulis asal Jepang ini bahkan mendapat julukan sebagai The Next Miyazaki karena karya yang sudah ia buat.

Untuk kalian yang suka dengan karyanya, selain Kimi no Na Wa, kalian bisa menonton 5 judul anime buatannya ini. Dengan genre romansa yang anti mainstream, kalian bisa menikmati animenya sebagai sebuah karya seni yang indah.

Rekomendasi 5 Anime Buatan Makoto Shinkai

1. Weathering With You

blank

Film anime pertama buatan Makoto Shinkai yang bisa kalian tonton adalah Weathering With You atau Tenki no Ko. Anime ini rilis tahun 2019 lalu dan menuai kesuksesan yang besar di Jepang dan global. Anime ini menceritakan kisah Hodaka Morishima, anak muda yang merantau ke Tokyo untuk mendapatkan pekerjaan.

Meski selalu ditolak, akhirnya ia dikontrak oleh perusahaan majalah lokal untuk mencari kisah-kisah aneh. Hodaka kemudian bertemu Hina, seorang gadis matahari yang bisa mengendalikan cuaca, Tapi cuaca yang dikendalikan terus menerus tentu memberikan akibat buruk bagi dunia. Inilah yang menjadi premis menarik dari kisah Tenki no Ko.

2. The Garden of Words

blank

Ternyata sebelum terkenal dengan Kimi no Na Wa, Makoto Shinkai pernah mengguncang Jepang dengan film The Garden of Words pada tahun 2013. Dengan genre drama romansa, anime ini akan mengaduk emosi penonton karena plot ceritanya.

Anime ini mengisahkan hubungan antara seorang lelaki berusia 15 tahun dan seorang perempuan berusia 27 tahun. Keduanya berjanji untuk bertemu di kala hujan di Taman Nasional Shinjuku Gyeon. Anime ini terkenal karena membawakan nuansa grafis yang indah dengan kesan yang hangat.

3. 5 Centimeter per Second

anime makoto shinkai

Satu lagi anime Makoto Shinkai terbaik yang punya kisah cinta yang bikin baper, 5 Centimeter per Second. Film anime ini rilis tahun 2007 dan termasuk anime buatan Makoto yang populer di Jepang sebelum Kimi no Na Wa.

Anime ini punya 3 babak cerita yang menceritakan hubungan antara Takaki Tono dan Akaki Shinohara. Ketiga babak tersebut adalah Cherry Blossom, Cosmonaut, dan 5 Centimeters per Second. Berawal dari teman dekat, hubungan keduanya akhirnya berubah dengan hadirnya rasa sayang diantara mereka.

4. Children  Who Chase Lost Voices

blank

Di tahun 2011, Makoto pernah membuat anime denga judul Hoshi o Ou Kodomo yang artinya Children Who Chase Lost Voices. Anime ini menceritakan kisah seorang gadis bernama Asuna Watase yang diserang monster. Beruntungnya Asuna diselamatkan oleh Shun.

Anime ini terkenal karena punya grafis yang indah dan detail. Pesan dan amanat dari anime ini adalah merelakan kepergian orang yang mereka sayangi, terasa realistis meski genrenya fantasi. Children Who Chase Lost Voices bahkan sering dibandingkan dengan anime buatan Studio Ghibli.

5. Someone Gaze

anime makoto shinkai

Jika ingin menonton anime buatan Makoto Shinkai tapi terbatas waktu, coba pilih anime pendek berjudul Someone Gaze. Anime yang rilis tahun 2013 ini cukup singkat, hanya enam menit saja. Namun kepopulerannya tak kalah dengan anime Shinkai yang lain.

Anime ini mengisahkan tentang Aya, seorang gadis kecil yang tinggal bersama ayah dan kucingnya, Mii-san. Setelah dewasa, Aya memutuskan untuk bekerja sendiri dan meinggalkan ayahnya. Anime ini punya kisah yang mengharukan dengan visual yang indah.

Tertarik untuk menonton anime Makoto Shinkai terbaik dalam daftar ini? Tiap anime buatan Shinkai tak hanya indah, namun juga punya pesan yang mendalam.