Review Anime Fire Force, Apakah Worth Watching?

blank

Seri anime Fire Force atay En’en no Shobotai merupakan adaptasi manga berjudul sama yang ditulis oleh Atsushi Okubo. Animenya tayang pada Juli hingga Desember 2019 lalu dengan David Production sebagai studio penggarapnya. Musim keduanya tayang kemudian tpada Juli 2020.

Fire Force merupakan seri shonen bergenre aksi dengan karakterisasi yang menarik. Dengan premis yang unik, kalian akan melihat bagaimana regu pemadam kebakaran khusus menyelesaikan misi mereka. Berikut adalah review anime Fire Force secara ringkas.

Sinopsis Fire Force

review anime fire force

Cerita seri ini mulai pada tahun 198 era Solar di Tokyo, Jepang. Dalam scene awalnya, kalian akan melihat perjuangan Special Fire Force yang sedang menghadapi fenomena aneh bernama Spontaneous Human Combustion. Seseorang yang terkena fenomena ini akan tiba tiba terbakar dan menjadi api inferno hidup bernama Infernals.

Infernal adalah generasi pertama dari manusia yang tiba-tiba berubah menjadi api tanpa sebab khusus. Para generasi selanjutnya akan punya kemampuan serupa, namun dengan kelebihan tetap mampu mempertahankan wujud manusianya.

Shinra Kusakabe adalah tipikal main protagonist yang punya kemampuan spesial bernama Devil Footprints. Dengan kemampuannya tersebut, ia bergabung dengan tim Special Fire Force Company 8 bersama dengan teman-temannya. Cerita Fire Force makin kompleks karena Shinra harus mengungkap suatu rahasia.

Perpaduan Antara Tragedi dan Misteri

blank

 

Konsep dari Fire Force awalnya memang sederhana, tapi sepanjang seri berjalan, kalian akan melihat berbagai misteri dan tragedy yang mulai terungkap. Memang banyak seri shonen yang menawarkan premis serupa, namun Fire Force mampu mengolahnya secara apik dengan karakterisasi dan plot yang decent.

Sebagai anime shonen, tak lengkap jika tak ada porsi komedi dan aski dalam seri seperti ini. Jika kalian menonton animenya, kalian akan melihat perpaduan humor dan aksi yang cukup oke. Efek untuk porsinya aksinya juga cukup rapi dengan grafis yang apik.

BGM dan Soundtrack Anime Fire Force

blank

Sebagai anime aksi, opening song harus diperhatikan dengan baik. Fire Force ternyata tak mengecewakan penggemar dengan Inferno dari Mrs. Green Apple. Kalian akan hanyut dengan music yang catchy dan membantu membangun vibe cerita.

Untuk ending song, ada Veil oleh Keina Suda yang punya kesan funky tapi tetap chic. Bagian opening kedua ada Mayday oleh Coldrain ft Ryo from Crystal Lake. Lagu pembuka kedua ini memberikan nuansa heavy metal dan hard rock yang kuat.

Lagu-lagu yang lain tak kalah menariknya. Tiap lagu seperti mencerminkan perkembangan cerita yang tengah berjalan. Di bagian BGM, kalian juga akan mendengarkan backsound ciamik yang membuat suasana semakin hidup.

Review Anime Fire Force: Artsyle

review anime fire force

 

Review anime Fire Force tak akan lengkap tanpa membahas artsyle-nya. Secara teknis, anime ini punya porsi aksi yang pas dengan style yang tak beda jauh dengan manganya. Bahkan penonton yang baru menonton animenya tanpa membaca manga, bisa tahu beberapa gaya bertarung dari penjelasan anime.

Tekhnik pewarnaannya juga bagus, meski bernuansa merah-oranye karena bertema api dan kebakaran, secara keseluruhan tetap rapi. Penggunaan kontras warnanya tak begitu terang atau gelap, sehingga penonton bisa menonton tiap adegannya secara jelas.

Dengan review anime Fire Force ini, apakah kalian tertarik untuk menontonnya? Kalian yang butuh tontonan anime aksi sekali jalan, bisa coba menonton Fire Force di layanan streaming legal. Dengan antusiasme penggemar dan manganya yang masih berjalan, ada kemungkinan musim ketiga akan dibuat.