Mengenal Istilah Dere yang Sering Muncul di Anime

Karakter anime dandere

Bagi kamu penggemar anime pasti sudah merasa tidak asing lagi dengan istilah dere di anime. Sebagai contoh kamu sering mendengar kata Tsundere maupun Yandere. Namun ada kemungkinan bahwa masih ada banyak karakter dere yang secara tidak sengaja muncul pada anime favorit kamu.

Apa Maksud dari Istilah Dere di Anime?

Istilah dere di anime cukup populer di kalangan penggilanya. Kata ‘dere’ berasal dari ‘deredere’, yaitu penggambaran orang yang sedang mengalami jatuh cinta. Menggabungkan kata dere dengan istilah lain akan menciptakan sifat baru yang biasa kamu pada sosok tokoh karakter fiksi, salah satunya adalah anime. 

Setiap dere memiliki ciri-ciri karakter berbeda satu sama lain, dimana karakter tersebut akan sangat mempengaruhi serta menentukan perilaku dan kepribadian dirinya. Beberapa jenis dere sangat terkenal, namun beberapa lainnya sangat tidak jelas sehingga hampir tidak pernah terdengar.

Istilah Dere yang Sering Muncul di Anime

Setelah memahami apa pengertian dari istilah dere di anime, kamu akan segera mengetahui apa saja tipe karakter dere yang sering muncul. Adakah salah satu karakter dere yang kamu sukai?

Karakter Tsundere

Karakter tsundere

Istilah dere yang paling sering muncul dan terkenal adalah Tsundere. Istilah ini berasal dari kata ‘Tsun tsun’ yang memiliki arti ‘jual mahal’. Kalimat yang tepat untuk mendeskripsikan karakter ini adalah malu-malu tapi mau.

Tsundere akan malu-malu dalam hal mengakui perasaannya, bahkan bisa saja mereka berlaku marah-marah dan mencoba untuk menunjukkan sifat jahat kepada orang yang mereka cintai. Meski sebenarnya dalam hati berharap orang yang mereka cintai itu mampu memahami perasaannya.

Istilah Kuudere di Anime

Jenis dere di anime

Selanjutnya adalah Kuudere. Kuudere merupakan istilah dere di anime yang mengambil kata serapan bahasa Inggris yaitu “Cool”. Sesuai dengan namanya, karakter ini memiliki gambaran sifat cool dan tenang. Biasanya mereka tidak pernah panik dan juga selalu menjadi tokoh yang bisa jadi andalan  oleh para temannya di berbagai macam keadaan tertentu.

Para tokoh kuudere ini pada umumnya berbicara dengan nada yang santai dan tidak bisa dipengaruhi oleh dunia di sekitarnya. Mereka hampir tidak pernah terlihat bahagia. Sebaliknya, mereka juga jarang menunjukkan kesedihannya. 

Karena sifat cool tersebut, para tokoh Kuudere terkenal sangat anti untuk menunjukkan kelemahan dirinya. Salah satu contohnya, tidak mau mengakui jika mereka sedang menyukai seseorang atau saat mereka mencoba bergantung kepada orang lain. Beberapa dari mereka memiliki kesulitan untuk mengungkapkan perasaan

Istilah Dandere

Karakter anime dandere

Kemudian ada pula yang bernama Dandere. Dandere ini pemalu dan sulit bersosialisasi. Walau begitu, karakter dandere sangat ingin dekat dan berteman dengan orang lain. Banyak yang menyangka bahwa dandere sebagai sifat antisosial, sombong, dan angkuh. Tapi, jika seseorang bisa mengenal mereka lebih dalam, ia akan menyadari bahwa mereka sangat baik dan menyenangkan.

Karakter Yandere di Anime

Istilah dere di anime

Lalu ada istilah dere di anime yang disebut Yandere. Berasal dari kata ‘Yanderu’ yang berarti ‘sakit jiwa’. Karakter ini begitu psycho dan mengerikan. Sebenarnya mereka terlihat ceria dan suka bersosialisasi. Hanya saja, mereka biasa menunjukkan sifat asli ketika menyukai seseorang. Mereka akan melakukan hal gila dan super duper ekstrim. 

Yandere terbagi menjadi dua, yaitu obsesif dan posesif. Obsesif akan membunuh siapa pun yang mencoba menghalangi cintanya. Sedangkan posesif lebih parah lagi, mereka akan membunuh orang yang mereka cintai agar tidak selingkuh dengan gadis lain. Anehnya, karakter ini merupakan karakter favorit para penonton anime. 

Itulah beberapa istilah dere di anime yang sering muncul. Karakter dere di atas adalah contoh dari pengembangan karakter pada cerita fiksi di Jepang. Kira-kira, karakter anime favorit mana yang memiliki jenis dere di atas?