Manga Hunter x Hunter Kembali dari Hiatus Panjang

blank

Penggemar manga Hunter x Hunter bisa bersenang hati karena seri ini mulai kembali hidup setelah hiatus panjang. Sneak peak dari chapter terbarunya dibagikan oleh Yoshihiro Tagashi, sang mangaka sendiri, lewat akun Twitternya.

Pada Kamis 24 Mei lalu, cuitan dari akun Yoshihiro mengindikasikan bahwa ia tengah mengerjakan chapter baru. Ia membagikan foto dengan manuskrip bernomor 6 di salah satu sudut kertas dan mengatakan bahwa sudah ada ‘empat chapter’ untuk sekarang.

Komentar Mangaka dalam Shueisha Weekly Shonen Jump

blank

Sebelumnya Yoishihiro sudah memberikan bocoran di majalah Weekly Shonen Jump milik Shuiesha bahwa ia sudah menyelesaikan draft kasar untuk 10 chapter baru. Dalam dunia penerbitan Jepang, 10 chapter sudah mencukupi untuk masuk dalam tankobon; kumpulan chapter yang dibukukan.

Gambar angka 6 yang ia maksudkan dalam akun twitternya, @Un4v5s8bgsVk9Xp, merupakan jumlah draft yang telah ia berhasil selesaikan. Yang berarti, menurut perhitungan penggemar, hanya tinggal empat chapter lagi sebelum chapter baru benar-benar rilis.

Detail Ilustrasi Chapter Baru Manga Hunter x Hunter

manga hunter x hunter
Draft halaman 6 milik Yashihiro

Meski sudah memberikan bocoran mengenai draft chapter baru yang ia kerjakan, sayangnya mangaka Hunter x Hunter ini belum memberikan informasi kapan chapter barunya akan terbit. Menariknya, sehari menjelang cuitan manuskrip ‘angka 6’ tersebut, keesokan harinya ia kembali mengunggah gambar manuskrip ‘angka 7’.

blank
Update draft baru halaman 7 dari akun Twitter Yashihiro

Selain sneak peak berupa lembaran draft yang ia kerjakan, Yoishihiro juga membagikan foto gambar yang sepertinya merupakan ilustrasi sebuah pohon di dalam hutan. Sayangnya foto tersebut tak terdapat caption atau informasi apapun yang berkaitan dengan cerita Hunter x Hunter.

update manga hunter x hunter
Ilustrasi pohon dari chapter baru manga Hunter x Hunter

Konfirmasi dari Mangaka One Punch Man

@NEBU_KORA, akun Twitter milik mangaka One Punch Man memberikan detail bahwa akun @Un4v5s8bgsVk9Xp merupakan akun asli milik Yoishihiro. Sehingga spekulasi yang beredar bahwa akun tersebut bukan akun resmi Yoshihiro terbantahkan.

Perjalanan Hiatus Manga Hunter x Hunter

Manga Hunter x Hunter memang terkenal dengan hiatus panjangnya. Manga ini mendapatkan hiatus sejak September 2017. Ketika mengambil hiatus tersebut, Yashihiro mengumumkan bahwa ia berencana melanjutkan serinya sebelum akhir tahun.

Janjinya memang ia tepati, pada Januari 2018 ia melanjutkan kembali seri tersebut dan melakukan hiatus ulang pada April 2018. Secara berturut-turut, seri ini kembali melakukan hiatus pada September 2018 dan November 2018 hingga sekarang.

Tentunya kabar bahwa Yoishihiro sudah kembali melakukan pengerjaan chapter baru membuat penggemar seri ini bergembira. Walaupun masih ada penggemar yang skeptis bahwa manga ini sudah kehilangan momentum dan ada kemungkinan Yoishihiro melakukan hiatus ulang.

Adaptasi Manga Hunter x Hunter

blank

Togashi pertama kali meluncurkan chapter Hunter x Hunter di Weeky Shonen Jump di majalah Shueisha pada tahun 1998. Manga ini sudah mendapatkan adaptasi 2 anime series, 2 film anime, dan beberapa OVA original dengan judul yang serupa.

Seri kedua anime Hunter, yang terakhir mendapatkan adaptasi, rilis di Jepang pada 2011 dan berjalan selama 148 episode. Episode terakhir dari anime ini tayang pada 2014 dan belum ada informasi lanjutan mengenai kemungkinan musim barunya dibuat.

Pihak yang mendistribusikan seri anime ini di luar dan dalam Jepang adalah Crunchyroll. Mengenai plotnya, anime Hunter x Hunter setia dengan plot yang ada di source aslinya. Untuk kalian yang menjadi penggemar seri ini, bersemangatkah kalian menunggu chapter baru manga Hunter x Hunter?