Manga Hunter x Hunter Delay Lagi Karena Mangaka Sakit

blank

Manga Hunter x Hunter memang terkenal sering hiatus, tapi tweet dari akun sang mangaka, Yoshishiro Togashi, beberapa waktu lalu sempat membuat heboh. Ini karena Yoshishiro kemungkinan akan kembali mengerjakan seri tersebut setelah kesehatannya membaik.

Hiatusnya manga ini bukan karena kemauan sang mangaka sendiri, melainkan karena anjuran dari dokter dan penerbit, sebab kesehatannya terus memburuk ketika mengejar deadline. Belakangan penggemar manga di seluruh dunia juga mulai memikirkan kesehatan mangaka, terutama setelah kematian Kentaro Miura, mangaka dari Berserk.

Kesehatan Tangan Terganggu

manga hunter x hunter

Dalam tweet-nya kemarin, Yoshishiro mengaku bahwa ia kesulitan menyelesaikan sketsa untuk chapter manga terbaru. Secara tak langsung membuktikan bahwa Hunter x Hunter memang benar akan kembali dari hiatus.

Namun lewat tweet tersebut, penggemar sepertinya harus bersiap untuk menerima delay lagi. Menurut sang mangaka, kesehatannya juga tak kunjung membaik beberapa waktu terakhir, sehingga ia menuruti anjuran untuk rehat sejenak sampai membaik.

Pengarang dari Hunter x Hunter ini juga menambahkan bahwa tangan kanannya tak punya banyak kekuatan untuk menggambar sebagaimana dulu. Meski Yoshihiro mengatakan ia berhasil menyelesaikan panel manganya kali ini, namun fandom sepertinya sudah mencium kemungkinan hiatus lebih panjang.

Penggemar Khawatir dan Bersimpati

blank

Khawatir makin parah, penggemar bersimpati dan menyarankan Yoshishiro untuk banyak istirahat. Dengan makin terbukanya mangaka dengan kesehatan mereka, fans makin sadar bahwa pekerjaan ini punya resiko besar.

Dengan deadline mingguan yang ketat, kualitas gambar dan cerita yang harus terus stabil, serta  jadwal yang padat rasanya terasa mustahil untuk mangaka yang punya riwayat kesehatan kurang baik. Apalagi kebanyakan manga shounen punya jadwal rilis tetap mingguan yang tak bisa ditolerir.

Penggemar juga mendoakan kesehatan Yoshishiro agar lekas pulih seperti sedia kala. Bahkan ada penggemar yang mengatakan sebaiknya Yoshisiro berhenti dulu sebagai mangaka, ketika nanti sudah sembuh benar, ia bebas kembali dan fokus pada karyanya.

Respon Lucu Penggemar

manga hunter x hunter

 

Sebelumnya Yoshishiro memang sempat berkata bahwa tangan kanannya sedang sakit. Menariknya penggemar memberikan respon lucu (tentunya dengan sikap yang sopan) kepada sang mangaka, yakni menawarkan tangan mereka untuk dipakai Yoshishiro.

Respon-respon ini bisa kalian temukan dalam balasan tweet Yoshishiro atau dalam retweet yang dilakukan oleh penggemar. Fans mengerti bahwa Yoshishiro ingin segera melanjutkan manga Hunter x Hunter, namun kebanyakan dari mereka berkata sebaiknya sang mangaka tak memaksakan dirinya.

Menunggu Chapter Baru Hunter x Hunter

blank

 

Berdasarkan penjelasan ini, ada kemungkinan Yoshishiro-sensei akan istirahat kembali dan manga ini mengalami delay lanjutan. Saat ini prioritas untuk memulihkan kesehatannya lebih penting dibandingkan melanjutkan manga tersebut.

Sampai sekarang ini belum ada informasi lagi mengenai kapan Hunter x Hunter akan kembali dari masa hiatusnya. Sebagai penggemar, langkah yang paling tepat adalah menunggu dengan sabar sampai mendapatkan pengumuman resmi.

Sembari menunggu chapter barunya terbit, kalian bisa membaca ulang seri manga ini atau melakukan rewatch animenya. Kalian juga bisa membaca manga-manga terbaru dari seri Shonen Jump yang saat ini tengah naik daun, seperti Chainsaw Man, Kaiju No. 8, atau Jujutsu Kaisen. Semua manga tersebut bisa kalian baca secara legal lewat platrom resmi Shueisha.

Manga Hunter x Hunter sepertinya tak akan kembali dalam beberapa minggu mendatang. Terlepas dari hal itu, sebagai penggemar setia, ada baiknya mendoakan dan memberikan support pada Yoshihiro sebagai mangaka untuk memprioritaskan kesehatannya lebih dulu sebelum melanjutkan seri ini.