15+ Rekomendasi Manga Fantasy Terbaik dengan Kisah Paling Seru

blank

Apa kalian suka manga dengan aspek fantasi, petualangan dan juga sihir? Ada rekomendasi manga fantasy terbaik yang bisa kalian baca. Beberapa manga sudah tamat, namun yang lain masih ongoing dan bisa kalian nikmati secara mingguan atau bulanan.

Manga bertema fantasy ini juga punya sub genre yang membuat cerita makin menarik. Beberapa menambahkan aspek romansa, gore, bahkan premis segar yang belum pernah kalian temukan sebelumnya. Tanpa panjang kata, berikut rekomendasi manga yang bisa kalian pertimbangkan.

Rekomendasi Manga Fantasy Terbaik

1. Inuyasha

rekomendasi manga fantasy terbaik

Untuk kalian yang suka cerita klasik, Inuyasha bisa jadi bacaan yang menarik. kisahnya berpusat pada Kagome, seorang anak SMA yang tak mempercayai legenda dan mitologi, hingga akhirnya dia sendiri harus terjebak dalam dunia fantasy ketika terperangkap dalam sumur.

Sumur ajaib tersebut ternyata tersambung dengan jalan masuk Jepang kuno di masa lalu. Ia juga bertemu dengan Inuyasha, siluman anjing setengah manusia. Keduanya harus menghabiskan waktu bersama karena terikat dengan takdir Pertama Shikon yang punya kekuatan dahsyat.

2. Soul Eater

rekomendasi manga fantasy terbaik

Bertema fantasi dan petualangan, Soul Eater membawakan kisah shonen dengan nuansa yang lebih ceria. Namun bukan berarti manga ini tak mendapatkan porsi cerita seriusnya, plotline-nya yang menarik membuat manga ini populer dan mendapatkan adaptasi anime.

Merupakan buah karya Atsushi Okubo, Soul Eater ini mengisahkan kota bernama Death City. Cerita kemudian berpusat di Death Weapon Meister Academy, yang dibangun oleh Shinigami. Di akademi tersebut, murid-murid akan dipasangkan dengan senjata khusus agar bisa menyelematkan manusia dari iblis.

3. Black Butler

blank

Yano Toboso membuat manga Black Butler sebagai manga fantasy gelap dengan latar abad pertengahan. Kisahnya berpusat pada Ciel, yang ayah dan ibunya mati karena kematian misterius. Karena sebuah kejadian yang tragis, Ciel menjual dirinya pada Iblis dan membuat perjanjian dengannya.

Berkat perjanjian tersebut, ia bisa kembali menjadi Earl baru di kastil milik keluarga Phantomhive. Meski masih kanak-kanak, namun Ciel mampu menyelesaikan berbagai kasus misteri yang berbahaya berkat bantuan Sebastian, iblis yang membuat kontrak dengannya.

Sebastian memilih wujud sebagai butler demi membantu Ciel menjalankan berbagai tugas kotor. Black Butler tak hanya mendapatkan pujian berkat ceritanya dan premisnya yang berbeda, namun juga art visualnya yang indah.

4. Log Horizon

blank

Suka dengan genre fantasy dan isekai? Ada Log Horizon. Manga yang membawakan tema terjebak dalam dunia game ini memberikan plot cerita yang anti mainstream. Ceritaya bermula ketika Elder Tale, game online favorit warga Jepang, menghisap masuk hampir 30 ribu orang dan membuat mereka terjebak di dalamnya.

Shiroe, salah satu player yang terjebak dalam game tersebut, harus memulai hidup baru sebagai karakter game. Ia pun mulai bertemu dengan karakter lain untuk melakukan kerja sama membuat kerajaan baru. Tentu perjuangan Shiroe tak mudah, sebab ada banyak musuh dan tantangan yang harus ia lalui.

5. Yona of the Dawn

blank

Manga fantasi tak hanya berpusat pada kisah petualangan semata, ada pula yang mendapatkan aspek romansa dengan segmen pembaca wanita. Salah satu manga tersebut adalah Yona of the Dawn, yang mengisahkan Yona, seorang putri raja yang hidup bahagia.

Namun karena suatu hal, kerajaannya mendapatkan pengkhianatan dan membuat seluruh keluarga Yona mati. Su-won, saudara sepupu yang ia cintai, menjadi otak dari pengkhianatan tersebut dan mengharuskannya kabur dari kerajaan. Bersama dengan Son Hak, penjaga pribadinya, ia berkelana untuk mengembalikan kerajaannya kembali.

