Tempat Baca Manga Legal untuk Menghargai Komikus

blank

Kalian yang tertarik dengan pop culture Jepang tentu tak asing dengan aktifitas membaca manga. Selain menonton anime, membaca manga bisa menjadi kegiatan seru di waktu luang. Tapi tahukah kalian ada platform baca manga legal di internet?

Manga belakangan memang makin populer di kalangan otaku dan animelovers. Pasalnya, banyak anime populer yang diadaptasi dari manga dan memiliki plot cerita yang menarik. Jadi kalian bisa membaca manga apabila ingin tahu source asli dari anime yang tayang.

Sekarang manga sudah dialih bahasakan ke banyak bahasa. Namun kebanyakan situs baca manga di internet merupakan platform ilegal. Kalau kalian ingin memberikan dukungan dan menghargai komikus yang sudah susah payah bekerja, tempat baca manga legal ini bisa kalian coba.

Rekomendasi 5 Tempat Baca Manga Legal Online

1. Manga Plus by Shueisha

tempat baca manga legal

Shueisha memang terkenal karena banyaknya manga keren yang sudah mendapatkan adaptasi anime. Demografi pembaca Shueisha bertipe shonen, jadi ada banyak manga yang bisa kalian baca disana.

Pertama kali rilis pada 2019, kalian bisa membaca banyak judul manga yang juga rilis di majalah Weekly Shonen Jump. Judul manga populer yang ada di platform ini adalah Kimetsu no Yaiba, Dragon Ball, One Piece, Tokyo Ghoul hingga Naruto.

2. Comixology

blank

 

Berikutnya adalah laman baca manga legal dari e-commerce Amazon. Bernama Comixology, ada banyak judul manga populer yang bisa kalian baca disana. Karena merupakan website legal, tentunya ada biaya langganan yang harus kalian bayar.

Jangan khawatir, biaya langganan bulanannya tak menguras kantong, hanya 6 dolar per bulannya. Di Comixology, kalian bisa mengakses hingga 25 ribu manga, baik judul baru atau judul lama.

3. Book Walker

baca manga legal

Nama Book Walker memang belum populer di Indonesia sebagai tempat baca manga legal di internet. Padahal koleksi Book Walker untuk manga cukup lengkap, ada Shingeki no Kyojin, Fairy Tail, bahkan judul manga lawas seperti Neon Genesis Evangelion.

Penerbit besar Jepang Kadowaka mengelola langsung platform baca manga ini. Kalian tak hanya bisa membaca manga, namun juga light novel, buku digital, dan masih banyak lagi. Akses ke Book Walker juga tak sulit, kalau kesulitan membaca berbagai opsi menu di platformnya, kalian bisa pakai Google Translate otomatis.

4. Crunchyroll

blank

Dulu Crunchyroll terkenal sebagai platform streaming anime, namun kini Crunchyroll juga merambah ke dunia manga. Kalian bisa membaca berbagai manga lawas hingga terbaru lewat opsi manga yang tersedia.

Untuk membaca manga di Crunchyroll ada biaya langganan bulanan yang harus kalian bayar. Biaya tersebut sudah termasuk biaya akses semua manga dan anime yang ada di dalam Crunchyroll, jadi kalian tak akan rugi.

5. Viz

blank

Platform baca manga legal terakhir adalah Viz Media, penerbit besar dari Amerika yang mengelola platform ini. Bekerja sama dengan penerbit Jepang, Viz menawarkan banyak judul manga populer dari Naruto, Fullmetal Alchemist, Dragon Ball, hingga komik pendek dari Studio Ghibli.

Tak hanya itu, Viz juga memberikan update informasi terbaru mengenai perilisan anime, manga dan dunia pop kultur Jepang. Dengan begitu, kalian akan selalu mendapatkan berbagai berita terkini terkait animanga yang juga sedang hangat disana.

Mayoritas rekomendasi tempat baca manga legal memang berbayar. Namun dengan berlangganan di platform tersebut, kalian bisa memberikan kontribusi kepada mangaka favorit. Kini kalian tak perlu bingung lagi jika ingin membaca manga kesukaan.