5 Rekomendasi Lokasi Wisata Edukasi di Jepang Untuk Semua Usia

akuarium wisata edukasi di Jepang

Jepang memiliki banyak sekali wisata yang bisa kamu nikmati dari berbagai aspek. Contoh aspek yang sering wisatawan kunjungi adalah wisata sejarah dan pemandangan alam. tetapi, perlu kamu ketahui bahwa Jepang juga memiliki tempat wisata untuk edukasi. Cocok bagi kamu yang ingin berlibur sambil menambah wawasan bersama anak, keluarga, teman, atau bahkan orang tersayang. Kamu akan menemukan wisata edukasi di Jepang yang beragam nantinya.

Wisata edukasi yang ada di Jepang terletak di berbagai wilayah, mulai dari bagian utara hingga selatan. Sedangkan untuk kategorinya, Jepang memiliki banyak jenis, seperti edukasi teknologi hingga budaya. Di bawah ini adalah beberapa pilihan rekomendasi lokasi wisata edukasi yang harus kamu kunjungi di Jepang.

Museum Sains Kota Nagoya

planetarium terbesar jepang

Tempat wisata edukasi di Jepang pertama adalah museum sains. Museum ini terletak di pusat Kota Nagoya yang memiliki lebih dari 230 benda untuk kamu lihat. Tempat ini memiliki sebuah planetarium yang menjadi salah satu planetarium terbesar di dunia. Ada tiga kategori utama di museum ini, yaitu sains umum, teknologi, dan astronomi. Selain itu, kamu harus memesan tiket terlebih dahulu sebelum datang. 

Untuk menuju ke Nagoya City Science Museum, kamu bisa berjalan dari Stasiun Fushimi selama 7 menit. Kamu bisa ke Stasiun Fushimi dari Nagoya menggunakan Higashiyama Line selama satu pemberhentian. Jika kamu ada di Tokyo, kamu bisa naik transportasi umum Shinkansen Tokaido-Sanyo menuju Shin-Osaka. Kamu harus turun di Stasiun Nagoya setelah itu. Sedangkan jika dari Osaka, kamu perlu naik kereta yang satu tujuan dengan Tokyo.

Wisata Edukasi di Jepang Flight of Dreams

flight of dream jepang

Wisata edukasi di Jepang berikutnya adalah Flight of Dreams yang merupakan tempat rekreasi bertema penerbangan. Tempat wisata ini ada di dalam Centrair Chubu yang menjadi salah satu Bandara Internasional di Jepang. Di sini, kamu bisa melihat berbagai macam tahapan dalam merakit sebuah pesawat. Bahkan, kamu juga dapat mengetahui bagaimana proses perakitan badan pesawat seutuhnya.

Akuarium Pelabuhan Nagoya

akuarium wisata edukasi di Jepang

Kembali ke kawasan Nagoya, kali ini ada Akuarium Pelabuhan Nagoya. Masyarakat umum bisa mengakses akuarium ini di kawasan Minato-ku, Nagoya, Prefektur Aichi, Jepang. Lokasi ini memiliki akuarium raksasa dengan kapasitas tangki terbesar di Jepang. Selain itu, kamu juga bisa memiliki tangki terbesar di Jepang khusus untuk pertunjukkan lumba-lumba.

Akuarium ini cocok untuk kamu yang ingin mencari tahu informasi seputar biota laut. Tidak sampai di situ saja. Akuarium Pelabuhan Nagoya juga memiliki Touch Tank. Area ini adalah tempat untuk orang yang ingin coba untuk menyentuh biota laut secara langsung.

Wisata Edukasi di Jepang Ueno Zoo

wisata kebun binatang ueno

Bagi kamu yang ingin berwisata tentang fauna, kamu bisa datang ke Ueno Zoo. Kebun binatang ini ada di wilayah Taman Ueno, distrik Taito, Tokyo. Wisata yang sudah ada sejak tahun 1882 ini memiliki sejumlah hewan khas Jepang hingga beruang kutub. 

Toyota Automobile

museum otomotif jepang

Toyota Automobile adalah museum otomotif yang jadi rekomendasi wisata di Jepang. Kamu bisa belajar tentang sejarah waktu ke waktu tentang dunia otomotif, khususnya mobil. Kamu akan menemukan informasi perkembangan serta sejarah mobil. Bahkan tempat ini juga memiliki buku bergambar yang ramah untuk anak-anak. Museum ini terletak di Kota Nagakute (salah satu kota yang ada di dekat Nagoya).

Itulah penjelasan tentang 5 rekomendasi lokasi wisata edukasi di Jepang untuk semua usia. Jika ada kesempatan lebih, kamu juga bisa berkunjung Museum Fujiko yang berisikan sejarah dari perjalanan karir mangaka populer, Fujiko F. Fujio. Beliau adalah mangaka yang berhasil mengembangkan serial popular doraemon. Kamu juga bisa menyempatkan waktu ke berbagai wisata alam Jepang lainnya untuk menyegarkan diri.