Monster Dapatkan Penghargaan Jerman Bergengsi

blank

Anime Monster memang masih mendapatkan banyak pujian meskipun termasuk dalam anime awal 2000-an. Beberapa waktu lalu ada kabar bahwa Monster dapatkan penghargaan Jerman, Max und Moritz Lifetime.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan bergengsi yang ada di Jerman dan negara pengguna bahasa Jerman terkait dengan karya seni komik. Berikut adalah fakta terkini mengenai penghargaan yang dianugerahkan pada seri Monster tersebut.

Waktu Pemberian Penghargaan

monster dapatkan penghargaan jerman

Memiliki nama The Comic Salon, penghargaan ini akan berlangsung di German, tepatnya di kota Erlangen. Untuk waktunya, rencananya akan terlaksana pada tanggal 16 hingga 19 Juni 2022. Untuk penghargaan Max und Moritz Lifetime, Monster akan mendapatkannya di tanggal 17 Juni 2022.

The Comic Salon merupakan ajang pemberian penghargaan yang berlangsung tiap dua tahun sekali. Sudah berjalan selama 40 tahun, ajang pemberian award di bidang seni ini sempat mendapatkan pembatalan di tahun 2020 karena pandemi Covid.

Menjadi Pemenang Pertama dari Jepang

blank

Naoki Urasawa, penulis dari Monster merupakan warga negara Jepang yang pertama kali mendapatkan penghargaan ini. Sebelumnya Naoki juga pernah mendapatkan penghargaan dari ajang bergengsi Jerman, Lifetime Achievement Award pada tahun 2014.

Namun penghargaan tersebut bukan untuk seri Monster, namun untuk seri Billy Bat, manga yang rilis tak lama sebelumnya. Untuk penghargaan kali ini, Monster menjadi seri lain dari Naoki yang mendapatkan penghargaan khusus dari ajang apresiasi seni Jerman.

Perjalanan Naoki Urasawa sebagai Mangaka

blank

Manga buatan Naoki, baik Monster atau Billy Bat memang punya nuansa Jerman yang kental. Ini karena Naoki sudah beberapa kali mengunjungi Jerman, tempat yang menjadi setting manga Monster buatannya.

Monster mendapatkan penghargaan Jerman ini bukanlah suatu kebetulan, di Jepang, Monster juga mendapatkan respon positif karena plotnya yang unik. Sampai sekarang Naoki sudah merilis beberapa manga lainnya yang terbit di beberapa penerbit besar Jepang.

Daftar Manga Naoki Urasawa

monster dapatkan penghargaan jerman baru

Naoki sudah menggambar manga dan terjun dalam bidang tersebut sejak tahun 1981, tak heran ia sudah berpengalaman dan menciptakan banyak seri sepanjang karirnya. Beberapa diantaranya adalah 20th Century Boys dan 21st Century Boys yang mendapatkan rilis dari Viz Media.

Penerbit tersebut jugalah yang menerbitkan manga Monster dan Pluto, dua seri populer lain buatan Naoki. Monster sudah mendapatkan adaptasi anime yang berjalan sepanjang tahun 2004 dan 2005, sedangkan 20th Century Boys mendapatkan adaptasi film trilogy di tahun 2008 hingga 2009.

Manganya yang lain, Yawara A Fashionable Judo Girl juga mendapatkan adaptasi anime di tahun 1989 hingga 1992. Adaptasi tersebut membawa Naoki masuk dalam dunia animanga Jepang yang membuatnya semakin terkenal.

Beberapa manga terbaru dari Naoki adalah Mujirushi –Le Signe des Reves atau The Sign of Dream yang tamat Februari 2018 lalu. Sedangkan manga Asadora mengorbit pada Oktober di tahun yang sama dan sudah mendapatkan lisensi berbahasa Inggris.

Saat ini Shueisha menjadi penerbit manga one-shot milik Naoki berjudul Dr. Toguro Dokuro no Saigo. Manga tersebut rilis pada majalan Grand Jump pada 2 November 2021 dan mendapatkan sambutan dan review yang positif dari pembaca. Kalian juga bisa membacanya dengan membeli versi digital maupun fisiknya.

Monster dapatkan penghargaan Jerman ini apakah membuat kalian tertarik untuk membaca atau menonton serinya? Jika iya, kalian bisa luangkan waktu untuk menonton adaptasi animenya yang diproduksi oleh Madhouse. Dengan 74 episode, kalian bisa melihat perjalanan Dr. Kenzo Tenma yang memburu Johan, seorang psikopat yang membunuh banyak orang.