Jenis Uang Yen Jepang yang Harus Kalian Tahu

blank

Tahu jenis uang yen Jepang tentu jadi hal yang penting untuk diketahui jika ingin tinggal dan bekerja di Jepang. Sebagaimana Indonesia, Jepang punya dua jenis uang yen, yakni uang koin dan uang kertas. Bahan pembuat uang yen juga berbeda tergantung dengan nominal yang digunakan.

Untuk kalian yang ingin tahu lebih dalam mengenai uang yen, penjelasan berikut ini akan membantu. Setidaknya kalian tak akan kebingungan ketika menggunakannya nanti saat berkunjung ke Jepang. Yuk simak apa saja fakta menarik dari jenis uang yen dari negeri bunga sakura ini.

Jenis Uang Yen Kertas

Uang kertas terbagi dalam empat jenis, yakni uang 10 ribu yen, 5 ribu yen, 2 ribu yen, dan seribu yen. Berikut adaah rincian dari masing-masing nominal:

1. Uang 10 Ribu Yen

blank

Di uang 10 ribu yen kalian akan akan menemukan tokoh Yukichi Fukuzawa di bagian depan. Yukichi merupakan tokoh Jepang era Meiji yang juga pendiri dari Keio University di Tokyo. Universitas tersebut merupakan kampus private paling bergengsi di Jepang.

Sedangkan di bagian belakang, kalian akan melihat gambar patung burung phoenix yang terdapat di kuil Phoenix Hall Budhist. Kuil ini termaasuk dalam lokasi kebudayaan dunia yang ada di Jepang. Uang 10 ribu yen pertama kali beredar pada tahun 2004.

2. Uang 5 Ribu Yen

jenis uang yen Jepang

Untuk uang 5 ribu yen, di bagian depan kalian akan melihat Ichiyo Higuchi, yang merupakan tokoh dari era Meiji. Ichiyo merupakan seorang novelis dan penulis puisi. Tokoh ini juga merupakan satu-satunya wanita yang muncul dalam uang yen, sampai sekarang ada sekitar 17 tokoh yang sudah muncul di uang kertas, namun semuanya di dominasi oleh laki-laki.

Pada bagian belakang, kalian akan melihat Kakitsubata-zu, yang merupakan panel screen yang terdapat dalam Museum Nezu. Panel tersebut termasuk harga negara karena dibuat oleh seorang pelukis terkenal periode Edo, Ogata Korin. Uang ini beredar di pasaran pada tahun 2004.

3. Uang 2 Ribu Yen

blank

Selanjutnya adalah uang 2 ribu yen yang menggunakan desain Istana Shuri di bagian depan. Istana tersebut merupakan tempat Dinasti Ryukyu tinggal di daerah Okinawa. Sedangkan di bagian belakang ada gambar dari cerita The Tale of Genji karangan Murasaki Shikibu. Uang yen ini beredar pertama kali tahun 2000.

4. Uang Seribu Yen

blank

Jenis uang kertas yen Jepang terakhir adalah uang seribu yen. Di bagian depan, kalian bisa melihat desain Hideyo Noguchi, yang merupakan seorang ahli bakteri. Sepanjang hidupnya ia mengabadikan diri untuk melakukan penelitian terhadap penyakit kuning. Di bagian belakang ada desain Gunung Fuji dan bunga sakura. Uang ini beredar ke publik pada tahun 2004.

Jenis Uang Yen Koin

jenis uang yen Jepang

Selain uang kertas, uang koin juga sering digunakan dalam transaksi ekonomi. Uang koin yen terbagi dalam 5 jenis, yakni uang koin 500 yen, 100 yen, 50 yen, 5 yen dan 1 yen. Masing-masing punya tanggal beredar yang berbeda, uang koin yang paling tua adalah uang koin 5 yen yang sudah tersedia sejak tahun 1949.

Menariknya uang koin ternyata punya cost pembuatan yang lebih besar dibandingkan nominalnya sendiri. Hal ini karena harga metal yang digunakan untuk membuat uang koin mengalami inflasi harga tiap tahunnya. Jadi untuk membuat 1 yen koin, harganya sekitar 2-3 yen.

Menarik melihat bagaimana jenis uang yen Jepang punya banyak variasi. Jika kalian hendak mampir ke Jepang, akan lebih baik jika sekalian menukarkan mata uang.