Belajar Bahasa Jepang Lewat Youtube? Ini 5 Kanal Terbaiknya!

blank
Learn Japanese language online concept with a person showing e-learning app on mobile phone with the flag of Japan

Belajar bahasa Jepang lewat Youtube bisa jadi alternatif murah untuk kalian yang ingin lebih mahir. Selain mudah, kalian juga bisa melakukannya secara fleksibel sesuai dengan jadwal harian yang dimiliki.

Ternyata ada banyak kanal Youtube yang bisa kalian jadikan media belajar. Berikut enam kanal Youtube yang akan membantu, masing-masing menyediakan video yang bisa kalian tonton tanpa membayar. Kalau rajin, pasti tak butuh waktu lama untuk menguasai bahasa negeri bunga sakura ini..

5 Kanal Youtube untuk Belajar Bahasa Jepang

belajar bahasa jepang lewat youtube

1. JapanesePod101

Jika kalian ingin belajar bahasa Jepang dengan ringkas, cepat, dan menyenangkan, silahkan buka video-video belajar dari JapanesePod101. Tersedia beberapa video yang bisa kalian sesuaikan dengan kemampuan, mulai dari pemula, menengah, dan lanjutan.

Tak hanya mengajarkan tata cara berbicara dengan benar, kalian juga akan belajar menulis dengan aksara Jepang. Ada pula video khusus untuk membedah berbagai rumus tata bahasa Jepang, jadi kalian bisa mempelajarinya lebih mudah.

2. Learn Japanese from Zero

Mempelajari bahasa Jepang memang butuh usaha yang lebih, selain tata bahasa, kalian juga harus familiar dengan tulisannya. Untuk yang ingin belajar lebih dalam secara perlahan, bisa lewat kanal Learn Japanese from Zero.

Kanal ini menyediakan video pendek berdurasi 5 menit, jadi kalian bisa menontonnya sembari menunggu atau di sela-sela kegiatan. Meski hanya 5 menit, kalian bisa belajar bahasa Jepang dengan lebih dalam.

3. Japan Society NYC

Rekomendasi belajar bahasa Jepang lewat Youtube juga bisa kalian lakukan lewat kanal Japan Society NYC. Kanal ini merupakan organisasi Amerika berjangka panjang yang akan membantu kalian belajar bahasa Jepang dengan bahasa Inggris.

Setiap materi akan dibagi sesuai tema, misalnya kalimat sapaan, kalimat yang bisa digunakan untuk beraktifitas, pembagian nomor, hingga warna. Tiap video akan memberikan grafik yang cantik untuk memudahkan kalian belajar.

4. Learn Japanese From Scratch

Jika ingin punya basic bahasa Jepang yang bagus, kalian bisa belajar lewat Learn Japanese from Scratch. Dalam kanal ini ada berbagai video menarik yang akan membantu kalian membedakan tiap konotasi, kata vocal, dan tata bahasa di bahasa Jepang.

Tak ada host dalam video mereka, sebagai gantinya kalian akan mendapatkan teks tulisan berbahasa Inggris dengan audio. Sesuai dengan namanya, kanal ini punya pace belajar yang pas, jadi kalian tak akan kesulitan untuk mengikutinya.

5. FluentU

Belajar bahasa Jepang juga bisa kalian lakukan lewat kanal FluentU. Kanal ini berfokus mengajarkan bahasa Jepang dengan ringkas, jelas dan pendek. Ada berbagai video menarik yang rilis secara berkala untuk membantu kalian menguasai bahasaini.

FluentU juga menyediakan video otentik berbahasa Jepang, mulai dari klip video, trailer film, hingga berita, kemudian mengubahnya menjadi media belajar yang menyenangkan. Kalian bisa belajar dengan cepat menggunakan kanal Youtube ini.

Siap Belajar Bahasa Jepang?

blank

Untuk mempelajari suatu bahasa, memang butuh waktu yang lama. Berbeda dengan bahasa Inggris yang sudah menggunakan aksara alphabet romawi, bahasa Jepang punya tiga model tulisan yang saling bersinggungan satu sama lain.

Jadi selain mempelajari tata bahasanya, kalian juga harus mempelajari bentuk tulisan bahasa Jepang. Meski begitu, bukan tak mungkin belajar bahasa Jepang tanpa pendidikan formal, buktinya banyak yang sudah berhasil berbahasa Jepang dengan cara otodidak ini.

Rekomendasi akun Youtube untuk belajar bahasa Jepang tersebut semoga membantu kalian. Kini dengan perkembangan teknologi, kalian bisa belajar bahasa asing dengan lebih mudah.