6. Fairy Tail

blank

Membahas manga fantasi tentu tak boleh melewatkan Fairy Tail. Manga buatan Hiro Mashima ini membawakan kisah petualangan fantasi yang tak boleh kalian lewatkan begitu saja. Kisahnya berpusat di sebuah dunia bernama Earth Land, tempat dimana sihir sudah jadi sahabat manusia.

Meski bermanfaat untuk kelangsungan hidup, sihir juga dimanfaatkan untuk hal-hal yang jahat. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka masyarakat membentuk Kerajaan Fiore. Dalam kerajaan tersebut, ada tugas khusus untuk para penyihir agar bisa mendapatkan uang dan ketenaran.

Cerita kemudian fokus pada petualangan Natsu, Lucy, Erza dan Gray sebagai penyihir. Manga ini begitu populer karena berhasil membawakan kesan fantasi yang khas. Jika kalian tertarik membaca manganya, jangan lupa untuk menonton animenya ya.

7. Naruto Shippuden

rekomendasi manga fantasy terbaik

Naruto memang jadi seri fantasi terbaik yang membawakan nuansa khas shounen. Tak hanya kisah yang mengharukan, plot dan ceritanya juga cukup menarik dengan adanya intrik dan kontroversi. Jadi tak heran serinya begitu populer, baik di Jepang maupun global.

Ceritanya berfokus pada Naruto, seorang anak yang punya kekuatan dari siluman musang berekor sembilan. Karena kekuatannya tersebut, Naruto dijauhi oleh masyarakat. Namun bukan berarti Naruto menyerah begitu saja, ia tetap memperjuangkan mimpinya sebagai hokage di desanya.

8. Nanatsu no Taizai

blank

Serupa dengan Naruto, Nanatsu no Taizai merupakan kisah shounen klasik buatan Nakaba Suzuki. Ceritanya berkutat di sebuah negeri bernama Holy Knight of Britania, yang melindungi rakyatnya dengan kekuatan sihir. Musuh besar kerajaan tersebut adalah The Seven Deadly Sins, sebuah kelompok criminal yang dulunya mengabdi di kerajaan tersebut.

Elizabeth, putri ketiga dari kerajaan tersebut, harus kabur karena kerajaannya mengalami kudeta oleh Holy Knight,prajurit yang harusnya melindungi raja. Bersama dengan Melodias, salah satu dari The Seven Deadly Sins, mereka mencoba menemukan kawan lama Melodias untuk mengembalikan kerajaan tersebut.

9. Fullmetal Alchemist

rekomendasi manga fantasy terbaik

Rekomendasi manga fantasy terbaik selanjutanya adalah Fullmetal Alchemist. Manga buatan Hiromu Arakawa ini menceritakan kisah dua bersaudara, Edward dan Alphonse Elric, keduanya merupakan anak dari seorang alkemi yang terkenal.

Setelah kematian ibunya, mereka berencana membangkitkan kembali ibunya dari kematian. Sayangnya hal tersebut gagal dan membuat Alphonse kehilangan seluruh tubuh dan lengan serta kaki milik Edward. Keduanya pun bekerja keras untuk mempelajari alkemi dan membawa tubuh mereka kembali.

Suatu hari, mereka menemukan informasi mengenai batu filosofi yang punya kekuatan besar untuk mengembalikan tubuh mereka. Tak disangka mereka harus terjalin dalam benang takdir dan bertemu dengan makhluk ciptaan ayah mereka.

10. One Piece

blank

Kisah fantasi dari One Piece tak kalah menarik dengan manga lainnya. Berlatar dalam dunia ketika bajak laut berkuasa, Luffy, berencana untuk menggapai mimpinya sebagai Raja Bajak Laut. Bersama bantuan teman-temannya, mereka membentuk kelompok bajak laut bernama Topi Jerami.

Mereka pun mengarungi samudera untuk mengalahkan bajak laut lain, membebaskan kerajaan, dan melewati berbagai hal bersama-sama. Manga ini masih berjalan dan menjadi seri paling panjang daripada manga fantasi lainnya. Kabar terbaru, manga ini tengah memasuki final saga dan kemungkinan menjadi arc penutup seri ini.

