6 Hal yang Harus Kalian Tahu Sebelum Berkunjung ke Jepang

blank

Bagi otaku luar Jepang, mengunjungi Jepang merupakan salah satu tujuan dan goal yang harus dilakukan. Namun sebelum berkunjung ke Jepang, ada baiknya kalau kalian tahu 6 hal penting berikut ini.

Hal – hal ini nantinya akan memudahkan kalian yang ingin berwisata atau sekedar jalan – jalan di Jepang. Apalagi untuk yang baru pertama kali berkunjung ke Jepang, panduan ini bisa jadi tips buat kalian

Panduan Sebelum Berkunjung ke Jepang

Unduh Aplikasi Penerjemah

berkunjung ke jepang

Jika pertama kali mengunjungi Jepang, ada baiknya kalian mengunduh aplikasi penerjemah. Ini akan membantu kalian yang masih belum lancar berbicara bahasa Jepang untuk melakukan komunikasi. Perlu kalian ingat bahwa masyarakat Jepang masih minim penutur yang bisa berbahasa Inggris.

Ada banyak tempat di Jepang yang tak menyediakan terjemahan bahasa Inggris, jadi kalian harus putar otak untuk tahu arti dan maknanya. Saat ini sudah banyak aplikasi penerjemah yang bisa kalian unduh lewat Play Store maupun App Store.

Dapatkan IC Card untuk Perjalanan

Kebanyakan alat transportasi di Jepang adalah kereta api, karena itu ada baiknya kalian memiliki IC Card untuk memudahkan perjalanan. Di Tokyo, IC Card ini familiar dengan sebutan suica atau pasmo.

Tak hanya untuk kereta api atau bus, suica juga bisa kalian gunakan sebagai alat pembayaran di restoran ataupun vending machines. Kalian bisa membeli suica di berbagai konter tiket di stasiun ataupun lewat mesin tiket otomatis.

Cek Harga Hotel

panduan berkunjung ke jepang

Sebagaimana hotel yang ada di Indonesia, harga hotel di Jepang akan naik selama musim libur, seperti golden week, hari natal, tahun baru, atau musim bunga sakura mekar. Karena itu penting mengecek harga hotel sebelum melakukan check in jika budget kalian terbatas.

Jika tak ingin mendapatkan harga yang terlalu mahal untuk tiket maupun hotel, akan lebih baik lakukan booking jauh – jauh hari. Ada tips ketika berkunjung ke Jepang untuk kalian yang ingin dapatkan penginapan murah, kalian bisa menggunakan hotel kapsul untuk bermalam dan beristirahat.

Sewa Wifi Portable

Ketika kalian berkunjung ke Jepang, satu – satunya cara untuk mendapatkan akses internet adalah menggunakan wifi, apalagi jika kalian tak ingin mengganti kartu provider. Agar lebih hemat, kalian bisa menggunakan wifi portabel yang bisa kalian bawa kemana mana.

Kebanyakan turis menggunakan wifi portabel untuk memudahkan mereka melakukan liburan. Kalian tentu bisa dengan mudah menemukan restoran, hotel, spot wisata, maupun berbincang dengan teman dengan akses internet dari alat ini.

Selalu Bawa Uang Cash

blank

Tips lain yang tak boleh kalian lupakan adalah selalu membawa uang cash dalam bentuk yen di dompet. Ini karena tak semua tempat di Jepang menyediakan pembayaran dengan sistem kartu kredit.

Terutama tempat – tempat kecil seperti izakaya, konter street food ataupun vending machine konvensional. Banyak turis yang merekomendasikan menggunakan uang yen tunai untuk bertransaksi ketika kalian mengunjungi Jepang.

Aturan Ketika Berada di Transportasi Umum

Meski tak tertulis, kalian harus tahu aturan ketika berada di transportasi umum. Misalnya ketika kalian naik kereta, ponsel kalian harus dalam keadaan silent untuk menghindari adanya bunyi – bunyian. Kalian juga sebaiknya tak mengangkat telepon di kendaraan umum jika tak penting.

Jangan lupa aturan dasar seperti memberikan tempat duduk pada orang yang lebih tua, wanita yang hamil atau penumpang yang membawa anak kecil. Kini kalian sudah tak bingung lagi kan ketika ingin berkunjung ke Jepang?