Aktivitas dan Kegiata Menarik Ketika Musim Panas di Jepang

blank

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika musim panas di Jepang berlangsung. Tak hanya menawarkan musim liburan bagi anak sekolah, cuacanya yang panas membuat semua orang tertarik untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Kalau kalian berkunjung ke Jepang di musim panas, kalian bisa mendatangi berbagai festival lokal, menikmati tarian dan makanan khas, hingga melakukan hiking di perbukitan dan gunung-gunung. Kira-kira apa ya kegiatan menarik lainnya?

Rekomendasi Kegiatan Musim Panas di Jepang

Menikmati Festival Kembang Api

fesival musim panas di jepang

Karena curah hujan yang minim selama musim panas, ada banyak festival kembang api yang bisa kalian temukan. Ketika datang ke festival, kalian akan melihat banyak orang menggunakan yukata, menikmati makanan dan jajanan matsuri, hingga melihat pementasan kembang api.

Ada banyak matsuri di musim ini yang bisa kalian kunjungi di Jepang, mulai dari Gion Matsuri yang ada di Kyoto, Tenjin Matsuri yang ada di Osaka, hingga Akita Kanto Matsuri di Honshu. Setiap matsuri punya daya tariknya sendiri tapi tetap punya nuasan ceria yang sama.

Makan Belut atau Unagi

blank

Hawa yang panas dan gerah ketika musim panas membuat masyarakat Jepang lebih banyak mengonsumsi belut atau unagi. Ini karena unagi punya banyak nutrisi untuk menggantikan energi yang hilang pada tubuh  setelah beraktifitas seharian.

Kebiasaan ini berawal ketika Jepang berada di Zaman Edo, sekitar tahun 1603 hingga 1867. Pada tahun tersebut, ada kepercayaan bahwa mengonsumsi makanan dengan awalan huruf U punya dampak yang baik bagi kesehatan. Dewasa ini makan unagi berlangsung dari bulan Juli hingga November.

Menikmati Hidangan Musim Panas

hidangan musim panas di jepang

Musim panas yang ada di Jepang tak hanya penuh dengan kegiatan menarik, tapi juga makanan musiman yang sedap. Ada mie somen atau lebih dikenal dengan sebutan cold noodle dish. Sesuai dengan namanya, mie ini memang tersaji dalam keadaan dingin ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Mie ini bisa kalian nikmati dengan dipping sauce dan side dish beragam, mulai dari timun potong, tomat, telur cacah, hingga daging ham. Kalian juga bisa menikmati nagashi somen di restaurant dan tempat tempat makan ketika mengunjungi matsuri.

Menonton Film Horor

blank

Ada kebiasaan unik ketika musim panas berlangsung di Jepang, yakni menonton film horror. Di musim ini, kalian akan menemui banyak film horror yang rilis di bioskop maupun televisi. Anak-anak juga sering menceritakan kisah seram ketika berkumpul bersama.

Ada kepercayaan bahwa bercerita seram akan mendatangkan angin sepoi-sepoi ketika cuaca sedang terik. Dengan begitu, cuaca jadi tak begitu panas lagi. Meski terdengar aneh, namun kepercayaan ini masih sering dilakukan oleh masyarakat Jepang.

Pergi ke Hokkaido

musim panas di jepang

Tak semua orang Jepang suka dengan cuaca yang panas dan gerah khas musim panas. Banyak warga Jepang yang tinggal di perkotaan mengungsi sementara di Hokkaido atau tempat-tempat yang ada di Utara Jepang.

Wilayah ini memang daerah pegunungan dan memiliki udara sejuk. Hokkaido juga punya banyak tempat wisata, restaurant dan penginapan yang bisa kalian kunjungi dengan mudah. Kalian bisa melakukan hiking di gunung dan bukit yang sebelumnya tak bisa didaki.

Masih banyak aktifitas menarik ketika musim panas di Jepang berlangsung. Untuk tahu sendiri bagaimana serunya musim ini, kalian bisa datang berkunjung ke Jepang. Kalian tentu akan tahu bagaimana masyarakat lokal menyambut musim panas secara langsung.