Cara Bekerja di Jepang Dengan Gaji Besar

cara bekerja di jepang terbaru

Cara bekerja di Jepang menjadi salah satu topik yang paling banyak orang cari di internet. Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Jepang memanglah sangat menjanjikan. Bahkan, kamu bisa mendapatkan bayaran yang sangat besar hingga puluhan juta rupiah per bulan. Meski begitu, kamu harus mengikuti beberapa tahapan terlebih dahulu, salah satunya adalah magang.

Magang sebelum kerja merupakan hal penting bagi kamu. Anggap saja seperti simulasi atau pelatihan untuk bekerja secara full time di Jepang. Acara magang ini sudah tersedia di beberapa negara, termasuk Indonesia. Memangnya bagaimana sih cara bekerja di Jepang dengan gaji besar? Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus kamu pahami.

Cara Bekerja di Indonesia Melalui Ajang SSW Indonesia

spesified skilled worker indonesia

SSW atau Specified Skilled Worker merupakan status izin untuk tinggal di Jepang bagi warga negara asing. Izin tinggal ini adalah khusus untuk para pekerja di bidang industri tertentu. Industri tertentu yang dimaksud adalah pekerjaan dengan kemampuan, tingkat pengetahuan, atau pengalaman tertentu. Ajang ini banyak orang ikuti karena memungkinkan para calon pekerja untuk mendapat pekerjaan sesuai bidangnya.

Syarat Mengikuti SSW Indonesia

Untuk bekerja di Jepang memanglah memerlukan syarat tertentu, mulai dari syarat umum hingga khusus. Di bawah ini adalah beberapa poin yang merupakan syarat khusus untuk mengikuti SSW di Indonesia. Pastikan kamu mempersiapkan semuanya dengan benar sebelum mendaftar.

  1. Pendaftar harus berusia antara 18 tahun atau lebih
  2. Memiliki sertifikat magang di Jepang, bisa berupa sertifikat TITP (Technical Intern Training Program); atau
  3. Mempunyai sertifikat hasil dari ujian nasional care worker di Jepang, catatan nilai harus di atas 50% passing grade, tidak memiliki nilai 0
  4. Memiliki sertifikat tes kecakapan bahasa Jepang (JLPT) minimum tingkat N4 atau bisa juga sertifikat JFT-basic level A2
  5. Memiliki sertifikat lulus uji keterampilan sesuai dengan bidang industri yang akan kamu lamar

Bidang Industri yang SSW Indonesia Siapkan

Jika kamu sudah menyiapkan seluruh syaratnya, saatnya kamu mengetahui beberapa bidang pekerjaan yang SSW Indonesia sediakan. Bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, SSW memberikan setidaknya 14 jenis bidang pekerjaan. Berikut adalah beberapa bidang pekerjaannya.

  1. Keperawatan (Nursing Care atau Care Worker)
  2. Pengelolaan Pembersihan Gedung (Building Cleaning Management)
  3. Komponen Mesin dan Peralatan Industri (Machine Parts and Tooling Industries)
  4. Industri Peralatan dan Mesin (Industrial Machinery Industry)
  5. Industri Kelistrikan, Elektronik dan Informasi (Electric, Electronics and Information Industries)
  6. Industri Konstruksi (Construction Industry)
  7. Industri Pembuatan dan Mesin Kapal (Shipbuilding and Ship Machinery Industry)
  8. Perbaikan dan Perawatan Mobil (Automobile Repair and Maintenance)
  9. Industri Penerbangan (Aviation Industry)
  10. Industri Perhotelan (Accommodation Industry)
  11. Pertanian (Agriculture)
  12. Perikanan dan Budidaya Perairan (Fishery and Aquaculture)
  13. Produksi Makanan dan Minuman (Manufacture of Food and Beverages)
  14. Industri Layanan Makanan/Food Service Industry

Cara Melamar Pekerjaan di SSW Indonesia

Menjadi salah satu cara yang paling sering orang pakai untuk mencari pekerjaan, Tokunei Ginou atau SSW memiliki prosedurnya sendiri. Di bawah ini adalah beberapa tahap untuk melakukan pendaftaran SSW Indonesia.

