Istilah Gaul Bahasa Jepang yang Populer Di Kalangan Anak Muda

blank

Setiap bahasa tentu punya bahasa slang yang sering digunakan anak muda. Begitu pula bahasa Jepang, ada berbagai istilah gaul yang umum kalian temukan dalam percakapan harian. Berikut ini adalah kumpulan istilah gaul bahasa Jepang yang bisa coba kalian tiru.

Penggunaan bahasa gaul atau slang tentu harus kalian perhatikan, ya. Jangan sampai menggunakannya kepada orang yang tak kalian kenal atau yang umurnya lebih tua dari kalian, kecuali sudah berteman dekat. Pastinya kalian tak ingin mendapatkan cap kasar karena menggunakan kata – kata tersebut.

Istilah Gaul Bahasa Jepang yang Kekinian

Kimoi

istilah gaul bahasa jepang

Kalau kalian menemukan sesuatu yang menjijikkan, gunakan saja kata ‘kimoi’. Penggunaan kata ‘kimoi’ sebenarnya merupakan kependekan dari ‘kimochi warui’ yang punya makna sama.

Masyarakat Jepang umumnya menggunakan ungkapan tersebut ketika merasa tak nyaman, gelisah, atau menemukan sesuatu yang tak sedap di pandang. Namun dalam kultur anak muda, penggunaan ungkapan ‘kimoi’ akan lebih sering kalian temukan.

Uzai

Berikutnya ada istilah gaul bahasa Jepang untuk mengungkapkan kekesalan, yakni ‘uzai’. Secara terjemahan, ‘uzai’ memiliki arti sebagai gangguan. Kalian bisa mengatakan ‘uzai’ ketika bertemu teman yang berisik dan kalian merasa terganggu.

Tak hanya itu, ‘uzai’ juga punya ungkapan berbeda tergantung penggunannya. Kalian bisa menggunakan ‘uzai’ untuk menyebut teman atau orang yang sulit untuk disenangkan. Kalau kalian punya teman yang suka bergosip, kalian juga boleh menyebutkan sebagai ‘uzai’.

Yabai

blank

Kalian yang sering menonton anime tentu tak asing dengan kata ‘yabai’. Ungkapan ‘yabai’ memiliki banyak makna, tergantung penggunaan kata tersebut, ada yang positif ada pula yang negative.

Misalnya, kalau kalian terlambat masuk ke kereta api, kalian bisa menggunakan kata ‘yabai’ sebagai ungkapan rasa kesal. Beda artinya kalau kalian melihat selebriti yang kalian sukai, penggunaan kata ‘yabai’ juga bisa dilakukan sebagai bentuk kekaguman.

Darui

Istilah gaul bahasa Jepang umumnya memiliki makna yang berbeda tergantung dengan penggunannya. Selain ‘yabai’ ada pula ‘darui’ yang menggambarkan rasa sebal ketika melakukan berbagai tugas yang monoton.

Kalian juga bisa menggunakan kata ‘darui’ untuk menggambarkan tugas yang membuat kalian lelah dan pusing. Ketika seseorang merasa lesu atau tak bersemangat, kalian juga bisa menggunakan ungkapan ini.

Saitei

istilah gaul bahasa jepang kekinian

Memiliki teman yang punya kepribadian buruk tentu tak menyenangkan. Nah, dalam bahasa Jepang ada ungkapan untuk manusia yang punya kepribadian menyebalkan, yakni ‘saite’.

Selain untuk menyebut teman yang tak berperikemanusiaan, ‘saitei’ juga bisa kalian gunakan untuk menggambarkan situasi yang buruk. Misalnya ketika kalian terburu-buru dan seseorang menabrak kalian, ucapkan saja ‘saitei’.

Maji

Ada pula ungkapan ‘maji’ yang artinya ‘serius’, ungkapan ini sering kalian temukan dalam bentuk pertanyaan. Ungkapan ini hanya boleh digunakan dalam percakapan harian dan santai, tak boleh kalian gunakan dalam percakapan formal.

Kata ‘maji’ juga bisa kalian gabungkan dengan kata lain, misalnya kata sifat. Gabungan antara ‘maji’ dan ‘yabai’ memiliki arti sebagai sesuatu yang terlihat gila. Berbeda kalau kalian gabungkan ‘maji’ dengan ‘kimoi’, artinya menjadi sesuatu yang benar – benar menjijikkan.

Masih banyak lagi istilah gaul bahasa Jepang yang bisa kalian gunakan. Agar lebih mudah belajar bahasa slang, kalian bisa sering – sering menonton anime dengan setting modern atau mendengarkan percakapan kasual dalam bahasa Jepang. Dengan sering mendengarkan, kalian bisa tahu perbedaan kata slang dan kata formal.