Tips Liburan Hemat ke Jepang yang Tak Kalian Tahu

blank

Liburan hemat ke Jepang memangnya bisa? Bisa kok, asalkan kalian mempersiapkannya dengan baik. Sebagai destinasi wisata favorit, kadang banyak orang salah mengira liburan ke Jepang butuh banyak dana.

Supaya kalian tak over budget ketika liburan kesana, coba simak beberapa tips berikut ini. Selain bisa membuat kantong tetap aman, kalian juga bisa melakukan eksplorasi wisata dengan lebih maksimal, lho.

Persiapkan Transportasi dengan Baik

Liburan hemat ke Jepang

1. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Perjalanan ke Jepang bisa lebih terjangkau kalau kalian pesan tiket jauh-jauh hari. Banyak maskapai penerbangan yang menyediakan promo dan diskon untuk pembelian daring, cukup pantengi saja maskapai penerbangan yang ingin kalian gunakan. Dengan harga tiket yang lebih murah, kalian bisa memangkas biaya transportasi liburan.

2. Beli Dulu Japan Rail Pass

Untuk bagian ini, kalian harus mempertimbangkan dulu apakah hendak berwisata ke satu kota saja atau beberapa kota sekaligus. Jika hanya satu kota, kalian tak perlu beli Japan Rail Pass. Beda ceritanya kalau mau jalan-jalan keliling Jepang di rentang waktu semingguan, beli Japan Rail Pass langsung akan jadi lebih terjangkau.

Pilih Akomodasi Non Hotel

blank

Kebanyakan wisatawan lebih memilih menginap di hotel atau ryokan ketika liburan ke Jepang. Jika budget kalian pas-pasan, bisa coba akomodasi non hotel, biasanya ada rumah orang Jepang yang disewakan untuk menginap.

Cara ini akan memangkas biaya akomodasi penginapan jadi lebih kecil. Apalagi jika kalian datang dengan rombongan, satu rumah bisa untuk 3-4 orang sekaligus dengan biaya sewa 500 – 700 ribu per malam. Ingin lebih murah? Bisa pilih hotel kapsul saja!

Tentukan Tempat Wisata yang Ingin Kalian Kunjungi

Liburan hemat ke Jepang

1. Pilih yang Dekat dengan Tempat Menginap

Tips liburan hemat ke Jepang selanjutnya adalah memilih tempat wisata yang dekat dengan penginapan. Ini akan memangkas biaya transportasi, sebab kalian cukup berjalan kaki sampai ke lokasi. Boleh juga mencari spot wisata yang bisa kalian jangkau dengan bus, jadi tak perlu beli tiket kereta api yang mahal.

2. Cari Tempat Wisata Gratis

Ada banyak tempat wisata di Jepang yang bisa kalian masuki secara gratis. Mulai dari kuil, museum, hingga taman kota. Memilih tempat wisata gratis akan memangkas budget kalian, sehingga sisanya bisa digunakan untuk urusan buah tangan. Tapi bukan berarti kalian tak boleh masuk wisata yang berbayar ya, cukup sisipkan 1-2 wisata saja.

Beli Makanan di Konbini

blank

Makan makanan langsung di restoran atau tempat makan memang menjamin keotentikan rasa masakan. Tapi jika budget terbatas, kalian bisa memilih menu makanan yang tersedia di konbini. Jangan khawatir, harga makanan di konbini terjangkau kok, pilihannya juga beragam.

Kalian bisa mencoba onigiri yang lezat, harganya bahkan tak lebih dari 150 yen. Ada juga bento dengan berbagai isian, yang bisa kalian dapatkan lebih murah jika membeli di malam hari. Ada juga kue, roti, dan minuman ringan untuk menganjal perut yang lapar.

Belanja Oleh-Oleh di Toko 100 Yen

Liburan hemat ke Jepang

Jalan-jalan ke Jepang tentu harus bawa oleh-oleh, supaya kantong tak bocor, kalian bisa beli buah tangan di toko serba 100 yen atau hyakuen shop. Ada berbagai keperluan sehari-hari, pernak pernik khas Jepang, hingga camilan dan jajanan manis, lengkap kan?

Tidak sulit bukan tips liburan hemat ke Jepang diatas? Selain bisa menghemat biaya wisata, kalian juga bisa melakukan eksplorasi dan mendapatkan pengalaman traveling yang lebih banyak, pasti menyenangkan!