Tips Liburan ke Jepang untuk yang Datang Pertama Kali

blank

Bagi yang ingin liburan ke Jepang dalam waktu dekat, mempelajari sedikit budaya dan kulturnya tentu harus dilakukan. Tips liburan ke Jepang ini akan jadi pembelajaran yang pas untuk kalian, terutama yang baru pertama kali berkunjung.

Jangan sampai liburan rusak hanya karena pengalaman tak menyenangkan selama berwisata ya. Yuk simak apa saja tips-tips penting sebelum berangkat ke Jepang. Mempersiapkan diri dengan baik akan membuat kunjungan wisata jadi lebih menyenangkan.

Tips Liburan ke Jepang yang Penting

tips liburan ke jepang

1. Usahakan Bisa Berbahasa Inggris

Kebanyakan sistem transportasi di Jepang menggunakan bahasa Inggris, jadi akan lebih mudah bagi kalian jika bisa menggunakan bahasa tersebut. Hal yang sama dengan tempat makan atau area wisata, ada informasi berbahasa Inggris yang akan membantu jika kalian kurang paham.

Namun perlu diingat kalau sebagian besar masyarakat Jepang tak bisa berbahasa Inggris. Semakin jauh kalian berwisata dari pusat kota, semakin minim pula orang Jepang yang bisa berbahasa Inggris.

2. Sediakan Uang Tunai

Jangan andalkan kartu kredit ketika berwisata ke Jepang, hanya toko besar yang menyediakan pembayaran dengan metode tersebut. Penting untuk membawa uang tunai yen ketika berjalan-jalan, terutama jika berkunjung di toko kecil atau kafe.

Kalau uang tunai yang kalian miliki habis, tak perlu risau, bisa ke 7-Eleven, Lawson atau Family Mart. Toko-toko tersebut biasanya menyediakan fasilitas untuk menarik uang tunai dalam bentuk yen, bahkan dengan kartu debit internasional.

3. Perhatikan Tata Krama Saat Naik Kereta

Tips liburan ke Jepang yang tak boleh kalian lupakan adalah tata krama ketika naik kereta. Transportasi umum di Jepang ini bisa kalian jadikan pilihan terbaik jika ingin bepergian antar kota atau perfektur. Selain harga tiketnya yang terjangkau, kerata juga tepat waktu.

Ketika naik kereta, kalian tak boleh menerima panggilan telepon atau berbicara dengan suara yang lantang. Tak hanya itu, kalian juga tak boleh makan dan menyetel musik tanpa memakai headphone. Jika kalian melakukannya, siap-siap saja mendapat teguran dari penumpang lain.

4. Jangan Memberikan Tip

Jepang terkenal dengan pelayanan yang sopan di berbagai lini. Untuk mendapatkan keramahan tersebut, kalian tak perlu kok mengeluarkan biaya tambahan. Biaya yang dibebankan oleh restoran, kafe atau hotel sudah termasuk dalam biaya akomodasi, jadi kalian tak perlu memberikan tip.

Memberikan tip di Jepang, terutama pada staf restoran atau hotel merupakan tindakan yang tidak sopan. Jika kalian meninggalkan tip di meja, mereka akan mengejar dan bersikeras memberikan uang tersebut kembali.

5. Persiapkan Koneksi Internet

Jangan sampai liburan jadi membosankan karena kalian tak mempersiapkan koneksi internet untuk ponsel. Umumnya di beberapa area, kalian bisa mendapatkan fasilitas wifi gratis,misalnya di konbini atau kafe.

Tapi kalau kalian ingin mendapatkan pengalaman liburan yang lebih seru, kalian bisa menggunakan wifi portabel. Jenis wifi ini bisa kalian bawa kemana saja, tapi tetap punya jaringan internet yang kencang. Jika tak ingin membelinya, kalian bisa menyewanya di tempat yang menyediakan.

6. Gunakan Alas Kaki yang Mudah Dilepas

Jika spot wisata yang ingin kalian kunjungi berupa kuil atau rumah tradisional Jepang, ada baiknya menggunakan alas kaki yang mudah dilepas. Beberapa tempat wisata sering memberikan instruksi bagi turis untuk melepas alas kaki. Tentu akan lebih nyaman apabila kalian tak butuh waktu lama untuk melepas dan menggunakannya.

Dengan tips liburan ke Jepang ini, kalian tak akan merasa panik ketika berkunjung pertama kali. Jangan lupa terapkan dan jangan sampai lupa ya!