5 Matsuri Paling Terkenal di Jepang

blank

Jepang terkenal dengan matsuri yang dirayakan rutin setiap tahun. Tiap daerah punya matsuri-nya sendiri, lengkap dengan tampilan musik, penari, hingga kuliner yang berbeda. Ada lima matsuri paling terkenal di Jepang yang sayang kalau kalian lewatkan.

Matsuri atau festival adalah acara merayakan sesuatu, kalau di Jepang bisa apa saja. Mulai dari datangnya musim, panen berlimpah, siklus religi tahunan, dan masih banyak lagi. Ketika matsuri dilakukan, masyarakat Jepang memberikan pujian pada dewa-dewi lokal.

Tiap matsuri memiliki karakteristiknya sendiri, ada yang dirayakan dengan meriah, ada pula yang tenang dan damai. Di Jepang sendiri, matsuri akan berlangsung ketika musim panas atau musim dingin. Kalian bisa menemukannya di kota besar hingga pedesaan.

Jika kalian ingin berkunjung ke Jepang untuk melihat matsuri paling terkenal, rekomendasi beberapa matsuri ini bisa kalian pertimbangkan.

Rekomendasi Matsuri Terpopuler di Jepang

1. Sendai Tanabata Matsuri

matsuri paling terkenal di jepang

Kalian yang sering nonton anime pasti tak asing dengan tanabata atau festival bintang. Umumnya tanabata berlangsung mulai 7 Juli sampai pertengahan bulan Agustus, tergantung daerah yang melakukannya.

Berbeda dengan Sendai Tanabata Matsuri, perayaan tanabata berlangsung pada 6 sampai 8 Agustus. Ketika matsuri berlangsung, masyarakat akan menuliskan keinginanannya pada tanzaku, kemudian menggantungkannya di daun bambu.

2. Festival Salju Sapporo

blank

 

Wilayah Sapporo memang terkenal dengan saljunya ketika musim dingin. Ternyata di musim tersebut ada matsuri yang terkenal seantero Jepang. Nama matsuri-nya adalah Festival Salju Sapporo, yang berlangsung pada akhir Januari atau awal Februari tiap tahun.

Sebagai matsuri paling terkenal di Jepang, tak hanya masyarakat lokal yang merayakannya, ada pula wisatawan asing yang berkunjung. Tujuan matsuri ini adalah mengubah musim dingin ekstrim di Hokaido menjadi lebih menyenangkan.

3. Hakata Dontaku Matsuri

matsuri paling terkenal

Fukuoka ternyata memiliki matsuri menarik yang bisa kalian kunjungi di awal bulan Mei. Nama matsuri tersebut adalah Hakata Dontaku Matsuri, yang merupakan festival khusus di liburan panjang Golden Week.

Selama matsuri berlangsung, jalan-jalan di Hakata dan Fukuoka akan berhiasakan hana jidosha; kendaraan hias warna warni yang cantik. Festival ini termasuk dalam matsuri tertua di Jepang karena sudah ada sejak tahun 1179.

4. Festival Lentera Nagasaki

blank

Kalau kamu mengunjungi Nagasaki di bulan Januari – Februari, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk datang ke Festival Lentera Nagasaki. Matsuri paling terkenal di Jepang ini menampilkan pemandangan indah dengan 15 ribu lentera.

Lentara dalam matsuri ini akan diterbangkan dan mengubah kota dengan warna kuning dan oranye yang cerah. Festival ini juga menghadirkan kembang api, pertunjukan tarian tradisioal, hingga pertunjukan teater.

5. Aomori Nebuta Matsuri

matsuri paling terkenal Jepang

Di awal bulan Agustus, kalian bisa melihat Aomori Nebuta Matsuri yang ada di perfektur Aomori. Dalam festival ini, kalian bisa melihat berbagai lentera kertas dengan bentuk yang unik.

Bentuk tersebut berdasarkan makhluk mitos Jepang, aktor kabuki, dewa, dan kepercayaan lokal lainnya. Awalnya matsuri ini bertujuan untuk mengantarkan arwah orang yang sudah meninggal, namun kemudian berganti ke festival lentera. Matsuri ini sudah berlangsung sejak zaman Nara di tahun 700-an.

Tak hanya di kota-kota ujung Jepang, kalian juga bisa menemukan matsuri di kota metropolis seperti Tokyo. Tentunya kalian harus datang di waktu yang tepat, misalnya di musim semi atau musim panas.

Masih banyak matsuri paling terkenal di Jepang yang bisa kalian kunjungi. Selain  menikmati indahnya seni tradisional masyarakat, kalian juga bisa melihat parade yang mempesona, makanan lokal yang otentik, hingga berbagai tarian dan sejarah yang luar biasa.