10 Kosakata Anime Bahasa Jepang Untuk Percakapan Lancar

blank

Kosakata anime bahasa Jepang memang beragam, namun hati-hati saat menggunakannya, ya. Pasalnya banyak kosakata tersebut ternyata terlalu aneh kalau kalian gunakan di percakapan biasa. Apalagi kalau kalian menggunakannya sembarangan, bisa jadi kalian dianggap tak sopan ketika bersosialisasi.

Supaya tak salah memilih kosakata, berikut adalah daftar kata dari anime yang bisa kalian pakai di kehidupan nyata. Ada penjelasan terkait kosakata tersebut, jadi kalian tak akan bingung ketika memakainya saat berbicara dengan warga lokal Jepang.

Kosakata Anime Bahasa Jepang yang Bisa Kalian Gunakan

Kosakata anime bahasa Jepang

1. Doki Doki

Kosakata doki-doki tentu tak asing buat kalian, kata ini bisa kalian temukan dengan mudah di anime romantis komedi atau shojo. Secara terjemahan, doki-doki merupakan suara jantung yang berdetak. Kata ini seringnya menjadi onomatope di background manga.

2. Waku Waku

Selanjutnya adalah waku-waku, kata ini populer karena Anya Forger dari Spy x Family sering menggunakannya sepanjang seri berjalan. Waku waku lebih berarti keadaan senang dan bersemangat. Anya menggunakannya ketika menonton kartu mata-mata kesukaannya yang tayang di TV.

3. Makasetoke

Makasetoke artinya ‘serahkan (hal itu) padaku’, tapi ingat, makasetoke bukan berarti kata perintah bermakna negative. Karakter utama manga shounen sering mengatakan makasetoke atau makasete, versi yang lebih pendek. Di percakapan normal, kalian bisa menambahkan kudasai untuk membuatnya jadi lebih sopan.

4. Saiaku – Saiko

Kosakata anime bahasa Jepang lain yang bisa kalian gunakan adalah saiaku dan saiko. Saiaku artinya situasi yang buruk atau sesuatu yang buruk. Kebalikannya dengan saiko, saiko merupakan sesuatu yang baik atau bagus. Kalian juga bisa menggunakan kata saitei, yang artinya kurang lebih sama dengan saiaku.

5. Matte Kudasai

Kata ini bisa jadi kosakata wajib yang harus kalian pelajari selama singgah di Jepang, matte kudasai atau chotto matte kudasai berarti tunggu sebentar. Kalian bisa menggunakannya hampir di semua percakapan, bersama teman, atasan, bahkan keluarga. Versi yang lebih formal dari matte kudasai adalah omachi kudasai.

6. Mendokusei

Siapa yang tak mengenal mendokusei? Kata ini sering wara wiri di anime, j-drama, bahkan manga. Mendokusei merupakan kata yang kalian gunakan untuk mengekspresikan perasaan sebal, bisa juga kalian gunakan ketika kalian terpaksa melakukan sesuatu.

7. Mukatsuku

Selain mendokusei, kalian bisa menggunakan mukatsuku untuk mengekspresikan rasa sebal, meski dengan konteks yang berbeda. Biasanya mukatsuku digunakan sebagai kata sifat dan ditunjukkan untuk objek tertentu. Gunakan mukatsuku ketika kalian merasa kecewa, marah atau sebal ya, tapi ingat untuk tak memakainya sembarangan.

8. Sugoi

Kalau kalian butuh variasi kata lain untuk saiko, gunakan sugoi. Sugoi adalah kosakata simpel yang bisa kalian gunakan untuk menunjukkan sesuatu yang keren, bagus, atauu menarik. Jika kalian ingin menggunakannya dengan lebih formal dan sopan, bisa tambahkan desu di bagian akhirnya.

9. Ah, Ittaa

Jika kalian terjatuh, tertabrak sesuatu dan membuat kalian kesakitan, frasa ah ittaa bisa kalian ucapkan. Jika mendapat terjemahan, kata ini berarti ah sakit. Kalian bisa menggunakannya di berbagai kesempatan, tanpa ada aturan pemakaian kalimatnya. Ini bisa jadi kosakata anime bahasa Jepang yang bisa kalian gunakan di percakapan kasual.

10.Ganbate

Mereka yang familiar dengan bahasa Jepang tentu tak asing dengan ganbate, kata yang berarti semangatlah ini bisa kalian tunjukkan pada siapa saja. Jika ingin terdengar lebih advance, kalian bisa gunakan ousen shimasu, yang artinya aku akan mendukungmu.

Ternyata belajar bahasa Jepang tak sulit untuk dilakukan bukan? Dengan kosakata anime bahasa Jepang ini, memahami dan mempelajari bahasa tersebut tak akan sesulit bayangan kalian.