Inilah 4 Cara Menggunakan Transportasi di Jepang Terkini

transportasi di jepang

Jepang adalah salah satu negara yang jadi tempat untuk berwisata. Negara ini memang terkenal dengan banyaknya lokasi wisata sejarah, keagamaan, hingga pemandangan alam. Lokasi ini tersebar di banyak wilayah, mulai Tokyo, Kyoto, Osaka, hingga Hokkaido yang pulaunya berada di utara sendiri. Untuk menjangkau setiap kota tersebut, kamu membutuhkan transportasi di Jepang.

Jepang memiliki banyak jenis transportasi umum untuk melayani masyarakatnya. Perlu kamu ketahui bahwa transportasi di Jepang ini sangatlah teratur, mulai dari sistem hingga jadwalnya. Bahkan Jepang memiliki teknologi jalur tol yang membuat penggunanya tidak perlu berhenti terlebih dahulu. Sedangkan bagi wisatawan, berikut ini adalah beberapa cara menggunakan transportasi yang ada di Negeri Sakura.

Transportasi Subway

subway jepang

Subway adalah trasnportasi umum berupa kereta yang berjalan di bawah tanah. Sebagai salah satu negara maju di Asia, Jepang juga memiliki subway-nya sendiri yang ada di bawah kendali dua perusahaan. Dua perusahaan tersebut adalah Tokyo Metro dan Toei Subway. Kedua transportasi di Jepang ini memiliki tarif dan tujuan masing-masing.

Sedangkan untuk pembelian tiket subway, kamu bisa melakukannya di mesin tiket yang ada di tiap stasiun. Kemudian, kamu atur sesuai kebutuhan, seperti tujuan dan jumlah tiket. Sisanya kamu hanya perlu memasukkan uang sebagai bentuk pembayaran. Sebagai pilihan lain, kamu juga bisa membayar menggunakan kartu IC yang sudah memiliki saldo di dalamnya. Jika kamu memiliki JR Pass, prosesnya bisa jadi lebih mudah dan cepat lagi.

Transportasi di Jepang Shinkansen

transportasi di jepang

Shinkansen adalah kereta dengan kecepatan tinggi yang beroperasi di Jepang yang sudah ada sejak tahun 1963. Generasi pertama dari Shinkansen saja bisa mencapai kecepatan 210 kilometer per jam. Jenis kereta ini termasuk ke salah satu transportasi paling sering digunakan. Karena itu, kamu harus memesan tiketnya dari beberapa hari sebelum keberangkatan.

Tenang saja, saat ini juga sudah banyak tempat untuk memesan tiket Shinkansen secara online melalui beberapa situs. Jika tidak sempat, kamu juga bisa memesan tiket di stasiun langsung beserta tempat duduknya. Untuk pengguna JR Pass, kamu bisa menaiki seluruh Shinkansen, kecuali Shinkansen Nozomi. Keuntungan dari transportasi di Jepang ini adalah cocok untuk perjalanan berdurasi cepat.

Transportasi Taksi

taksi jepang

Taksi cocok bagi kamu yang membawa banyak sekali barang. Taksi juga dinilai lebih privat dan tertuju. Kamu bisa langsung naik ke mobil dan beritahu sopir ke tujuan secara spesifik. Kamu bisa menemukan transportasi ini di sekitar stasiun atau hotel. Sedangkan untuk pemesanan, kamu bisa menggunakan aplikasi Uber dan LINE Taxi.

Transportasi Bus di Jepang

bus di jepang

Bus adalah moda transportasi yang paling sering orang gunakan di seluruh dunia. Di Jepang sendiri, transportasi bus terbilang mudah dan memiliki harga lebih murah. Dengan kemudahan ini, tentunya kelebihan ini cocok bagi kamu yang ingin berwisata murah meriah. Agar lebih mudah lagi, kamu bisa membeli kartu IC yang khusus untuk transportasi di Jepang. Bus ini biasanya mengangkut penumpang dari halte ke halte.

Di Tokyo sendiri, orang lebih suka menggunakan bus ini untuk aktivitas keseharian. Selain itu, ada juga bus khusus untuk kebutuhan rute wisata. Bus ini dikelola langsung dari pemerintah bagi para wisatawan yang datang ke Jepang.

Itulah penjelasan tentang cara menggunakan 4 moda transportasi di Jepang. Dalam transportasi umum ini, kamu harus memiliki tiket, tidak boleh merokok, dan tidak merusak fasilitas umum. Kamu juga harus menjaga kebersihan sebaik mungkin, ini adalah aturan pasti dari pemerintah Jepang. Kemudian, kamu harus menjaga sopan santun, harus antre, dan tidak menyerobot orang lain.