Review Anime Kimi no Nawa, Kisah Cinta Lintas Waktu

Rekomendasi anime

Dari sekian banyaknya anime, pastinya kamu sudah pernah mendengar nama Kimi no Nawa. Jika belum, Kimi no Nawa sendiri adalah sebuah anime yang memiliki peminat dari seluruh dunia. Makoto Shinkai berhasil meraih kesuksesan besar dari film animasi ini. Setelah munculnya anime ini, Makoto terus berusaha untuk membuat kisah menarik baru hingga kemudian ia merilis movie baru berjudul Tenki no Ko. Memangnya apa sih yang menarik dari anime Kimi no Nawa?

Alur Cerita

Rekomendasi anime

Kimi no Nawa atau Your Name menceritakan tentang sebuah kisah tentang Mitsuha Miyamizu yang bertukar tubuh dengan Taki Tachibana secara kebetukan. Mitsuha sendiri adalah gadis yang hidup di pedesaan yang ada di itomori sekaligus pewaris kuil Miyamizu. Dia juga kerapkali ikut andil dalam pembuatan sake dan mempersembahkannya kepada Para Dewa. Sebagai orang dari desa, Mitsuha punya satu mimpi dimana ia ingin pergi ke Tokyo dan bertemu dengan orang kota sana. 

Sedangkan Taki tachibana sendiri adalah sosok yang bertolak belakang dengan Mitsuha. Taki tinggal di kawasan Tokyo dan beraktivitas sebagai pelajar. Dia juga sering menyempatkan waktunya untuk bekerja paruhw waktu untuk mendapatkan uang tambahan. Kemudian, kisah anime Kimi no Nawa berawal ketika Mitsuha menyadari ada yang aneh pada tubuhnya yang berubah menjadi laki-laki. Tapi, ia hanya menganggap semua itu sebagai mimpi. Hal ini juga terjadi pada diri Taki hingga akhirnya mereka berdua sadar. 

Begitu tersadar, Mitsuha dan Taki pun saling membuat catatan tentang apa saja peraturan selama bertukar tubuh. Mereka juga saling berbagi informasi melalui catatan. Hingga sampai saat nenek dari Mitsuha menanyakan keadaan cucunya itu, “Mitsuha, apa kamu bermimpi?”. Saat itu, kondisi mereka sedang bertukar tubuh sehingga orang yang diajak berbicara tersebut adalah Taki. Sejak hari itu, tidak ada lagi bertukar tubuh, tidak ada lagi keanehan yang terjadi. Kemudian, muncullah rasa sepi di antara mereka.

Kisah Dramatis di Antara Dua Karakter

Anime kimi no nawa

Kisah mereka tidak berhenti sampai di situ. Dalam anime Kimi no Nawa, Taki berusaha untuk mengetahui seluk-beluk dan semua yang berkaitan dengan Mitsuha. Hingga akhirnya dia mengetahui bahwa tempat tinggal Mitsuha, Itomori, adalah lokasi yang pernah dihantam satu meteor beberapa tahun sebelumnya. Dengan kata lain, Mitsuha telah tiada. Kebanyakan orang akan berpikir seperti itu. Sayangnya, cerita Kimi no Nawa tidaklah semudah itu. 

Akan ada banyak misteri dan kejanggalan antara Mitsuha dan Miyamizu. Terutama ketika Taki mengunjungi puncak bukit dimana Mitsuha menaruh persembahan sakenya untuk Dewa. Dari sini, muncullah sebuah kejadian epik dimana Mitsuha dan Taki bisa saling berkomunikasi kejadian supranatural bernama Kataware-Doki. Permainan memutar balik waktu dan plot cerita, karakter yang ekspresif, semua bersatu padu menjadi adegan yang memikat hati. 

Kualitas Grafis Kimi no Nawa

Review kimi no nawa

Satu hal yang tidak boleh lupa adalah kualitas grafik super dari Kimi no Nawa. Karena ini juga popularitas anime ini terus meningkat dan masih terus bertahan hingga kini. Saat ini masih banyak juga penggemar yang menjadikan Your Name sebagai salah satu anime terbaiknya. Puncak adegan yang memiliki grafik terbaik adalah ketika hantaman meteor di Itomori dan peristiwa Kataware-Doki yang ada di puncak bukit.

Itulah review dari anime Kimi no Nawa atau Your Name yang seringkali jadi perbincangan. Overall, anime ini tergolong sangat bagus dan cocok menjadi rekomendasi anime selama liburan, nonton bareng, atau sekadar hiburan semata. Kalau penilaian dalam bentuk angka, anime ini cocok untuk mendapatkan nilai 9 / 10.