Trik Liburan ke Jepang Ketika Musim Gugur

blank

Trik liburan ke Jepang di musim gugur tentu berbeda dengan liburan di musim panas atau musim semi. Musim gugur di Jepang memang tidak sedingin ketika musim dingin, namun suhu tetap rendah, jadi harus sipa menggunakan pakaian yang hangat.

Meski begitu, suhu udara di tiap kota di Jepang juga berbeda lho, jadi penting untuk tahu dimana kalian berlibur agar persiapan lebih maksimal. Supaya tidak menghabiskan banyak uang untuk mempersiapkan diri, berikut adalah trik penting agar bisa liburan dengan nyaman di musim gugur.

Perhatikan Waktu Kunjungan

Trik liburan ke Jepang

Jika kalian hendak berkunjung ke bagian utara Jepang, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah akhir bulan September hingga pertengahan Oktober. Bagian utara Jepang mengalami musim gugur terlebih dahulu, jadi aktifitas wisata seperti melakukan momijigari, mengunjungi onsen, hingga mendatangi festival dilakukan lebih awal.

Namun untuk wilayah Tokyo yang ada di bagian timur Jepang, musim gugur baru datang pada pertengahan November. Di waktu tersebut, suhu sudah cukup dingin namun kalian masih bisa mengakalinya dengan pakaian yang hangat. Sedangkan untuk wilayah Osaka dan Kyoto, musim gugur berlangsung pada pertengahan dan akhir bulan November.

Gunakan Pakaian yang Tepat

blank

Meski suhunya adem dan sejuk, kadang udara bisa berubah menjadi dingin. Akan lebih nyaman untuk beraktifitas jika kalian menggunakan outfit yang hangat. Setelan baju yang sering direkomendasikan adalah sweater atau jaket simpel, menggunakan bawahan panjang juga akan membuat kalian lebih bergerak leluasa.

Tapi ketika bergerak ke penghujung musim, maka suhunya akan semakin dingin. Misalnya perbandingan antara suhu awal Oktober dengan awal November, mendekati musim dingin suhu akan turun drastis. Kalian harus bersiap dengan baik jika hendak berlibur di waktu tersebut.

Aktifitas Menarik di Musim Gugur

Trik liburan ke Jepang

1. Momijigari

Sebagaimana musim semi, musim gugur juga punya aktifitas menikmati pepohonan atau momijigari. Jika di musim semi kalian melihat sakura mekar, maka di musim gugur kalian bisa melihat perubahan warna daun dan melihatnya gugur. Daun-daun akan berwarna kuning, oranye, dan merah kemudian jatuh dengan cantik ketika tertiup angin.

2. Mendatangi Festival

Jepang punya banyak festival menarik di musim gugur. Di musim ini kebanyakan wilayah Jepang mengalami musim panen, jadi tak heran jika festival yang dilakukan merupakan perayaan panen atau upacara rasa syukur. Kota besar seperti Tokyo, Kyoto, hingga Osaka masih sering mengadakan festival di musim ini.

3. Menikmati Onsen

Karena udara yang dingin, masyarakat Jepang lebih tertarik mendatangi onsen untuk menikmati air panas. Banyak ryokan atau penginapan yang sekaligus menawarkan layanan onsen, kalian bisa memilihnya jika ingin mendapatkan pengalaman terbaik untuk liburan rasa tradisional.

Makanan Khas Musim Gugur

blank

Ada beberapa makanan khas musim gugur yang bisa kalan coba, misalnya jamur matsusake. Jamur ini punya rasa yang unik  dan lezat, menariknya ia hanya muncul ketika musim gugur. Karena kelangkaannya, harga jamur ini cukup mahal. Jadi kalian harus siap merogoh dompet untuk menikmatinya.

Selain jamur, ada juga ikan sannma, ikan ini akan muncul banyak di musim gugur karena mereka bermigrasi ke daerah timur yang airnya lebih hangat. Ikan sanma terkenal karena rasanya yang gurih, cara terbaik untuk menikmatinya adalah dibakar atau dipanggang.

Itu dia trik liburan ke Jepang di musim gugur yang harus kalian tahu. Terlepas kalian ingin libur di musim apa, tetap ingat untuk mempersiapkan uang yang cukup untuk menghindari hal yang tak diinginkan.