Mengenal Apa Itu JLPT dan Fungsinya di Dunia Nyata

Apa itu JLPT

JLPT merupakan sebuah jalan sertifikasi mengenai penguasaan bahasa Jepang yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Sertifikasi ini wajib bagi orang (bukan penutur asli) yang menggunakan bahasa Jepang sebagai kegiatannya sehari-hari. Dalam penggunaannya, tes kemampuan ini memiliki beberapa tingkatan. Memangnya sertifikasi ini apa tujuannya? Apa itu JLPT?

JLPT atau tes kecakapan bahasa Jepang adalah sebuah tes yang menguji kelancaran dalam berbahasa Jepang.  Tes ini sudah berhasil di banyak negara, salah satunya adalah Indonesia. Banyak orang yang menggunakan sertifikat ini untuk menjalani pendidikan atau bahkan bekerja di Jepang. Sedangkan untuk tingkatannya sendiri, JLPT memiliki N5 sebagai terendah hingga N1 sebagai tingkat tertinggi.

Fungsi JLPT di Dunia Nyata

Jika sudah mengetahui apa itu JLPT, sekarang kamu harus tahu berbagai fungsinya. Bagi orang biasa mungkin JLPT adalah hal yang tidak begitu penting. Tetapi, jika kamu ingin menjalani hidup di Negeri Sakura, segeralah untuk mengambil sertifikasi ini. Selain untuk memperlancar bahasa Jepang, sertifikat ini juga menjaga syarat tertentu dalam lamaran kerja dan universitas. Berikut adalah beberapa fungsi dari sertifikat JLPT untuk keperluan di dunia nyata.

Syarat Masuk Pendidikan di Jepang

Fungsi JLPT

Fungsi pertama dari sertifikat ini adalah sebagai syarat masuk ke pendidikan di Jepang. Jika kamu memiliki keinginan untuk menempuh pendidikan di Jepang, maka sertifikat ini menjadi syarat utama. Untuk bisa melanjutkan pendidikan di sini, kamu setidaknya harus mendapatkan JLPT dengan tingkat N1 atau N2. Dengan adanya sertifikasi ini, artinya kamu sudah cukup lancar dalam berbahasa Jepang.

Mendapatkan Poin Perawatan Istimewa Imigrasi

Selain sebagai syarat masuk pendidikan, JLPT juga dapat membantu untuk mendapatkan poin perawatan istimewa imigrasi. Poin ini akan memberikan kamu beberapa kemudahan selama hidup di Jepang nanti. Untuk tingkat N1, kamu akan mendapatkan poin sebesar 15. Sedangkan untuk tingkat N2, kamu akan mendapatkan 10 poin perawatan imigrasi. Bagi pendatang yang memiliki poin di atas 70 biasanya akan mendapat perlakuan khusus.

Mengenal Apa Itu JLPT Sebagai Syarat Melamar Pekerjaan

Kerja di Jepang

Bersinggungan dengan pengertian apa itu JLPT di atas, salah satu manfaat dari sertifikat ini adalah untuk melamar pekerjaan. Bagi kamu yang berminat untuk bekerja di Negeri Sakura, kamu harus mendapatkan sertifikat ini setidaknya di tingkat N1 atau N2. Dengan begitu, kamu bisa masuk ke dunia kerja Jepang sekaligus memulai karir karena sertifikat ini menunjukkan seberapa mahir kamu berbahasa Jepang.

Mendapatkan Beasiswa

Beasiswa JLPT

Selain terkait pendaftaran pendidikan, kamu juga berkesempatan untuk mendapat sejumlah bantuan berupa beasiswa. Tentunya bantuan ini akan sangat berguna untuk mengurangi biaya dan segala keperluan di Jepang. 

Apa Itu JLPT dan Cara Mendapatkannya

Setelah mengerti apa itu JLPT, kini sudah saatnya kamu harus segera mencari cara untuk mendapat sertifikat. Sebelum itu, pastikan kamu sudah mempelajari bahasa Jepang dengan baik, entah itu secara otodidak ataupun melalui kursus. Setidaknya ada dua aspek yang akan menjadi nilai, yaitu pendengaran dan bacaan. 

Syukurnya, di Indonesia sendiri sudah ada tempat untuk melakukan tes kecakapan bahasa Jepang. Biayanya juga tidak begitu mahal, sebanding dengan manfaat dan hasil yang akan kamu dapatkan nanti. Kamu perlu membayar sekitar 100 ribu hingga 200 ribu rupiah per tingkatnya. Untuk lokasinya juga tersebar di berbagai kota di Indonesia. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa syarat pendaftaran dan siap untuk tes.

Itulah penjelasan tentang apa itu JLPT dan Fungsinya di dunia nyata. Selain soal huruf dasar hiragana, katakana, dan pola kalimat, pastikan kamu juga memahami kanji sebelum tes berlangsung. Memahami kanji adalah hal yang wajib dalam menguasai bahasa Jepang.