Manga Hunter x Hunter Comeback, Mangaka Cari Staf Baru

blank

Manga Hunter x Hunter telah lama mengalami hiatus. Kabar baiknya, ada kemungkinan seri ini comeback dalam waktu dekat. Sang mangaka, Yoshishiro Togashi, mengindikasikan akan merekrut staf baru untuk mempermudah pekerjaannya.

Pengumuman tersebut ia sampaikan pada Senin, 29 Agustus lalu dalam akun Twitter pribadinya. Ia mengakui butuh bantuan lebih banyak staf agar pekerjaannya jadi lebih mudah dan ringan. Untuk tahu rumor lengkapnya, informasi berikut bisa kalian simak.

Kesehatan yang Terus Memburuk

Manga Hunter x Hunter

Seperti yang diketahui, manga Hunter x Hunter mengalami hiatus karena Yoshishiro sakit. Setelah agak membaik, ia berniat melanjutkan seri tersebut, sayangnya kesehatannya tak kunjung mengalami perkembangan yang signifikan.

Berdasar apa yang Yoshishiro ceritakan di akun Twitter-nya, ia mengungkapkan bahwa kesehatannya jadi memburuk belakangan karena kembali mengerjakan Hunter x Hunter. Terlihat dengan lambatnya pengerjaan chapter baru yang ia bagikan lewat akun Twitternya.

Dengan kondisi tersebut, Yoshisiro berpikir untuk menambah staf untuk menyelesaikan manganya lebih cepat. Kalian bisa melihat sendiri dalam unggahan akun Twitter-nya, berikut terjemahan yang beredar:

“No. 399 sudah selesai, tengah memberikan saran untuk asistenku guna menyelesaikan efek bagian latar belakang. Sekarang tengah menunggu manuskrip kembali dari mereka.

No. 400, aku sepertinya butuh saran. Omong-omong, aku memutuskan untuk memperkerjakan asisten baru. Sekarang menggambar butuh waktu yang lama dengan fineliner pen alih-alih brush menulis.”

Berdasarkan apa yang Yoshishiro katakan via Twitter, kembalinya seri Hunter x Hunter memang sudah di depan mata. Sayangnya hal tersebut mungkin akan membutuhkan waktu yang sedikit lama, sebab Yoshishiro tak bisa mengerjakan serinya secara berkala.

Punya Masalah Panggul dan Tulang Belakang

blank

Sebagai mangaka, masalah tulang belakang dan panggul sepertinya akan jadi makanan sehari-hari. Hal yang sama untuk Yoshishiro, ia mengaku kesehatannya malah jadi buruk ketika memutuskan untuk kembali mengerjakan Hunter x Hunter, meski sudah melakukan rehat panjang.

Selain memberikan update mengenai progress cerita di Twitter, Yoshishiro juga memberikan rincian mengenai kesehatannya kali ini. Apalagi selain melanjutkan seri dan mengerjakan chapter baru, ia juga akan melakukan pameran pada Oktober nanti. Untuk yang penasaran, berikut adalah terjemahan dari tweet Yoshishiro:

“Mungkin kamu berpikir, ‘segera gambar dan buat chapter baru’. Sesungguhnya, aku tak bisa duduk di kursi selama dua tahun, itulah alasanku tak bisa menggambar (dan melanjutkan seri), dengan tak melakukan cara konvensional, aku entah bagaimana bisa kembali menggambar.

Dengan tulus aku minta setiap orang untuk menjaga bagian panggul dan tulang belakang kalian. Dua minggu sebelum aku menulis pesan ini, aku tak bisa mengelap bokongku dan harus mandi tiap selesai buang air. Inilah yang membuat setiap aktifitasku lebih lambat 3-5 kali tiap harinya. Ingat, panggul dan bokongku merupakan aset yang penting.”

Perjalanan Hiatus Manga Hunter x Hunter

Seri Hunter x Hunter sudah berulang kali mengambil hiatus. Manganya pertama kali mengambil hiatus pada September 2017, dan kembali rilis pada Januari 2018. Pada April 2018, seri ini kembali mengambil hiatus dan kembali lagi pada September 2018. Namun setelah berjalan dua bulan, manga kembali hiatus pada November 2018 dan belum ada pengumuman akan kembali.

Dengan pengumuman yang Yoshishiro buat, besar kemungkinan manga Hunter x Hunter akan kembali dalam waktu dekat. Meski begitu, fans sepertinya harus sedikit lebih sabar sampai pengumuman resminya dirilis oleh penerbit atau Yoshishiro. Sembari menunggu, kalian bisa mengikuti akun Twitter Yoshishiro untuk tahu bagaimana perkembangan pengerjaan manga berjalan.