Sport Anime Mirip Haikyuu yang Bisa Bikin Semangat

blank

Haikyuu merupakan anime bola volli yang mendapatkan pujian dari banyak pihak. Bukan hanya karena plotnya yang menarik, namun tensinya yang tinggi membuat siapapun bersemangat ketika menonton animenya. Kalau kalian suka, ada sport anime mirip Haikyuu yang bisa kalian tonton.

Dengan tamatnya manga Haikyuu membuat banyak orang merasa kehilangan, karena alasan inilah banyak orang mencari-cari judul baru untuk diikuti. Berikut ini rekomendasi anime olahraga mirip Haikyuu yang akan membuat kalian bersemengat!

5 Anime Mirip Haikyuu

1. Kuroko no Basuke

rekomendasi anime mirip haikyuu

Sebelum ada Haikyuu, seri olahraga yang mendapatkan spotlight besar adalah Kuroko no Basuke. Meski mendapatkan banyak kritikan karena tiap karakter punya jurus ala Tsubasa, mau tak mau diakui seri ini menawarkan kisah pertemanan dan semangat olahraga yang tinggi.

Sesuai dengan judulnya, anime ini mengisahkan tentang Kuroko, seorang pemain bakset SMA yang mendapatkan julukan ‘bayangan’ karena tak punya aura yang nyata. Kuroko dan teman setimnya berusaha untuk masuk ke turnamen basket dan memenangkan kejuaran nasional.

2. Chiyafuru

blank

Sport anime mirip Haikyuu lainnya adalah Chiyafuru, dengan tema permainan kata Karuta. Walaupun tak banyak bergerak sebagaimana olahraga volli, Karuta tetap terhitung sebagai olahraga di Jepang, serupa denga shogi.

Chiyafuru mengisahkan bagaimana kisah hidup atlit Karuta dan perjuangan mereka untuk memenangkan pertandingan. Permainan karuta memang terkesan simpel, namun butuh banyak tenaga, refleks dan kecepatan berpikir ketika melakukannya.

3. Yuri on Ice

anime mirip haikyuu

Anime yang rilis di musim gugur 2016 ini mengangkat tema yang sebelumnya belum ada dalam adaptasi sport anime Jepang, yakni skating. Studio yang bertanggung jawab dari seri ini adalah Mappa, yang kemudian mendapatkan spot besar dalam industry anime karena pengerjaan grafis yang cantik dan stabil sepanjang seri.

Yuri on Ice mengisahkan tentang Yuri Katsuki, seorang skater asal Jepang yang gagal dalam sebuah pertandingan besar dunia. Sebagai bagian dari ‘break’ ia kembali ke kampung halaman dan hidup tenang, namun tak lama skater dunia bernama Viktor datang dari Rusia dan menjadi pelatih pribadi Yuri.

4. Yowamushi Pedal

blank

Anime olahraga yang didedasikan untuk pesepeda, Yowamushi Pedal, juga bisa kalian jadikan tontonan pengganti dari Haikyuu. Kisah anime ini bermula dari Sakamichi Onoda, seorang remaha otaku yang harus memilih klub lain karena klub animenya ditutup paksa.

Teman Onoda, Shunsuke Imaizumi, mengajak Onoda untuk masuk ke klub sepeda karena tahu bahwa Onoda tak mampu bersepeda dengan baik. Keduanya kemudian berkawan baik dan membantu satu sama lain untuk memenangkan berbagai kejuaraan.

5. Ace of Diamond

sport anime mirip haikyuu

Tak hanya di Amerika, masyarakat Jepang juga menyukai baseball. Inilah kenapa adaptasi anime dari manga baseball tak terhitung jumlahnya. Namun ada satu seri yang menonjol dan bisa kalian ikuti, yakni Ace of Diamond.

Anime ini mengudara selama tiga tahun, dari 2013 hingga 2016 yang terdiri dari beberapa musim. Premis dari anime ini sebenarnya cukup klise, ada seorang anak berbakat yang bisa bermain baseball, bernama Eijun Sawamura. Bersama dengan timnya; dan ambisinya menjadi ace di tim tersebut, Eijun berusaha menjadi pemenang kejuaraan baseball terbaik di Jepang.

Masih banyak sport anime mirip Haikyuu yang bisa kalian tonton. Ada Free Iwatobi Swim Club yang mengangkat tema olahraga renang. Ada pula Sangatsu no Lion yang mengangkat olahraga catur khas Jepang, shogi. Dari berbagai judul diatas, mana yang jadi favorit kalian?