  1. Siapkan sertifikat magang / care worker / sertifikat tes kecakapan bahasa Jepang dan uji keterampilan
  2. Melakukan pendaftaran di Sisnaker dan lamar lowongan kerja di sana melalui situs resmi Sisnaker
  3. Melakukan wawancara dengan pihak pemberi kerja. Pihak pemberi kerja akan berusaha untuk mengkontak kamu melalui akun sisnaker apabila tertarik dengan CV yang kamu beri
  4. Melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai format dari Pemerintah Jepang di sarana kesehatan yang telah ditentukan
  5. Melakukan penandatanganan perjanjian kerja dan proses elektronik ID setelah mendapat Certificate of Eligibility (CoE) dan support plan dari pemberi kerja
  6. Mengurus VISA kerja ke perwakilan Jepang di Indonesia. Syarat untuk membuat Visa ini adalah membawa sertifikat CoE, e-ID, dan seluruh dokumen lain yang jadi syarat
  7. Upload Visa ke situs Sisnaker Indonesia
  8. Berangkat ke Jepang

Cara Bekerja di Jepang Melalui Program Pemerintah dan Swasta

cara lerja ke jepang 2022

Selain melalui SSW Indonesia, kamu juga bisa melamar dan mencari lowongan pekerjaan melalui program pemerintah maupun swasta lain. Tentunya setiap program ini memiliki syarat dan ketentuan masing-masing berdasarkan peraturan yang telah dibuat. Di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjut untuk cara bekerja di Jepang melalui program pemerintah dan swasta.

Cara Bekerja di Jepang Lewat Program Pemerintah

Indonesia dan Jepang memiliki status cukup akrab melalui hubungan bilateral. Hubungan ini memungkinkan dua negara menjalin koneksi di bidang tertentu. Pada kasus ini, Jepang dan Indonesia memiliki hubungan dalam bidang ekonomi dan ketenagakerjaan. Hubungan seperti ini membuat Indonesia memiliki kesempatan dalam mengirim sejumlah pekerja ke Jepang. 

Program yang pemerintah siapkan ini adalah program magang di Jepang. Kamu bisa mengikuti acara magang dengan cara menghubungi pihak Dinas ketenagakerjaan setempat. Untuk syarat, kamu bisa mengikuti program ini dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Berusia 18 hingga 26 tahun
  2. Memiliki ijasah SMA / SMK / sederajat. Jika kamu bukan lulusan keperawatan atau teknik di SMA / sederajat, lampirkanlah sertifikat latihan kerja dengan ketentuan minimal 160 jam
  3. Peserta harus memiliki berat badan proposional
  4. Tinggi badan minimal 160 cm untuk peserta pria dan 150 cm untuk wanita
  5. Tidak pernah memiliki tato dan tidak bertindik
  6. Tidak memiliki keterbatasan fisik atau permasalahan penglihatan
  7. Sehat secara mental tanpa cacat

Cara Bekerja di Jepang Melalui Pihak Swasta

Selain melalui program pemerintah, kamu juga bisa mengikuti cara bekerja di Jepang melalui pihak swasta. Pihak swasta bisa jadi opsi tepat bagi lulusan SMA atau sederajat, termasuk fresh graduate. Kamu bisa mengikuti jalur ini dengan memanfaatkan pihak swasta, yaitu Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia atau P3MI. Perusahaan ini berperan sebagai penghubung antara pekerja dan perusahaan di Jepang.

Kelebihan dari menggunakan pihak swasta adalah memiliki fasilitas pelatihan khusus. Dengan begitu, kamu sebagai calon pekerja akan lebih siap lagi dengan segala situasi yang ada di Jepang. Kekurangan dari P3MI sebagai pihak swasta adalah kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya dengan harga yang bervariasi.

Meskipun harus melakukan pembayaran di awal, kamu akan mendapat sejumlah fasilitas lebih sebelum bekerja di Jepang. Anggap saja ini sebagai pelatihan sekaligus gladi bersih tentang keadaan dunia kerja di sana. 

Perlu kamu ketahui bahwa sebelum masuk ke perusahaan tersebut, lakukanlah observasi terlebih dahulu. Hal ini wajib calon peserta lakukan agar benar-benar mengetahui seluk-beluk serta histori dari perusahaan. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari segala kemungkinan penipuan atau tindak kriminal lain berkedok cara bekerja di Jepang.

