Daftar Manga Crows Lengkap: Bagian Kedua

blank

Daftar manga Crows lengkap bagian kedua ini akan menjelaskan urutan manga setelah seri Worst yang rilis di majalah Monthly Shounen Champion 2021 lalu. Sebelum Worst rilis, manga yang mengawalinya adalah Crows, Crows Gaiden dan Crows: The Aftermath.

Kalian bisa membaca penjelasan lengkap mengenai empat manga awal Crows tersebut dalam artikel ini. Yuk simak urutan selanjutnya dari Seri Crows setelah manga Worst rilis.

Crows Zero

daftar manga crows lengkap

Manga Crows Zero rilis pada 2008 di majalah Weekly Shonen Champion. Kisah di Crows Zero merupakan prekuel dari seri Crows sebelumnya. Set waktu untuk Crows Zero adalah satu tahun sebelum even Crows mulai.

Untuk ceritanya, Crows Zero mengisahkan anak bos yakuza bernama Takiya Genji yag pindah ke SMA Suzuran ketika kelas 3. Tujuan Genji kesana adalah menaklukan akademi tersebut sehingga ada di bawah kendalinya.

Genji memulainya dengan melawan ketua geng di Suzuran, Serizawa dan gengnya. Seri ini juga dikenal dengan nama Crows: Episode 0, berdasarkan live aksi yang rilis tahun 2007 dan mendapatkan adaptasi setahun setelahnya.

Worst Gaiden

blank

Jika sebelumnya seri Crows mengisahkan pertarungan Genji dan Serizawa, maka Worst Gaiden berfokus pada cerita Umehoshi bersaudara. Mereka adalah pemilih penginapan Hana yang terkenal.

Umehoshi bersaudara terdiri dari Masashi dan Yasushi, keduanya masih berstatus sebagai murid di Suzuran. Karena kekuatan yang mereka miliki, mereka hampir jadi penguasa disana. Seri ini juga mengisahkan backstory mengenai anggota The Front of Armament. Ada tiga manga Worst Gaiden, yakni:

1. Worst Gaiden: Dokuro

Dokuro rilis pada tahun 2019 dan merupakan spin off dari manga Worst. Kisah dari Dokuro berfokus pada Kawachi Tesshu, yang menjadi pemimpin keenam dari The Front of Arnament. Set latar waktu dari manga ini setelah manga Crows dan sebelum Crows: Aftermath.

2. Worst Gaiden: Guriko

Masih di tahun yang sama, mangaka Crows merilis Worst Gaiden: Guriko. Kisah dari manga ini menceritakan Hanaki Guriko ketika masih di SMP Hakata. Ada banyak pertarungan seru yang bisa kalian temukan disana.

3. Worst Gaiden: Mr. Zetton

Daftar manga Crows selanjutnya adalah Mr. Zetton, rilis pada 2020 di majalah yang sama. Dalam manga ini kalian akan melihat bagaimana perjuangan Zetton yang ingin menjadi guru. Ketika hari pertama mengajar, ia  malah dimasukkan ke kelas murid berandal.

Crows Zero II: Suzuran x Housen

daftar manga crows lengkap

Setelah menyelesaikan Crows Gaiden, kalian bisa berlanjut membaca Crows Zero II. Seri ini rilis tahun 2012 di majalah Bessatsu Shounen Champion. Sesuai dengan namanya, seri ini merupakan sekuel dari Crows Zero.

Cerita ini dimulai 8 bulan setelah pertarungan Genji dan Serizawa. Fokus ceritanya lebih tertuju pada rivalitas antara sekolah Suzuran dan Housen. Karena suatu kecelakaan, Genji membuat gencatan senjata antara dua sekolah ini batal.Akhirnya pemimpin House, Narumi Taiga, menyatakan perang melawan Suzuran.

The Last Words

blank

Manga ini mengambil seting setelah kisah Worst selesai. Serinya rilis pada tahun 2015 di majalah Monthly Shounen Champion. Dalam The Last Words, kalian akan melihat pertarungan seru antara Miyamoto Sanmon dan Sajima Yousuke dari Suzuran dengan Hajime Ichou dari Rindow High School.

Crows Explode

daftar manga crows lengkap

Ini merupakan seri terakhir dari Crows maupun Worst. Manganya sendiri rilis pada 2018 di majalah Monthly Shounen Champion. Serinya membawakan alternate universe dari Crows, ketika Genji sudah lulus dari Suzuran. Fokus ceitanya ada pada Kaburagi Kazeo dan Kagami Ryohei.

Itulah daftar manga Crows lengkap yang bisa kalian baca di waktu luang nanti. Kalian bisa membacanya di platform legal untuk mendukung pengarang.