5 Kuil di Kyoto Jepang yang Menyimpan Cerita Sejarah

blank

Kyoto dulu pernah menjadi ibu kota Jepang, tidak heran ada banyak destinasi wisata sejarah yang menarik di Kyoto. Bahkan Kyoto juga terkenal sebagai kota di Jepang yang masih memiliki kuil otentik. Ada lima kuil di Kyoto Jepang yang bisa kalian jadikan sebagai tempat belajar sejarah.

5 Kuil di Kyoto yang Indah dan Penuh Sejarah

1. Yasaka Shrine

kuil di kyoto

Kuil pertama adalah Yasaka Shrine, lokasinya ada di Gion. Kuil ini merupakan kuil untuk agama Shinto dan termasuk sebagai kuil paling terkenal di Jepang. Setiap tahun, turis dari berbagai kota di Jepang hingga wisatawan asing memadati tempat ini.

Tak hanya sebagai tempat wisata karena bangunannya yang indah, kalian juga bisa berdoa di kuil Yasaka ini. Kalau kalian datang di bulan Juli, kalian berkesempatan melihat secara langsung Gion Matsuri. Dalam festival tersebut, kalian bisa melihat lampion khas Jepang yang berwarna keemasan dalam kuil ini.

2. Kiyomizudera

blank

Kuil di Kyoto Jepang yang sayang kalau kalian lewatkan adalah Kuil Kiyomizura. Tak hanya terkenal karena bangunannya, pemandangan di sekitar kuil ini juga masih asri. Kalian bisa melihat pemandangan kota Kyoto di bawahnya karena kuil ini ada diatas bukit.

Jika ingin berkunjung ke kuil ini, datanglah di musim semi,  sekitar bulan April hingga Mei. Bunga sakura yang bermekaran di sekeliling kuil akan membuat suasana terada khidmat. Di kuil ini kalian juga bisa minum air suci agar bisa panjang umur, sukses dan kaya, serta berhasil dalam hubungan romansa.

3. Kinkaku-ji

kuil di kyoto jepang terpopuler

Di Kyoto kalian juga akan menemukan kuil pavilium emas atau lebih sering disebut sebagai Kinkaku-ji. Sesuai dengan namanya, kuil ini memang terlihat kekuningan indah seperti berlapis emas. Hal tersebut memang beralasan, sebab di lantai dua dan tiganya memang berlapis kertas emas.

Kalau kalian datang di pagi hari, cahaya matahari dari timur akan membuat kuil ini terlihat bercahaya indah. Pemandangan di sekitar kuil ini juga masih asri, ada danau yang dijaga agar tetap bersih. Ketika cuaca sedang cerah, kalian bisa melihat pantulan kuil tersebut dari permukaan danau.

Ginkaku-ji

kuil di kyoto jepang

Jika sebelumnya kuil paviliun emas, maka Ginkaku-ji adalah kebalikannya. Kuil ini berwarna keperakan, sehingga diberi nama kuil paviliun perak. Pembangunan kuil ini memang terinspirasi dari kuil Kinkaju-ji yang keemasan sebelumnya.

Walaupun mendapat panggilan sebagai kuil perak, namun bukan warna perak yang mendominasi kuil ini, melainkan warna cokelat gelap. Hal tersebut karena bahan pembuat kuil yang mayoritas adalah kayu tua agar bangunan kuil tahan lama. Awalnya kuil ini hanya berupa penginapan dan altar pemujaan, namun diubah menjadi kuil wisata.

Tofukuji

blank

Kuil di Kyoto Jepang terakhir adalah Tofukuji, kuil ini terletak di bagian selatan Kyoto yang terkenal karena musim gugurnya yang indah. Tofukuji merupakan kuil Budha beraliran zen yang masih terawat dengan baik.

Kalian sebaiknya datang ketika musim gugur untuk mengunjungi tempat ini. Sebab daun momiji yang berguguran terlihat indah ketika bersanding dengan daun maple yang kemerahan. Kuil ini selalu mendapatkan kunjungan turis rutin dalam jumlah besar, jadi kalian harus sabar ketika mengantri.

Masih banyak kuil di Kyoto Jepang yang bisa kalian kunjungi. Tapi jika waktu kalian singkat ketika di Kyoto, lima kuil tersebut bisa kalian kunjungi lebih dulu. Jangan lupa membeli jimat yang tersedia di kuil-kuil tersebut sebagai kenang-kenangan ya.