Mengenal Istilah The Big Three di Anime

the big three anime

The Big Three Anime adalah istilah yang berasal dari para fans anime di luar sana untuk mengartikan tiga besar dalam dunia anime. Pada awal tahun 2000an, tayangan-tayangan acara tersebut mulai mendapat perhatian publik. Selain itu, serial tersebut juga sudah menjadi banyak inspirasi bagi kemunculan anime terkini dan selanjutnya. Bahkan sempat berhasil mempopulerkan genre shounen pada khalayak umum. 

Tema yang diusung juga cukup berbeda dari sekumpulan anime saingan mereka, setidaknya pada tahun-tahun tersebut. Hingga pada akhirnya mereka bisa mencapai puncak dan memiliki banyak penggemar dari berbagai belahan dunia.

Terlepas dari itu semua, The Big Three Anime tetap tidak berubah hingga sekarang. Meskipun salah satu dari mereka sudah tamat, tapi julukan The Big Three masih dipegang oleh ketiga anime yang masih sama sampai saat ini.

Apa saja Anime ‘The Big Three’

blank

The Big Three mengacu pada ketiga judul anime besar yang meraih popularitas terbanyak, termasuk dalam hal penjualan waralaba. Lalu Kamu pasti tidak asing dengan judul-judul ini: Naruto, One Piece, dan Bleach, yang sering disebut sebagai “The Big Three” ini

Ketiga judul anime tersebut sudah sangat populer dan berhasil menjual waralaba yang banyak. Istilah ini muncul karena suksesnya judul-judul tersebut di Weekly Shonen Jump.

Pada 1968, Weekly Shonen Jump mulai memperkenalkan diri ke bidang anime, dan tidak lama setelah itu Weekly Shonen Jump sudah menjadi salah satu majalah terkemuka di Jepang yang berorientasi pada anime. 

Big Three tidak sepenuhnya populer karena Weekly Shonen Jump, tapi juga karena versi animenya yang menarik untuk banyak orang. Setelah kesuksesan anime yang telah rilis sebelumnya, muncullah debut  baru. Debut baru ini berasal dari serial dengan mengusung tema segar daripada serial yang rilis sebelumnya.

Tema Bajak laut dan Buah Iblis yang ada di One Piece. Tema ninja dan jurus-jurusnya yang ada di Naruto. Hingga tema Dewa kematian yang berbumbu seni pedang ada di Bleach.

Dengan tema yang terkesan baru dan seru ini, membuat mereka merajai dunia anime dan dapat julukan The Big Three Anime.

Judul-judul itu masih relevan hingga sekarang dengan memiliki episode yang banyak melebihi ratusan. Waralaba yang cukup luas turut andil dalam penetapan istilah tiga besar anime. Naruto yang beberapa tahun lalu sudah tamat ini sempat membuat beberapa orang bertanya-tanya, apa yang akan menggantikan judul ini dan bertengger bersama 2 anime dan menjadi tiga besar yang baru. 

Generasi Baru Anime Tiga Besar

blank

Sekarang, ada tiga kandidat yang digadang-gadang merupakan tiga besar anime yang baru. Kandidat tersebut adalah Jujutsu Kaisen, Demon Slayer, dan My Hero Academia. Tapi pada kenyataannya, tidak ada dari mereka mendekati kesuksesan dari The Big Three yang asli. 

Hanya Demon Slayer yang sempat meraih penjualan kopi manganya lebih dari 100 juta kopi. Pencapaian ini masih belum bisa bersaing dengan One Piece yang sudah lebih dari 500 juta kopi. Sedangkan Naruto dan Bleach berhasil menjual lebih dari 250 juta dan 120 juta kopi.

Itulah penjelasan tentang istilah The Big Three di serial anime. Selain dari penjualan kopi manga, The Big Three Anime ini juga merupakan anime yang paling populer sepanjang masa. Dengan adanya sistem streaming sekarang dan kepopuleran mereka dari masa lalu, membuat judul-judul ini akan tetap ada di atas sebagai tiga yang terbaik.