Jenis Pekerjaan yang Ada di Jepang Dengan Gaji Besar

jenis pekerjaan gaji tinggi jepang

Dalam proses cara berkerja di Jepang, kamu harus mengetahui apa saja jenis pekerjaan yang ada. Memang, Pemerintah Jepang terbuka dengan segala bidang pekerjaan. Meskipun begitu, tetap saja ada setiap profesi memiliki bayaran dengan jumlah berbeda. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang memiliki gaji besar di Jepang

Pekerjaan Translator atau Penerjemah

Pekerjaan pertama yang memiliki gaji besar adalah sebagai penerjemah. Cara bekerja di Jepang sebagai translator adalah kamu harus menguasai beberapa bahasa, selain bahasa Jepang. Contohnya kamu bisa jadi penerjemah bahasa Inggris di sana. Untuk bayaran, kamu bisa mendapat gaji yang berkisar antara 400.000 hingga 750.000 yen / bulan. Dalam rupiah, gaji ini setara dengan 60 hingga 100 juta per bulan. 

Guru Bahasa Inggris

Jepang adalah salah satu negara dengan penduduk yang kebanyakan tidak bisa berbahasa Inggris. Sebagai salah satu bahasa internasional, tentunya bahasa Inggris sangat kamu perlukan di banyak negara. Jepang membutuhkan beberapa guru bahasa Inggris dengan gaji sebesar 254.000 hingga 3.500.000 yen / bulan (33 juta hingga 400 juta rupiah / bulan).

Engineer / Teknisi

Selain translator dan guru bahasa Inggris, kamu juga bisa melamar sebagai teknisi atau engineer. Seorang teknisi memang memiliki gaji yang cukup besar di banyak negara. Sebagai salah satu produsen teknologi, Jepang pastinya membutuhkan banyak teknisi dengan keterampilan tinggi. Belum lagi Jepang selalu menginginkan inovasi terus-menerus di tiap tahunnya.

Cara Bekerja di Jepang Sebagai Game Developer dan IT 

Selanjutnya ada game developer dan profesional IT. Jenis pekerjaan yang satu ini memang sering jadi perbincangan dan terus dibutuhkan di banyak negara. Digitalisasi yang terjadi dari waktu ke waktu membuat IT memiliki peran penting dalam kemajuan negara. Hal yang sama juga terjadi pada sektor game di Jepang mengingat negara ini memiliki banyak permainan digital yang terus berkembang.

Cara bekerja di Jepang sebagai game developer dan IT tidaklah sembarangan. Karena berkaitan dengan teknologi digital, kamu harus memiliki keahlian dalam bidang pemrograman (coding). Selain itu, kamu juga harus benar-benar mengerti istilah sistem jaringan dalam bahasa Jepang agar lebih mudah dalam berkomunikasi.

Sales Marketing

Tugas dari pekerjaan ini adalah untuk memikat calon pelanggan dari suatu produk. Pekerjaan ini sangat dicari oleh banyak negara, termasuk Jepang. Bahkan Jepang siap untuk memberikan gaji dalam jumlah besar untuk pekerja di bidang ini. 

Gaji di Jepang juga bisa mengalami kenaikan di tiap tahunnya. Selain itu, bayaran akan meningkat seiring dengan kemampuan serta pengalaman kamu. Semakin besar kualitas, semakin besar pula bayaran yang bisa kamu dapat. Selain itu, instansi pemerintah dan swasta juga memiliki besaran gajinya masing-masing.

Tips Cara Bekerja di Jepang 2022

budaya kerja jepang

Mengetahui hal di atas memanglah sudah cukup benar. Agar lebih lancar dari dalam proses bekerja kamu di Jepang, simaklah beberapa tips berikut ini.

Pahami Bahasa Jepang Dengan Baik

Tips pertama adalah dengan memahami bahasa Jepang dengan baik. Karena itulah kamu harus mengikuti tes JLPT. Meski begitu, cobalah untuk memahami slang atau sejenisnya agar lebih mengalir ketika berkomunikasi antarsesama.

Memahami Budaya jepang dan Etika di Jepang

Selain memahami bahasa, kamu juga harus paham tentang budaya dan etika yang berlaku di Jepang sana. Hormatilah setiap budaya tersebut agar kamu bisa lebih diterima masyarakat lokal. Tidak hanya tentang etika bermasyarakat, kamu juga harus memahami etika bekerja di Jepang agar hasil kerjamu bisa lebih sempurna.

Itulah penjelasan tentang cara bekerja di Jepang dengan gaji besar. Pastikan kamu memahami setiap poin tersebut dan persiapkan kesehatan serta keterampilannya. Semua itu akan sangat membantu dalam membangun karirmu di Jepang. Jangan lupa untuk memeriksa perusahaan tempat kamu melamar terlebih dahulu untuk menghindari tindak penipuan atau kriminal sejenis.