Daftar Manga Crows Lengkap: Bagian Pertama

blank

Daftar manga Crows harus kalian ketahui, apalagi kalau kalian jadi penggemar live aksinya, Crows Zero. Banyak yang tidak tahu kalau Crows Zero merupakan prekuel dari seri manga Crows, yang rilis tahun 1990.  Apalagi setelahnya produksi live action-nya berlanjut ke Crows Zero 2 dan Crows Explode, popularitas seri ini makin naik.

Untuk kalian yang tertarik membaca manganya setelah menonton live action, biasanya akan kebingungan dengan urutan manga yang ada. Jika kalian ingin membaca manga karya Hiroshi Takahashi ini, berikut adalah urutannya sesuai cerita.

Daftar Manga Crows Sesuai Tangal Rilis

1. Crows

daftar manga crows

Ini merupakan main story dari franchise Crows, rilis pertama kali tahun1990 dan terbit di Monthly Shounen Champion. Nantinya manga ini akan memiliki sekuel berupa live aksi terkenal; Crows Zero dan Crows Zero II, yang kemudian juga mendapatkan adaptasi manga.

Cerita dari Crows berfokus pada Bouya Harumichi di Suzuran. Bouya pindah ketika kelas dua dan jadi The Four King yang paling kuat di generasinya. Premis cerita berfokus pada pertarungan antara Bouya dan teman-temannya di Suzuran untuk mengetahui siapa yang paling kuat.

Ada 2 episode OVA anime hasil dari adaptasi manga ini, keduanya rilis pada tahun 1994. Dalam OVA tersebut, cerita diambil dari 3 volume pertama manga. Namun tidak ada lanjutan lagi mengenai proyek adaptasi tersebut.

2. Crows Gaiden

daftar manga crows

Daftar manga Crows selanjutnya adalah Crows Gaiden, yang rilis tahun 1995 di Weekly Shonen Champion. Crows Gaiden merupakan cerita sampingan dari Crows, mengisahkan Mako, Pon, Hiromi, Bandou Hideto dan Bouya Harumichi ketika mereka masih SMP. Seri Crows Gaiden kemudian mendapatkan tiga tambahan cerita lagi, yakni:

a. Crows Gaiden Linda Linda

Manga ini mengisahkan Hayashida Megumi atau Rindaman selama masa SMP. Rilis tahun 2009, Hayashida diceritakan berteman dengan Yoshidome Keiichi dan menjadi teman satu geng. Karena Rindaman punya kemampuan yang hebat, banyak orang yang ingin bertarung mengalahkannya.

b. Crows Gaiden: The Story of Katagiri Ken

Manga ini rilis tahun 2014 dan mengisahkan masa lalu Katagiri Ken sebelum menjadi yakuza. Selama masih bersekolah di SMA Suzuran, ia merupakan pemimpin gang yang terkenal disana, membuatnya jadi karakter yang kuat.

c. Crows Gaiden: The Beginning of Housen

Tiga tahun setelahnya, pada 2017, Crows Gaiden merilis cerita baru mengisahkan Housen Academy, rival terkuat dari SMA Suzuran. Fokus dari cerita ini adalah perjalanan Terakado Butta, sang pemimpin Housen, yang datang setahun sebelum sekolah tersebut terkenal.

3. Crows: The Aftermath

blank

Manga Crows: The Aftermath rilis pada tahun 1999 di majalah Monthly Shonen Champion. Seri ini menceritakan persaingan dan konflik antara Kawaichi Tesshou dari Front of Armament dengan dua orang murid SMA Suzuran. Dalam manga ini, kalian juga akan menemukan rivalitas legendaris setelah Rindaman di Suzuran, Hanaki Guriko.

4. Worst

blank

Setelah keberhasilan Crows, sang mangaka kemudian membuat sekuelnya, Worst, yang rilis pada tahun 2001 di majalah Monthly Shounen Champion. Manga ini menceritakan Tsukishima Hana yang baru saja pindah ke Toarushi.

Berbeda dengan Bouya yang tak tertarik untuk jadi pemimpin di SMA Suzuran, Hana malah ingin meraihnya dan jadi pemimpin disana. Hana yang datang dari kampung mengikuti Freshman Winner War dan jadi yang terakhir berdiri, membuatnya menapaki tangga menuju pemimpin Suzuran.

Kalian yang tertarik untuk membaca manga Crows, daftar manga ini akan membantu. Tunggu bagian kedua dari artikel ini untuk tahu kelengkapan dari list manga Crows sesuai dengan plot dan tahun terbitnya.