11. No Game no Life

blank

Satu lagi manga fantasi dengan latar isekai game yang bisa kalian baca, yakni No Game no Life. Manga ini menceritakan dua kakak yang punya keahlian bermain game diatas rata-rata. Suatu hari, seorang pria misterius menarik mereka ke dunia paralel yang penuh dengan game.

Disana Shiro dan Sora, kakak adik tersebut, harus menyelesaikan semua hal dengan permainan. Tugas mereka sederhana, membawa kembali manusia ke peradabannya dan menjadi penyelamat manusia. Bisakah keduanya mengalahkan berbagai lini aspek hanya dengan bermain game?

12. Sword Art Online

blank

Seri Sword Art Online awalnya merupakan sebuah light novel, yang kemudian mendapatkan adaptasi anime dan manga. Kisahnya berlatar pada tahun 2022 ketika booming game dengan konsep virtual reality massively multiplayer online role playing game atau VRMMORPG.

Dengan teknologi terbaru menggunakan nerve gear, pemain bisa merasakan sensasi hidup dalam game. Sayangnya semua berubah ketika nerve gear mengalami kerusakan dan menyebabkan semua pemain terjebak di dalamnya.

Ini karena pembuat game tersebut tak memberikan opsi log out pada nerve gear. Sehingga menyebabkan siapapun yang mati di dalam game, akan mati di dunia nyata. Kirito, salah satu single player di game tersebut, mencoba bertahan hidup sebisanya sembari mengalahkan berbagai monster dalam game.

13. The Devil is a Part Timer! High Scholl

rekomendasi manga fantasy terbaik

Seri ini merupakan spin off dari manga Hataruku Maou-sama, yang berfokus pada kehidupan karakter ketika bersekolah di SMA. Meski berupa spin off, namun seri ini cukup popule dan punya banyak penggemar. Kalian juga bisa membaca manga utamanya untuk tahu lore ceritanya.

Manga ini juga sudah mendapatkan adaptasi anime dan bisa kalian tonton sembari membaca manganya. Khusus untuk spin off Hatarku Maou-sama, manga ini sudah tamat tahun 2016 lalu setelah rilis berkala di Yen Press.

14. The Ancient Magus’ Bride

blank

Mahoutsukai no Yome menjadi rekomendasi manga fantasy terbaik selanjutnya. Manga ini menceritakan kisah Chise, seorang manusia dengan kekuatan sihir yang spesial. Meski punya kekuatan tersebut, Chise tak pernah melihat dirinya sebagai pribadi yang beruntung.

Menjelang dewasa, ia harus bertahan di pasar budak dan menyerahkan nasib dan hidupnya ke tangan orang lain. Untunglah seorang penyihir yang baik hati menolongnya dan membawanya tinggal bersama. Tak disangka, Elias, sang penyihir tersebut, menghendaki Chise sebagai pengantinnya.

15. Claymore

rekomendasi manga fantasy terbaik

Jika kalian lebih suka manga fantasi dengan tema gelap, ada Claymore. Manga ini termasuk dalam rekomendasi manga dark fantasi yang mendapatkan pujian karena membawakan nuansa kelam dalam ceritanya. Claymore menggunakan latar belakang Abad Pertengahan ketika ada pandemi kematian.

Siapapun yang terkena pandemi tersebut akan berubah menjadi Yoma. Yoma sendiri merupakan monster yang memakan daging manusia untuk bisa bertahan. Panik dengan hal tersebut, sebuah organisasi bernama Claymore, berjuang membasmi Yoma dan melindungi manusia.

16. Akame ga Kill

blank

Untuk kalian yang lebih suka kisah fantasi dengan tema yang lebih relate, silahkan membaca Akame ga Kill. Manga ini menggunakan tokoh anak muda sebagai main karakter, sehingga lekat dengan kehidupan relate pembaca.

Kisahnya berpusat pada Night Raid, tim khusus yang akan membunuh siapapun yang menghalangi tujuan mereka. Selain kuat dalam aspek fantasi, manga ini juga mendapat pujian karena membawakan aspek aksi yang kuat. Kalian akan diajak menelusuri kehidupan Tatsumi, seorang pengguna pedang yang naïf.

Menarik bukan berbagai rekomendasi manga fantasy terbaik dalam daftar ini? Kalian bisa memasukannya dalam watch list dan membacanya di waktu luang nanti. Untuk yang penasaran dengan animenya, kalian juga bisa menontonnya secara bersamaan.