Daftar Universitas Jepang yang Menyediakan Jurusan Bahasa Indonesia

blank

Ternyata ada daftar universitas Jepang yang menyediakan jurusan Bahasa Indonesia lho. Kalau kalian ingin pergi ke Jepang untuk menuntut ilmu tapi bingung mau ambil jurusan apa, tak ada salahnya mengambil jurusan Bahasa Indonesia?

Di Indonesia, universitas yang menyediakan jurusan Bahasa Jepang memang sudah banyak. Tapi kalau kalian ingin ke Jepang langsung dan mempelajari bahasa Indonesia disana, pasti menarik bukan?

Meski penutur bahasa Indonesia tak begitu besar kalau dibandingkan dengan bahasa Inggris atau Mandarin di dunia, tapi institusi pendidikan yang memasukkan bahasa Indonesia dalam kurikulumnya sudah cukup banyak.

Meski bukan jurusan yang banyak diambil anak muda Jepang, tapi ternyata peminat jurusan ini cukup besar. Yuk simak kampus apa saja yang menyediakan jurusan ini.

Kanda University of International Studies

daftar universitas jepang

Kanda Gaigo Daigaku atau KUIS merupakan kampus swasta yang ada di Chiba, Jepang. Kampus ini berdiri tahun 1987 dan sudah meluluskan banyak orang. Kanda University of International Studies merupakan perpanjangan dari Kanda Institure of Foreign Language yang ada di Tokyo.

Institusi pendidikan  tinggi ini merupakan universitas riset, sehingga mengkhususkan diri dalam otonomi pembelajaran. Jika kalian ingin ke Jepang untuk studi internasional, ini merupakan kampus unggulan yang banyak mendapatkan rekomendasi.

Untuk mahasiswa yang belajar Komunikasi Internasional, mereka akan belajar bahasa Inggris, ilmu komunikasi dan ilmu komputer. Sedangkan mahasiswa yang belajar di departemen Bahasa dan Budaya akan belajar bahasa Inggris dan satu bahasa lain sebagai tambahan. Nah dari berbagai pilihan yang tersedia, kalia bisa memilih bahasa Indonesia.

Tokyo University of Foreign Studies

blank

Daftar universitas Jepang selanjutnya yang menyediakan jurusan bahasa Indonesia adalah Tokyo University of Foreign Studies. Lebih terkenal dengan sebutan TUFS, kampus ini berfokus pada riset speasialis di Tokyo, Jepang.

Bagi kalian yang tertarik belajar studi asing, hubungan internasional atau bahasa asing, kampus ini adalah pilihan terbaik. Tak hanya itu, kampus ini juga punya lembaga khusus untuk wilayah Asia – Afrika, sehingga membuat mahasiswa asing bisa menuntut ilmu dengan nyaman.

Di TUFS, kalian bisa menemukan program jurusan Bahasa Indonesia yang tersedia untuk umum. Anak muda Jepang atau mahasiswa luar negeri bisa mengambil jurusan tersebut sesuai dengan minat yang dimiliki.

Nihon University College of International Relations

daftar universitas jepang

Kota Mishima di Prefektur Shizuoka punya Sekolah Tinggi Universitas Nihon yang terkenal. Termasuk dalam College of International Relations, institusi pendidikan ini menawarkan bidang akademik yang berfokus pada studi hubungan internasional.

Sebagai salah satu mata pelajarannya, kalian bisa mendapatkan jurusan internasional dengan bahasa Indonesia sebagai pilihan. Mahasiswa yang belajar pun bisa mendapatkan materi dan perspektif internasional.

Tak hanya itu, kampus ini juga terkenal dengan pendidikan interdispliner untuk pembelajaran bahasa asing. Jadi baik mahasiswa lokal atau luar negeri bisa belajar dengan tingkatan yang setara.

Tertarik Menuntut Ilmu di Jepang?

blank

Tiga kampus ini secara resmi sudah memasukkan bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran dan jurusan yang bisa kalian ambil. Jika ingin belajar bahasa Indonesia dengan nuansa yang berbeda, bisa dengan menuntut ilmu disana.

Pendidikan di Jepang terkenal karena punya sistem yang baik. Pengajar dan materi bahan ajar juga sudah mendapatkan penyesuaian, sehingga bisa membuat lulusannya bersaing di dunia kerja.

Selain bisa belajar dengan lebih mudah di daftar universitas Jepang yang menyediakan bahasa Indonesia tersebut, kalian juga bisa mengenal lebih jauh budaya Jepang. Terdengar menyenangkan bukan?