Berbagai Variasi Bahasa Jepang ‘Kamu’

blank

Sudah tahu belum bahasa Jepang dari ‘kamu’? Berbeda dengan bahasa Indonesia dan Inggris, Jepang punya banyak variasi dari kata ganti kedua ini. Perbedaannya antara satu sama lain adalah tingkat kesopanan dan konteks penggunaannya.

Untuk kalian yang ingin bercakap-cakap dengan bahasa Jepang dan ingin terdengar seperti warga lokal, sebaiknya baca penjelasan berikut ini. Kalian pun bisa menghindari kemungkinan menyinggung orang lain karena salah memilih dan menggunakan kata ‘kamu’.

Jenis Jenis Bahasa Jepang Kamu

Bahasa Jepang Kamu

1. Anata

Variasi pertama bahasa Jepang untuk kata ‘kamu’ adalah anata. Anata punya banyak makna dan arti, namun secara umum artinya ‘Anda’. Kata panggilan ini cukup sopan dan bisa kalian gunakan untuk siapa saja, baik untuk lawan bicara yang posisinya lebih tinggi atau rendah.

Makna lain dari anata adalah ‘sayang’, khususnya untuk istri yang memanggil suaminya. Walaupun maknanya sopan, artinya bisa saja kasar kalau kalian menggunakannya dalam kalimat yang kasar pula. Usahakan tidak memanggil orang lain ‘anata’ kalau kalian sudah mengenalnya, sebab dianggap perilaku kasar.

2. Kimi

Selanjutnya ada kimi, biasanya kimi akan dipakai untuk bercakap-cakap dengan teman seumuran. Kalian juga menggunakannya untuk memanggil seseorang yang usianya lebih muda. Karena kesan akrab yang ada, sebaiknya kalian tak menggunakannya untuk memanggil orang yang baru pertama bertemu.

Kata kimi juga bisa kalian temukan di lagu, anime, atau drama. Ini karena kesannya yang netral dan bisa untuk gender wanita dan pria. Jangan khawatir, kalian tetap bisa menggunakannya untuk bercakap-cakap secara kasual kok.

3. Omae

Variasi bahasa Jepang kamu lainnya adalah omae. Omae umumnya hanya digunakan oleh anak laki-laki karena punya kesan yang maskulin. Namun ingat, kalian hanya bisa menggunakannya jika sudah dekat dengan lawan bicara. Kalau kalian memakainya untuk orang yang baru kalian kenal, maka termasuk kata-kata kasar.

Sebagaimana kimi, kalian juga bisa menemukan omae di berbagai tayangan anime. Salah satu anime yang sering menggunakan omae adalah One Piece, kalian bisa melihatnya saat Zoro memanggil Luffy, Zoro juga menggunakannya untuk memanggil kawan lainnya.

Variasi Lainnya

blank

1. Anta

Kalian juga bisa memendekkan anata dengan anta, agar terkesan lebih kasual. Tapi karena sudah lebih pendek, maka ada kesan kurang formal, jadi pastikan bisa menggunakannya dengan bijak ya.

2. Temee

Kata lainnya adalah temee, temee bisa kalian temukan ketika karakter anime marah-marah. Temee memang identik dengan kemarahan, jadi tak jarang kata ini punya kesan mengejek dan merendahkan lawan bicaranya. Meski umum kalian temukan di anime, bukan berarti kalian bisa menggunakannya ketika bercakap-cakap dengan orang lain.

3. Kisama

Serupa dengan temee, kisama juga punya marah dan kasar. Keduanya merupakan kata panggilan yang tak sopan dan sebaiknya tak kalian gunakan untuk bercakap-cakap. Meski memang benar-benar ada, tapi orang Jepang tak pernah menggunakan kisama untuk memanggil orang lain.

Bercakap-Cakap dengan Sopan

Ketika berbicara dengan bahasa Jepang, pastikan kalian menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Dalam bahasa Jepang, ada berbagai tingkatan bahasa, dari yang formal dan sopan, kasual, hingga kasar. Pastikan juga menimbang posisi lawan bicara, apakah lebih tinggi atau lebih rendah.

Jika tak ingin menyinggung orang lain, gunakan kata-kata yang sopan dan netral. Mengikuti pembicaraan sesuai dengan konteks dan lawan bicara juga merupakan kesopanan. Semoda dengan mengetahui variasi bahasa jepang kamu ini, kalian lebih mahir berbahasa Jepang.