6 Manga yang Hiatus dan Tak Ada Kabar Lagi

blank

Manga yang hiatus tentu familiar ditemui, namun bagaimana jika tak ada kabar akan kembali? Tentu membuat penggemarnya sedih dan frustasi. Ternyata ada banyak seri manga yang mengalami hiatus dengan alasan yang bermacam-macam.

Umumnya mangaka akan menunda seri yang tengah mereka garap jika mengalami masalah kesehatan, sedang yang lain karena mereka berpindah projek. Namun manga berikut ini mengalami nasib yang berbeda. Mereka tak punya kabar lagi setelah mendapatkan hiatus.

Daftar Manga yang Mengalami Hiatus Panjang

1. Itazura na Kiss

manga yang hiatus

Manga romantis dengan target pasar shoujo ini mengisahkan kisah cinta antara Naoki dan Kotoko. Kalian yang belum pernah mendengar serinya akan maklum karena manga ini rilis pertama kali pada tahun 1991.

Sayangnya pada 1999, mangaka Itazura na Kiss mengalami kecelakaan mendadak, membuat seri ini berakhir begitu saja. Karena populer, manga ini memberikan inspirasi berbagai anime, TV drama dan film pada tahun-tahun setelahnya.

2. Nana

manga yang hiatus

Siapa yang tak mengenal Nana? Seri manga ini populer di kalangan perempuan muda. Kisah manga Nana mengikuti perjalanan dua perempuan dengan nama sama, yakni Nana, yang pindah ke Tokyo untuk mengejar mimpi.

Meski sukses besar karena menawarkan plot yang segar, namun mangakanya, Ai Yazawa, meminta hiatus pada penerbit pada 2009 karena masalah kesehatan. Meski Ai Yazawa sembuh setahun setelahnya, ia tetap tak berniat melanjutkan manga ini.

3. Bastard

blank

Kebanyakan seri manga shonen memiliki penggemar besar, sehingga hiatus panjang memberikan dampak yang besar pada seri. Begitu pula untuk seri Bastard, manga ini terbit sejak tahun 1988, secara perlahan, banyak fans yang memilih menyerah pada seri ini.

Awalnya manga dark fantasy ini melakukan hiatus pada 2010, namun belum ada kabar lagi apakah Bastard akan berlanjut. Karena sudah terlalu lama, ada kemungkinan seri ini akan berakhir begitu saja. Tapi penggemar bisa sedikit gembira karena ada kabar bahwa Netflix akan mengadaptasinya menjadi anime.

4. Vagabond

blank

Manga yang hiatus dan belum ada kabar lanjutan lagi adalah Vagabond. Manga seinen ini mengisahkan kehidupan samurai Jepang bernama Musashi Miyamoto. Vagabond merupakan manga yang terkenal dan sudah mendapatkan banyak penghargaan.

Walau begitu, Takehiko Inoue, pengarangnya, memilih untuk melakukan hiatus karena masalah kesehatan. Vagabond sudah berulang kali melakukan hiatus dan hiatus terakhirnya berlangsung tahun 2015. Sampai sekarang tak ada chapter baru lagi untuk seri ini.

5. High School of the Dead

blank

Seri bergenre horror aksi ini memang terkenal, namun tak menjaminnya punya akhir yang bahagia. Penulis dari High School of the Dead, Daisuke Sato, meninggal dunia pada tahun 2017, membuat manga ini tak punya masa depan.

Sebenarnya manga ini juga dipegang oleh Shoji Sato, sang illustrator, namun ia mengaku tak bisa melanjutkannya tanpa Daisuke. Akhirnya Shoji memilih fokus untuk mengerjakan proyek lain dan meninggalkan seri ini.

6. Ikoku Meiro no Croisee

manga yang hiatus

Seri manga dengan tema sejarah ini rilis pertama kali tahun 2006 dan terbit berkala hingga tahun 2011. Tapi karena mangakanya sakit, seri ini bolak-balik mengalami hiatus. Akhirnya, Hinata Takeda, sang mangaka, meninggal dunia pada tahun 2017.

Kematian mangaka tentu memberika dampak yang besar pada Ikoku Meiro no Croisee. Akhirnya manga ini berakhir dengan pembatalan serialisasi karena masalah tersebut, membuatnya jadi manga yang tak punya akhir.

Manga yang hiatus tentu membuat banyak penggemar kecewa. Namun hal ini tak bisa dihindari di industry animanga. Hal terbaik yang bisa dilakukan oleh penggemar adalah mendukung keputusan mereka.