Cara Makan Sushi dengan Benar Sesuai Budaya Jepang

blank

Kalau ingat makanan khas Jepang pasi ingat sushi. Makanan yang terbuat dari bahan – bahan segar ini sudah jadi makanan ikonik asal negeri matahari terbit ini. Namun apa kalian tahu cara makan sushi dengan benar sesuai kebiasaan masyarakat Jepang?

Ternyata banyak orang yang tak tahu lho cara makan sushi sesuai aturan. Meski cara makan ini tampak sederhana, namun dengan melakukannya sesuai stnadar Jepang kalian bisa menikmati makanan ini dengan lebih maksimal. Sebab beberapa caranya akan membuat rasa sushi jadi lebih enak.

Panduan Cara Makan Sushi dengan Benar

Makan dengan Sekali Telan

cara makan sushi

Sushi dibuat untuk kalian makan sekali telan. Kalian harus memakannya secara bersamaan dengan nasi dan ikan, bukan dengan ikannya dulu atau nasinya dulu. Kalian juga tak boleh membelah sushi menjadi dua karena ini bisa menyinggung koki pembuat sushinya. Dengan sekali telan, kalian bisa menjaga rasa otentik dari sushi.

Jahe dalam Sushi

Ketika makan sushi, biasanya ada jahe yang akan menjadi side dish. Banyak yang menganggap kalau irisan jahe dalam sushi harus masuk dalam saus atau sushinya. Padahal orang Jepang terbiasa memakan jahe secara langsung ketika menikmati hidangan ini.

Cara makannya sederhana, kalian bisa makan sushi terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan mengunyah irisan jahe yang ada. Dengan begitu lidah kalian akan menetralisir rasa sushi sebelumnya dan bisa menikmati sushi dari jenis lain tanpa ada rasa yang tertinggal.

Cara Mencelup Sushi

cara makan sushi dengan benar

Ketika makan kuliner Jepang ini tentu tak akan lengkap tanpa saus dipping.  Meski begitu, kalian pasti sering mengalami sushi yang berantakan setelah dicelupkan dalam saus. Bisa jadi ini karena tekhnik yang kalian gunakan salah. Cara mencelup sushi yang benar adalah membalikkan sushi; dengan daging yang ada di bawah dan nasi di atas.

Urutan Makan yang Benar

Tak banyak yang tahu kalau makan sushi ada aturannya. Aturan ini memiliki tujuan agar cita rasa sushi tak rusak dan menjaga kualitas dari kuliner tersebut. Tahapan pertama ketika makan sushi adalah memilih sashimi terlebih dahulu. Sashimi merupakan sushi yang hanya menggunakan daging ikan.

Selanjutnya kalian bisa makan nigiri; jenis sushi kombinasi antara ikan dengan nasi. Terahir kalian bisa mengonsumsi maki roll atau sushi yang bentuknya digulung. Kalau kalian juga memesan katsu, pastikan kalian memakannya yang paling akhir ya.

Cara Makan Sushi dengan Wasabi

blank

Menjadi salah satu side dish dalam hidangan sushi, teknis mengonsumsi wasabi ternyata tak sulit. Kalau sebelumnya kalian mencampur wasabi dengan saus, sebaiknya mulai sekarang tak kalian lakukan lagi.

Cara makan sushi dengan wasabi yang benar adalah meletakkannya sedikit di atas sushi atau mengonsumsinya secara terpisah setelah memakan sushi. Inilah alasan kenapa wasabi diletakkan terpisah dari wadah sushi karena porsinya sudah disesuaikan oleh koki.

Makan dengan Tangan Langsung

Tentu tak jarang kalian temukan orang yang makan makanan ini dengan sumpit. Tapi sebenarnya cara makan yang benar adalah menggunakan tangan secara langsung. Hal ini bukan tanpa alasan, ternyata ada nilai seni ketika seseorang memegang sushi dan menyantapnya dengan rapi.

Tak beda jauh jika kalian memilih set sushi dengan jenis ikan yang berbeda, kalian bisa mulai dari daging ikan yang teksturnya paling ringan seperti scallop. Kemudian lanjutkan dengan ikan ekor kuning, salmon, dan terakhir tuna.

Budaya dalam Jepang memang cukup detail, inilah kenapa cara makan sushi saja harus benar – benar diperhitungkan. Dengan panduan tersebut, kalian tentu sudah siap kan untuk menyantap makanan khas Jepang ini?