Ketahui Tingkatan Level JLPT, Kecakapan Bahasa Jepang

Tingkatan Level JLPT

JLPT atau Japanese Languange Proficiency Test adalah sebuah langkah untuk mendapatkan sertifikat kecakapan bahasa Jepang secara resmi. Sertifikat ini kerap menjadi incaran banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikan atau bekerja di Jepang. Dalam proses ujiannya, kamu akan menemukan beberapa tingkatan level JLPT dengan kemahiran masing-masing. 

Mengenal Tingkatan Level JLPT

Tes JLPT

Setidaknya ada 5 tingkatan resmi dalam sertifikasi bahasa Jepang. Fungsinya juga bisa beragam. Tetapi, umumnya sertifikat yang menjadi syarat pendidikan, beasiswa, dan pekerjaan ada di tingkat N2 atau N1. N2 dan N1 adalah level sertifikat tertinggi, sedangkan N5 adalah yang paling rendah. Apa saja yang menjadi poin pertimbangan sertifikasi kecakapan bahasa Jepang? Berikut ini adalah uraian poin dari N5 hingga N1.

Level JLPT N5

N5 adalah tingkatan level JLPT yang paling rendah sebelum naik ke N4 hingga N1. Pada N5, kamu wajib untuk memahami frasa, kalimat, hingga paragraf pendek menggunakan kanji dasar. Jadi, kamu tidak bisa mengikuti N5 hanya dengan mengandalkan hiragana dan katakana saja. Selain itu, kamu juga harus bisa memahami dialog dan informasi tentang kehidupan sehari-hari dalam kecepatan audio normal. Inilah poin yang jadi patokan:

  1. Menguasai dan mampu membaca setidaknya 100 kanji
  2. Menguasai setidaknya 800 macam kosakata
  3. Bisa membaca dan memahami tulisan hiragana, katakana, dan kanji dasar

Level JLPT N4

Jika sudah berhasil lulus sertifikasi JLPT N5, kamu bisa lanjut ke level berikutnya di N4. Pada level ini, kamu harus mampu memahami serta membaca kalimat menggunakan kanji. Topik yang biasa jadi bahan adalah topik yang cukup familiar untuk non-penutur bahasa Jepang. Sedangkan untuk pendengaran, kamu harus mampu memahami percakapan sederhana secara lisan perlahan. Untuk lulus N4, kamu harus:

  1. Menguasai dan mampu membaca setidaknya 300 kanji
  2. Menguasai setidaknya 1500 macam kosakata dalam bahasa Jepang
  3. Memahami materi sederhana dan percakapan sehari-hari

Level JLPT N3

Tingkatan Level JLPT

Kemudian, sertifikasi lanjut ke tingkatan level JLPT N3. Tingkat ini mengharuskan kamu untuk memahami kalimat secara spesifik. Biasanya N3 menggunakan topik kehidupan sehari-hari sebagai soal tes. Kamu juga wajib mampu mendengar sekaligus memahami cerita dan maksud dari kalimat percakapan sehari-hari. Berikut ini adalah poin yang menjadi bisa jadi patokan sebelum mengikuti N3.

  1. Menguasai dan mampu membaca setidaknya 650 kanji
  2. Menguasai paling tidak 3750 kosakata 
  3. Mampu memahami pembahasan artikel ringan dan mengerti percakapan dalam bahasa Jepang di kecepatan normal

Tingkatan Level JLPT N2

Selanjutnya ada di level N2 yang menjadi syarat minimum untuk mendaftar pekerjaan dan pendidikan. Dalam tingkat ini, kamu harus bisa mengerti dan paham tentang tesis utama dari sebuah artikel pada majalah atau surat kabar. Kamu juga wajib bisa mendengar dan lancar dalam memahami percakapan bahasa Jepang yang lebih tinggi dari N3. Untuk lulus N2, kamu harus bisa menguasai:

  1. Menguasai dan mampu membaca 1000 kanji
  2. Menguasai kosakata paling tidak 6000 buah
  3. Memahami artikel dan percakapan berita secara umum

Level JLPT N1 

Di paling akhir, ada tingkatan level JLPT N1 yang menjadi tingkat tertinggi. Jika kamu mendapat sertifikat ini, maka sudah bisa memahami bahasa Jepang dengan sangat baik. Di sini, kamu akan mendapat ujian membaca baris demi baris dalam bahasa Jepang. Untuk pendengaran, kamu wajib memahami bermacam jenis percakapan dengan kecepatan alami. Sesuai dengan pemahaman penuh mengenai cara berbicara bahasa Jepang.

  1. Menguasai dan mampu membaca 2000 kanji
  2. Menguasai 10000 kosakata dalam bahasa Jepang

Demikianlah penjelasan tentang beberapa tingkatan level JLPT untuk sertifikasi kecakapan bahasa Jepang. Kamu bisa melakukan tes ini di beberapa kota Indonesia dengan biaya 100 ribu hingga 200 ribuan per tingkat.