Manga Golden Kamuy Merayakan Tamatnya

blank

Golden Kamuy termasuk dalam jajaran manga dan anime yang punya fans-nya tersendiri. Inilah kenapa tamatnya manga Golden Kamuy menjadi berita besar. Satoru Noda, pembuat manga ini memang mengatakan bahwa manganya akan tamat tahun 2022 ini.

Kalau kalian fans dari series ini, berikut adalah fakta menarik mengenai tamatnya Golden Kamuy. Sebagai series yang mendapat pujian karena eksplor suku pedalaman di Jepang dengan intrik dan petualangan yang menarik, apa yang spesial dari proses tamat manganya?

Penutupan dengan Hokkaido Snow Art

manga golden kamuy end

Manga Golden Kamuy tamat pada hari Kamis, 5 Mei tahun ini. Guna merayakan tamatnya manga tersebut, Saturo Noda merilis sebuah seni melukis salju dalam ukuran besar. Hasil karya tersebut merupakan buah tangan dari seorang seniman yang tinggal di Hokkaido, Tomohiro Kajiyama.

Tomohiro membuat gambar dua karakter Golden Kamuy dalam ukuran yang sangat besar, yakni 100 x 70 meter diatas tumpuka salju Hokkaido. Selanjutnya Tomohiro menamai karya seninya tersebut dengan nama Komik Salju.

Penggemar Bisa Melihat Proses Pembuatan Komik Salju

blank

Rasanya tak puas hanya melihat foto dari Komik Salju di rilisan terakhir manga ini? Jangan khawatir, Shueisha Young Jump merilis video proses pembuatannya. Sang seniman, Tomohiro, menggunakan kakinya untuk membuat garis dan menggambar karakter Golden Kamuy diatas salju.

Kalian bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan Komik Salju Golden Kamuy tersebut di kanal Youtube milik Shueisha. Perusahaan penerbitan komik raksasa asal Jepang ini menggunakan drone untuk merekam pembuatan karya seni tersebut.

Iklan Terakhir untuk Promosi

blank

Hasil akhir video pembuatan Komik Salju tersebut juga menjadi konten iklan untuk mempromosikan penjualan manga Golden Kamuy volume 30 dan 31. Rencananya volume manga terakhir akan rilis pada 17 dan 19 Juni waktu setempat.

Kalian bisa melihat langsung iklan tersebut di Shinagawa dan Shinjuku, keduanya merupakan kota besar di Tokyo. Tak hanya itu, kalian juga bisa melihat iklannya di Sapporo dan Obohiro, dua wilayah bersalju yang ada di Hokkaido.

Fakta Mengenai Golden Kamuy

manga golden kamuy tamat

Rilis Sejak 2014

Manga ini sudah berjalan hampir sepuluh tahun dengan rilisan pertama di tahun 2014. Noda merilis manga ini di Young Jump, dan menjadi tempat resmi penerbitan Golden Kamuy selanjutnya. Untuk bab terakhirnya, kalian bisa lihat di majalah Young Jump edisi ke 22 dan 23 rilisan kamis. Shueisha juga merilis volume terakhirnya dalam waktu dekat.

Manga ini sudah mendapatkan rilisan terjemahan versi Inggris oleh Viz Media. Jadi kalian bisa membaca versi Inggrisnya jika masih kurang fasih berbahasa Jepang. Sampai saat ini, Golden Kamuy sudah mendapatkan empat musim anime. Musim pertamanya rilis di bulan April 2018 lalu, sedangkan musim terakhirnya di bulan Oktober 2022.

Sinopsis Golden Kamuy

Kalian yang belum mengikuti anime atau manganya bisa membaca ringkasan sinopsis berikut ini:

Golden Kamuy mengisahkan Saichi Sugimoto, seorang veteran perang yang mendapat julukan ‘Sang Abadi’. Sugimoto mendengar pencarian emas besar-besaran di Hokaido. Sayangnya rumor mengenai emas tersebut juga mendapatkan atensi banyak pihak, membuat ia harus mengatur rencana untuk mendapatkannya.

Selama perjalanan pencarian emas, Sugimoto juga berteman dengan seorang gadis dari suku Ainu bernama Asirpa. Keduanya bekerja sama untuk menemukan emas tersebut. Berhasilkah keduanya menemukan emas sekaligus menyingkap misteri yang ada di baliknya?

Dengan tamatnya Golden Kamuy, animenya yang rilis di bulan Oktober nanti kemungkinan akan berfokus di arc terakhir manga. Sebagai anilovers, kalian tertarik tidak membaca manga Golden Kamuy?