One Punch Man 170: Akhiri Arc Monster Association

blank

One Punch Man 170 akhirnya rilis setelah melakukan delay sejenak. Delay tersebut karena pengumuman penting mengenai musim ketiganya yang resmi diproduksi. Yusuke Murata, sang mangaka, mengatakan bahwa chapter ini akan menjadi penutup dari arc Monster Association.

Chapter ini tak punya porsi aksi yang banyak sebagaimana chapter sebelumnya, namun bukan berarti ia tak punya konklusi akhir yang bagus, mengingat chapter kali ini menjadi penutup sebuah arc. Berikut summary dari chapter 170 dari seri komedi-aksi One Punch Man.

Permintaan Maaf dari Garou

blank

Sebagaimana chapter sebelumnya, chapter ini akan berfokus pada Garou. Di chapter kali ini, sepertinya Garou sudah dalam tahap akan berhenti berbuat jahat. Seperti yang kalian ingat, di chapter 87 Garou pernah makan di restoran dan kabur tanpa membayar.

Setelah dikalahkan oleh Saitama, terlihat Garou meminta maaf di kantor polisi mengenai insiden tersebut. Bang juga terlihat bersama Garou, keduanya kemudian keluar beriringan setelah minta maaf atas apa yang terjadi.

Terihat Bang yang bahagia karena Garou kembali, ia juga mengatakan bahwa dirinya akan membantu Garou menjadi baik, sebab Bang adalah gurunya. Bang juga membuat rencana untuk membawa Garou ke orang-orang yang sudah pernah ia sakiti karena ‘hero hunting’ yang ia lakukan untuk minta maaf.

Di panel selanjutnya, ada informasi mengenai posisi Garou setelah ia terhampas sebelumnya. Ternyata Garou jatuh di lapangan rahasia tempat ia dan Bang dulu berlatih. Garou berkata bahwa ia kembali ke Bang karena Bang punya kekuatan bertarung yang hebat.

Garou Menginspirasi Tareo

one punch man 170

Tareo dan Garou memang beberapa kali pernah bertemu. Karena keteguhan hatinya, Garou menjadi idola Tareo. Ia ingin menjadi pahlawan seperti Garou yang pantang menyerah, meski semua orang terus membuli-nya.

Teman-teman Tareo sering menjadikan Tareo samsak dan berdalih bahwa mereka berlatih sebagai pahlawan. Namun untuk kali ini, Tareo bangkit dan menyatakan bahwa ia adalah Garou Man, sang pahlawan. Tak hanya itu, Tareo juga berkata bahwa mereka adalah pahlawan palsu.

Teman Tareo yang kaya, Waganma, datang menghampiri mereka tak lama kemudian untuk mengajak Tareo bermain video games. Tanpa menyimpan dendam, Tareo juga mengajak kawan lainnya untuk ikut ke rumah Waganma.

Percakapan antara Garou dan Bang

one punch man 170

One Punch Man 170 berlanjut scene selanjutnya, dimana terlihat Garou dan Bang yang sedang bercakap-cakap. Garou meminta Bang untuk mengenalkannya dengan pahlawan yang bisa ia ajak bertarung tanpa melewati ‘proses monsterisasi’. Namun Bang menolaknya, dengan meyakinkan Garou bahwa ia sudah jadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya.

Scene kemudian berpindah lagi ke Asosiasi Pahlawan HQ, dimana Sitch tengah bercakap dengan Sekingar. Sitch menerima surat pengunduran diri Bang dan memberitahukan Sekingar bahwa Bang akan menjadi penjaga Garou. Ada kemungkinan Bang akan mengenalkan Garou dengan Asosiasi Pahlawan nanti.

Fokus panel berpindah lagi ke Garou dan Bang yang berjalan bersama. Keduanya bercakap-cakap dengan santai dengan topik wanita yang Garou sukai. Ternyata Garou mengaku bahwa ia menyukai Kiiro, aktris yang memainkan peran Gau Yellow.

Chapter ini ditutup dengan Saitama yang tengah bersama Genos. Dalam panel tersebut terlihat seseorang yang tengah mengamati mereka, namun sepertinya baik Saitama atau Genos belum menyadarinya.

Nah, menarik bukan rangkuman One Punch Man 170 ini? Kalian bisa membaca manganya secara legal lewat Manga Plus milik Shueisha. Jangan lupa, seri ini juga mendapatkan satu bulan break untuk persiapan arc baru.