5 Tips Cara Belajar Kanji Mudah Untuk Pemula

Cara belajar kanji mudah

Jepang memiliki banyak daya tarik mulai dari animasi, budaya, bunga sakura, hingga makanannya. Maka dari itu, banyak orang tertarik ingin mengunjungi dan mencoba mempelajari bahasa jepang. Berbeda dengan huruf alphabet yang sering kita jumpai, di Jepang terdapat 3 jenis huruf yang biasa orang pakai yaitu huruf katakana, hiragana dan kanji. Bagaimana dengan sistem cara belajar kanji?

Huruf kanji sendiri relatif lebih sulit untuk orang luar pelajari karena huruf ini hanya memiliki makna di setiap kata. Sedangkan di alphabet, per hurufnya memiliki makna  satu huruf. Sebagian orang, termasuk masyarakat indonesia yang terbiasa dengan alphabet, tentu akan kesulitan untuk menguasai kepenulisan huruf kanji. 

Tentu saja hal tersebut memberikan tantangan tersendiri bagi kamu yang ingin mahir bahasa Jepang. Hal inilah yang seringkali membuat pemula menjadi pesimis untuk bisa belajar. Untuk kamu yang mau belajar kanji dan kesulitan, simak cara belajar kanji berikut ini untuk meningkatkan kemampuanmu.

Cara Belajar Membaca Kanji

Cara baca kanji

Hal yang wajib kamu ketahui sebelum belajar kanji adalah kamu harus mengetahui bagaimana cara membaca kanji. Kanji di Jepang dapat kamu baca dengan menggunakan 2 metode. Berikut metode yang digunakan untuk membaca kanji di jepang :

Onyomi atau Cara Baca Cina

Kanji pada awalnya memang berasal dari bahasa Cina. Maka dari itu, di Jepang ada cara membaca onyomi. Cara membaca onyomi adalah suatu cara untuk membaca kanji yang menurut telinga orang Jepang hampir sama dengan cara membaca orang Cina. 

Kunyomi atau Cara Baca Ala Orang Jepang

Sebelum kanji muncul, Jepang telah memiliki bahasa lisan asli. Setelah huruf tersebut muncul ke permukaan, bahasa lisan masyarakat Jepang lebih lekat ke kanji dan menciptakan akulturasi bahasa dan melahirkan cara belajar kanji yang berbeda dari onyomi. 

Perbedaan cara baca onyomi dan kunyomi terletak pada penggunaanya. Biasanya, onyomi baru berfungsi apabila terdapat gabungan huruf dalam satu kata. Sedangkan kunyomi, biasanya digunakan untuk tulisan kanji yang bisa berdiri sendiri dan dengan tulisan hiragana setelahnya.

Tips Cara Belajar Kanji Mudah Untuk Pemula

Tips belajar huruf kanji

Setelah kamu mengetahui cara membaca kanji, lanjutkanlah ke langkah berikutnya, yaitu belajar huruf kanji. Tentu kamu akan kesulitan jika harus menghafal huruf ini menggunakan metode satu per satu karena kanji sendiri ada lebih dari 50.000 kata. Maka dari itu, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk mempermudah mempelajari huruf kanji.

Berikut adalah beberapa tips cara belajar kanji yang bisa kamu praktekkan.

  1. Tulislah huruf kanji untuk setiap benda yang kamu temui. Latihan ini akan membuat kamu lebih cepat menghafal kanji.
  2. Rutin menghafal dan membaca 10 kanji berbeda setiap hari. Hal ini akan mempercepat kamu untuk menghafal kanji baru.
  3. Menghafal urutan kepenulisan huruf kanji jepang. Kanji memiliki aturan penulisan yang berbeda dengan huruf lainnya. Maka dari itu, kamu harus menghafal urutan kepenulisannya.
  4. Cobalah belajar menggunakan aplikas cara belajar kanjii yang ada di internet. Di era sekarang banyak tersedia aplikasi kuis dan materi mengenai huruf kanji jepang.
  5. Temukan cara belajar menyenangkan. Kamu bisa mencoba mempelajari huruf ini dengan membaca novel, artikel atau berita bertuliskan kanji. Kamu juga bisa menggunakan permainan flashcard untuk menghafal agar lebih memacu antusiasme.

Demikian penjelasan lengkap mengenai tips cara belajar kanji mudah bagi pemula. Untuk bisa mahir kamu harus sering berlatih, belajar dan jangan lupa untuk mempraktekkan tips di atas.