Inilah Syarat Kerja di Jepang yang Harus Kamu Pahami

syarat kerja di jepang

Kerja di Jepang memiliki banyak peminat dari waktu ke waktu. Bahkan di tahun 2022 pun tidak menurunkan jumlah peminat, meskipun pandemi masih berlangsung hingga kini. Sebelum itu, kamu harus mencari tahu beberapa informasi terlebih dahulu. Salah satunya adalah informasi lowongan kerja. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan syarat kerja di Jepang sesuai dengan kebutuhan dari pihak perusahaan.

Perlu kamu ketahui juga bahwa gaji di Jepang terbilang cukup tinggi. Pada beberapa pekerjaan bahkan menawarkan bayaran yang jauh jumlahnya hingga belasan kali lipat. Hal ini juga jadi daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja. Sekarang, kamu harus simak beberapa poin syarat kerja berikut ini.

Syarat Kerja di Jepang Untuk Umum

kerja bahasa jepang

Untuk bekerja di Jepang, kamu harus memiliki keahlian dan kualifikasi khusus. Berikut ini adalah beberapa syarat kerja di Jepang secara umum.

Memahami Bahasa Jepang

Jika kamu ingin bekerja di Jepang, pastikan kamu memahami bahasa Jepang terlebih dahulu. Selain untuk mempermudah komunikasi, kecakapan bahasa Jepang juga sudah jadi syarat mutlak di beberapa perusahaan Jepang. Kamu bisa melakukan pendidikan bahasa Jepang untuk mendalami ini. Setelah itu, ikutilah sertifikasi JLPT.

JLPT adalah sebuah tes untuk mengukur tingkat kecakapan bahasa Jepang. Setidaknya ada 5 tingkat dalam sertifikasi JLPT, yakni N5 sebagai tingkat terendah hingga N1 sebagai tingkat tertinggi. Untuk bisa bekerja di Jepang, pastikan kamu lulus sertifikasi N4 atau N3, akan lebih bagus lagi jika memiliki N2 atau N1.

Pendidikan dan Pengecekan Medis

Jepang sangat memperhatikan kualitas yang dimiliki pegawainya. Semakin tinggi pendidikan dan keahlian yang kamu punya, semakin besar pula kesempatan untuk wawancara dan lolos. Begitu pula dengan kesehatan yang kamu punya sebelum mendaftar sebagai pegawai. Karena itulah medical check up cukup penting sebelum benar-benar mendaftarkan diri.

Magang dan Syarat Kerja di Jepang Terbaru 2022

magang jepang terbaru 2022

berita baik datang untuk kamu yang ingin segera kerja di Jepang. Kali ini program magang telah kembali berlaku setelah terhenti akibat pandemi Covid-19 beberapa tahun belakangan. Program magang tahun ini juga bekerjasama dengan Lembaga Penyalur Tenaga Kerja. Kamu bisa mencari tahu tentang hal ini lewat dinas tenaga kerja yang ada di tiap provinsi dan kota / kabupaten. Berikut ini adalah syarat pendaftaran yang harus kamu pahami.

  1. Surat lamaran bermaterai kepada Disnakertrans 
  2. Pas foto memakai dasi berwarna ukuran 4×6 sebanyak 7 lembar dan 3×4 sebanyak 7 lembar
  3. Surat pernyataan bermaterai yang berisi bahwa kamu bersedia dan sanggup mengikuti program kerja magang di Jepang selama 3 tahun 
  4. Surat pernyataan yang menunjukkan bahwa kamu bersedia mengikuti pra pemberangkatan tahap 1 di daerah (pelatihan dalam berbahasa Jepang) selama 2 bulan 10 hari
  5. Surat pernyataan berisi keterangan belum pernah mengikuti pelatihan kerja magang di Jepang
  6. Surat pernyataan bahwa kamu harus mematuhi tata tertib program kerja magang
  7. Surat keterangan sehat yang berasal dari dokter pemerintah
  8. Surat rekomendasi kepala kelurahan lengkap dengan fotokopi ijazah SD, SMP, SMA/SMK, beserta rapor SLTA (SMA/SMK)
  9. Fotokopi sertifikat kursus keterampilan di bidang teknik minimal 160 JPL dari BLK atau pengalaman kerja selama 6 bulan jika kamu adalah lulusan SMA / SMK non-teknik (lebih lama lebih baik)
  10. Fotokopi KTP, KK, Kartu Pencari Kerja, dan Akta Kelahiran
  11. Foto close up dari seluruh anggota keluarga, rumah tampak depan, kanan, kiri, jalan depan

Itulah penjelasan tentang syarat kerja di Jepang tahun 2022 terbaru yang harus kamu pahami. Pastikan juga kamu memiliki sertifikat JLPT agar lebih besar lagi kemungkinan untuk lolos.