Review Anime Parasyte, Aksi Berbalut Teror Alien

blank

Bagaimana rasanya ketika badan yang kalian miliki tak bisa lagi dikendalikan? Tak hanya bingung, kalian mungkin akan panik dan tak bisa mengendalikan diri. Itulah yang terjadi dalam anime berjudul Parasyte. Review anime Parasyte akan mengisi rubrik review kali ini.

Parasyte merupakan anime adaptasi manga berjudul Kiseijuu: Sei no Kakuritsu atau Parasyte: The Maxim. Rilis pada 2014, anime garapan Madhouse ini mendapatkan atensi besar dari animelovers di seluruh dunia.

Sinopsis Anime Parasyte

blank

Kisah Parasyte dimulai ketika ada alien berbentuk cacing yang melakukan invasi ke Bumi. Mereka akan masuk ke dalam otak manusia lewat telinga atau hidung, kemudian mengendalikan manusia dan menjadikannya makhluk kanibal.

Salah satu alien tersebut gagal melakukan invasi ke otak seorang anak muda, Izumi Shinichi. Izumi berhasil mengagalkannya karena ia tidur menggunakan headphone, yang membuat alien tersebut hanya berhasil menembus tangan kanannya saja.

Makhluk ini kemudian mendapatkan nama Migi dari Izumi, yang membuat keduanya mau tak mau harus bekerja sama. Di luar para alien sudah melakukan invasi dan membuat kekacauan, menjadikan alien ini parasite yang sebenarnya. Tugas Izumi dan Migi adalah menjaga agar mereka tetap hidup sembari mengalahkan parasite yang lepas kendali.

Brutal dengan Genre Body Horor

sinopsis dan review anime parasyte

Kiseijuu menjadi anime yang mencolok dengan tema body horror dan pembantaian manusia. Visualiasi anime ini juga cukup apik dengan guratan grafis garis terang-gelap yang kontras. Penonton juga bisa langsung membedakan mana manusia-parasite dan yang bukan dengan wajah mereka.

Namun kesulitan Migi dan Izumi makin besar ketika para alien-parasit ini melakukan evolusi. Mereka mulai belajar cara menjadi manusia, sehingga mulai sulit membedakan mana manusia-parasite dan mana yang masih manusia asli.

Kalau kalian suka dengan anime genre gore dan aksi, maka Kiseijuu bisa jadi pilihan yang tepat. Pada tiap episode porsi aksi dan penjelasan plotnya cukup padat dan mudah dipahami. Kalian yang tak membaca manga pun bisa langsung tahu bagaimana alur cerita anime ini.

Developmet Character yang Apik

blank

Review anime Parasyte tak akan lengkap tanpa membahas keunggulan dari anime ini. Parasyte: The Maxim bisa unggul bukan hanya karena plot dan aksinya yang menarik, namun juga pengembangan karakternya yang sempurna.

Awalnya Izumi adalah pribadi penakut, ia tak mau melawan manusia-parasite lain sehingga mengharuskan Migi yang menyelesaikan hampir semua konflik. Namun dengan perjalanan tiap episode, Izumi mulai memiliki keberanian dan keinginan untuk bertarung.

Hal yang sama juga terjadi pada Migi, alien ini dulunya hanya bertindak egois tanpa mementingkan kebutuhan atau keadaan Izumi. Lambat laun, Migi mulai sadar ia tak bisa hidup sendiri tanpa adanya Izumi. Migi juga mulai mengembangkan sisi humanisnya dan sering membantu Izumi membuat berbagai keputusan.

Rushed Plot di Penghujung Kisah

review anime parasyte

Kalau kalian sudah baca manga-nya, pasti sedikit terasa dalam 4-5 episode terakhir pace cerita menjadi lebih cepat. Episode akhirnya juga terkesan klise dan mudah ditebak, memberikan kesan terburu-buru dan setengah jadi. Plot hole utama mengenai siapa alien ini, asal usul dan alasan mereka melakukan invasi ke Bumi juga tak ada penjelasan.

Namun secara keseluruhan anime ini masih cukup layak untuk kalian nikmati. Apalagi Kiseijuu juga berhasil membangun emosi penonton untuk merasakan thriller dan horror dari kisahnya. Review anime Parasyte ini semoga membuat kalian tertarik untuk menonton animenya ya.