3 Rekomendasi Website Belajar Bahasa Jepang Terbaik

website belajar bahasa jepang

Belajar bahasa Jepang memang memiliki banyak sumber sebagai referensi pembelajaran utama. Salah satu contoh referensi yang bisa jadi pilihan adalah website dengan konten bahasa Jepang di dalamnya. Di era modern seperti ini, kamu bisa menemukan berbagai macam situs dengan mudah. Cukup dengan membuka browser, kamu sudah bisa mengakses website belajar bahasa Jepang secara gratis.

Kelebihan dari menggunakan website adalah lebih fleksibel untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Kemudian, dengan basis website, artinya kamu bisa mengakses tempat belajar ini dari berbagai perangkat. Android dan perangkat desktop bisa sama-sama membuka situs yang sama. Karena itulah, berikut sudah ada beberapa pilihan rekomendasi website yang memiliki konten belajar bahasa Jepang di dalamnya.

Situs NHK World

situs belajar nhk

NHK World adalah sebuah situs yang berisi berbagai informasi tentang Jepang. NHK menjadi salah satu layanan internasional yang berasal dari Jepang. Di dalam sini terdapat ada banyak berita dan informasi lain tentang Jepang dan Asia. Salah satu programnya adalah melalui website belajar bahasa Jepang. Sekarang, sudah ada versi bahasa Indonesia di dalam situsnya.

Di sini, kamu akan menemukan dua cara untuk mempelajari bahasa Jepang. Metode tersebut adalah berdasarkan daftar pelajaran yang ada  atau mencari temanya secara manual. Kelebihan dari situs ini adalah memiliki visualisasi dan audio yang baik untuk membantumu dalam memahami bahasa Jepang.

Kelebihan lainnya dari website bahasa Jepang ini adalah kontennya yang bisa diunduh secara gratis. Pada masing-masing pelajaran, kamu akan mendapat satu kata kunci yang harus jadi perhatian. Tidak hanya daftar pelajaran yang ada, situs ini juga memiliki daftar huruf hiragana, katakana, dan kanji. Ada juga berbagai kosakata lain seperti onomatope, pembelajaran lewat kuis, hingga materi tambahan.

Website Belajar Bahasa Jepang WKWKJapan

rekomendasi kursus gratis

WKWKJapan adalah sebuah badan yang bergerak di bidang pendidikan dan karir bahasa Jepang. WKWK mengandalkan jaringan internet sebagai media utama, salah satunya adalah melalui website ini. Dengan begitu, mereka bisa memberikan layanan ke seluruh Indonesia secara online. Salah satu konten utamanya adalah memberikan layanan pembelajaran bahasa Jepang.

Situs ini memiliki materi dan pembelajaran yang cukup lengkap. Contoh materi yang ada adalah tentang tentang kosakata, pemahaman pola kalimat, kata petunjuk, partikel, perbandingan, dan masih banyak lagi. Tentu saja ada materi untuk perkenalan sebagai awal agar lebih mudah. Bahkan, website belajar bahasa Jepang ini memberikan pembelajaran khusus percakapan SMA hingga untuk dunia kerja.

Tidak sampai di situ, jika kamu ingin memiliki kursus gratis, situs ini juga memberikan layanan tersebut. Kursus gratis ini berlaku dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Nantinya, pembelajaran akan dimulai melalui platform media sosial Facebook. Selain itu, situs ini juga memberikan pembelajaran untuk persiapan tes JLPT.

Belajar Bahasa Jepang di Quizlet

kuis bahasa jepang

Rekomendasi website belajar bahasa selanjutnya adalah Quizlet yang mengusung konsep kuis. Quizlet memberikan fitur yang interaktif dengan setiap pengunjungnya. Dengan kuis ini, kamu bisa mengasah kemampuan serta pemahaman bahasa Jepang. Salah satu kuis yang ada di sini adalah mencocokkan kata satu sama lain. Akan ada tiga tingkat kesulitas utama di Quizlet, yaitu mudah, medium, dan susah. 

Kemudian situs ini juga memiliki nilai skor dan level bertingkat. Semakin banyak skor yang bisa kamu raih, semakin besar pula level yang harus kamu dapat. Situs ini memberikan fasilitas utama untuk para pelajar dengan metode flashcard. Jadi, kurang lebih sistemnya cocok untuk dunia sekolah.

Itulah penjelasan tentang 3 rekomendasi website belajar bahasa Jepang. Selain website rekomendasi di atas, kamu juga bisa memahami dan belajar melalui aplikasi bahasa Jepang yang terpasang ke perangkat.