Analisis One Punch Man 176: Psykos Melihat God

blank

One Punch Man 176 akhirnya memperlihatkan apa yang dilihat Psykos ketika menggunakan mata ketiga. Sampai saat ini, banyak fans yang masih penasaran mengenai ‘sesuatu’ yang dilihat Psykos, hingga menyebabkannya jadi gila. Kini fans akhirnya tahu apa yang terjadi.

Di chapter sebelumnya, kalian bisa melihat Fubuki yang pergi untuk bertemu Psykos. Namun sekelompok orang yang mengaku sebagai Tsukuyomi sudah menemui Psykos lebih dulu. Berikut adalah analisis lengkap terkait One Punch Man 176.

Penjelasan Kemampuan Psykos

One Punch Man 176

Judul dari One Punch Man 176 adalah Epicenter, yang dibuka dengan backstory Psykos. Kalian bisa melihat bagaimana masa muda Psykos ketika ia masih SMA. Psykos muda tampak senang dan bersemangat melihat Society for Supernatural Research mengalami kenaikan anggota. Ia juga sering memberikan berita update terbaru pada Fubuki.

Di chapter ini, kalian bisa melihat kesungguhan Psykos yang ingin jadi lebih kuat. Psykos juga mengakui bahwa Fubuki jauh lebih kuat darinya. Untuk meningkatkan kemampuannya, ia mempelajari tekhnik baru bernama Third Eye. Dengan kemampuan tersebut, Psykos bisa lebih jauh melihat masa depan.

Tujuan utamanya mengembangkan Third Eye adalah membantu organisasi agar makin besar, sehingga bisa mengalahkan Tatsumaki, rival mereka. Tak hanya itu, Psykos juga ingin kemampuan memprediksi masa depan, serupa dengan kemampuan Great Prophet Shibabawa.

Setelah mampu menguasai Third Eye, Psykos sering mengalami sakit kepala mendadak dibarengi dengan kilasan prediksi masa depan. Berdasarkan apa yang Psykos lihat, akan ada kekacauan di masa depan karena manusia bertindak serakah terhadap alam. Khawatir dengan apa yang terjadi, Psykos berpendapat bahwa manusia harus dimusnahkan dari dunia.

Kedatangan Tatsumaki

blank

One Punch Man 176 kemudian berlanjut dengan flashback antara Fubuki dan Psykos. Keduanya sempat bertarung ketika insiden Gorou, dari pertarungan tersebut Fubuki berhasil mengalahkan Psykos. Ketika Fubuki mencoba masuk ke pikiran Psykos untuk mengetahui masa depan, ia melihat tubuh besar yang menutupi seluruh bumi.

Meski Fubuki tak tahu milik siapa tubuh tersebut, fans akhirnya tahu bahwa Psykos memprediksi kedatangan God ke bumi di masa depan. Scene kemudian berpindah lagi ke masa kini, memperlihatkan Fubuki yang menghadang anggota Tsukuyomi mengunjungi Psykos.

Tak hanya menghadang, Fubuki juga memperingatkan semua orang untuk keluar dari ruangan tersebut, mengingat Tatsumaki akan datang. Fubuki bahkan mengatakan bahwa Tatsumaki akan memenjarakan Psykos. Padahal kenyataannya tak demikian, Tatsumaki-lah yang meminta Fubuki untuk membantu agar Psykos tetap aman.

Di One Punch Man 176 ini, fans akhirnya juga tahu bahwa pihak yang ada di belakang Tatsumaki adalah Tsukuyomi. Ketika akhirnya Tatsumaki datang dan ‘menyerang’ Psykos, tempat tersebut mulai rusak dan berantakan. Fubuki yang datang bersama Saitama merasa bersyukur, sebab Fubuki yakin bahwa Saitama adalah orang yang mengalahkan Garou.

Sayangnya ketika dua esper ini bertarung, lantai di bawah mereka tetiba merekah, membuat Saitama jatuh ke dalamnya. Lantai tersebut tepat diatas fasilitas Special Internment, dimana banyak Demon Level Monster Containment.

Karena Saitama jatuh ke dalam ruangan tersebut, kemungkinan Saitama harus mengalahkan semua monster sebelum ia naik ke atas dan menyelesaikan masalah yang terjadi. Kemungkinan fokus cerita akan bergeser ke Saitama yang terjebak bersama monster untuk chapter mendatang.

Dari One Punch Man 176 ini, ada banyak hint yang akhirnya menjawab pertanyaan fans. Misalnya mengenai masa lalu Psykos, apa yang dilihat Psykos, dan siapa pihak yang ada di belakang Tatsumaki.