Arti Tomodachi Bahasa Jepang dan Variasi Bahasanya

blank

Arti ‘tomodachi’ dalam bahasa Jepang adalah teman. Kalian tentu tak asing dengan kata ‘tomodachi’, kata yang sering muncul di anime dan manga ini ternyata punya makna yang mendalam. Dalam bahasa Jepang, penggunaan kata ‘tomodachi’ tak boleh kalian lakukan sembarangan, lho.

Ketika menggunakan ‘tomodachi’ ada elemen konteks yang harus kalian perhatikan. Supaya tak salah menggunakan kata ini ketika berbicara bahasa Jepang, berikut adalah pengertian dan ulasan lebih dalam mengenai ‘tomodachi’.

Arti Tomodachi di Bahasa Jepang

Arti Tomodachi Bahasa Jepang
Young female friends enjoying in night festival

Melihat dari struktur katanya, ‘tomodachi’ punya arti kebersamaan dari suatu kelompok atau perkumpulan tertentu. Jika diartikan lebih jauh, ‘tomodachi’ berarti orang-orang yang punya hubungan dekat dan sering melakukan aktifitas bersama. Biasanya ada penekanan bahwa kelompok ini punya pemikiran yang mirip, sehingga antara satu dengan yang lain tak begitu kontras perbedaannya.

Biasanya kata ‘tomodachi’ bisa kalian pakai untuk menyebut teman dalam jumlah tunggal hingga majemuk. Dalam bahasa Indonesia, alih-alih hanya teman, ‘tomodachi’ bisa bermakna sahabat, sebab sudah melakukan pergaulan dan pertemanan dengan akrab.

Variasi Kata Teman Selain Tomodachi

blank

Penyebutan teman dalam bahasa Jepang tak hanya ‘tomodachi’ saja. Ada variasi lain yang bisa kalian gunakan, tentunya dengan makna dan konteks yang tak begitu berbeda. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Shinyuu

Kata ‘shinyuu’ memang jarang kalian temukan dalam percakapan kasual, sebab punya makna dan arti yang lebih khusus. Di Jepang, kata ‘shinyuu’ hanya bisa kalian gunakan untuk menyebut seseorang yang sudah akrab dan dekat. Kata ini juga bisa kalian gunakan untuk menyebut kelompok sahabat yang sudah berteman dalam jangka waktu lama.

Kata ini juga punya kesan lebih formal kalau kalian bandingkan dengan variasi kata teman yang lain. Mereka yang menyebut orang lain ‘shinyuu’ maka punya hubungan yang lebih dekat daripada hanya teman biasa. Jadi gunakan kata ini dengan bijak ya!

Nakama

Kalau kalian sering menonton anime, tentu sudah tidak asing dengan kata ‘nakama’. Berbeda dengan ‘tomodachi’, ‘namaka’ punya makna sebagai kelompok pertemanan yang punya tujuan sama. Mereka yang tergabung dalam band, kelompok menulis, atau kelompok dengan goal yang sama, bisa mendapat julukan ‘nakama’.

Penulisan kanji ‘nakama’ juga membuat kata ini punya konteks yang lebih dalam. Jika mendapat terjemahan tekstual, kanji ‘nakama’ bisa berarti hubungan atau jarak. Ini tentu membuat ‘nakama’ punya semacam ikatan batin atau afeksi yang tak hanya terpaku pada pengakuan bahwa mereka ‘berteman’.

Aibou

Setelah mengetahui arti tomodachi di bahasa Jepang, kalian juga harus tahu mengenai ‘aibou’. Istilah ini juga sering muncul di manga atau anime, sehingga penggunaannya juga umum ditemui dalam percakapan kasual. Jika mendapat terjemahan, ‘aibou’ punya arti teman dekat.

Seseorang yang menyebut kalian ‘aibou’ berarti punya hubungan personal yang dekat. Pemakaian kata ini juga punya kesan dekat yang lebih jauh lebih dalam daripada hubungan ‘tomodachi’. Kalian bisa menggunakan ‘aibou’ untuk teman yang kalian percayai dari teman yang lain.

Tips Berteman dengan Orang Jepang

Seperti yang kalian ketahui, orang Jepang punya kesan private, jadi berteman dengan mereka butuh effort yang lebih. Apalagi karena kalian baru belajar kultur dan budaya Jepang, jangan sampai menyinggung perasaan mereka karena salah bergerak.

Berteman dengan orang Jepang harus tepat waktu dan disiplin, ingat pula untuk tidak bersikap terlalu ingin tahu. Dengan tahu arti tomodachi di bahasa Jepang, kalian jadi tak kesulitan untuk menggunakan istilah ini kan?