10+ Rekomendasi Anime Dark dengan Tema Gelap

Rekomendasi anime dark bertema gelap berikut ini bisa jadi tontonan yang menarik. Tak hanya punya plot yang unik, tema-tema yang diangkat kadang gelap dan tabu. Karena alasan inilah, anime dengan tema dark jadi populer di kalangan otaku dan animelovers.

Untuk kalian yang mulai penat dengan anime yang terkesan ‘itu-itu’ saja, coba nonton rekomendasi anime dark berikut ini. Ada banyak ‘additional’ genre yang bisa kalian pilih, dari gore, dark fantasy, psikologi, dan masih banyak yang lainnya.

Rekomendasi Anime Dark Terbaik

1. Made in Abyss

Rekomendasi anime dark

Seri dark modern Made in Abyss menuai kesuksesan berkat premis ceritanya yang menarik dan tema gelap. Dengan genre dark fantasy, kalian akan melihat perjalanan Riko, seorang gadis kecil yatim piatu yang menjelajahi Abyss, lubang besar penuh jebakan, untuk mencari ibunya.

Made in Abyss tak hanya mendapat pujian karena temanya yang ia angkat, tapi juga world building yang apik, perkembangan karakter yang kompleks, hingga story telling yang rapi. Berbagai plot twist dan adegan menyayat hati akan kalian temukan di seri ini. Jadi pastikan kalian sudah siap mental sebelum menontonnya.

2. Paranoia Agent

Kalau kalian sudah lama jadi animelovers, tentu tak asing dengan nama Satoshi Kon. Ia adalah sutradara dari banyak seri dark psikologikal terkenal, mulai dari Paprika hingga Perfect Blue. Jika kalian sudah menonton dua anime sebelumnya, mungkin kalian belum pernah menonton Paranoia Agent.

Sebagai salah satu anime underrated buatan Satoshi Kon, Paranoia Agent mengisahkan sebuah terror di kota metropolitan Jepang. Terror mengenai Shonen Bat yang melukai orang-orang membuat masyarakat panik. Kalian bisa melihat bagaimana Satoshi Kon membuktikan bahwa rumor dan berbagai fenomena sosial ternyata memberikan dampak negative pada psikologi manusia.

3. Attack on Titan

Rekomendasi anime dark

Rekomendasi anime dark selanjutnya adalah Attack on Titan. Seri yang sudah menjadi modern classic ini awalnya biasa saja, menceritakan perjuangan Eren dalam mengalahkan Titan yang sudah menghancurkan desanya. Sebagai penonton, kalian akan melihat bagaimana perkembangan karakter Eren sekaligus perkembangan plot yang tak terduga.

Selain membawakan aksi yang dramatis, anime ini juga terkenal dengan kematian karakter tragis. Belum lagi adegan gore ketika Titan mengoyak desa dan memakan manusia. Menjelang akhir, kalian akan melihat rahasia terungkap satu persatu, yang menariknya, malah membuat cerita makin gelap.

4. Monster

Bagaimana rasanya memburu seorang pembunuh berdarah dingin yang genius? Jawabannya bisa kalian lihat di anime Monster. Seri yang jadi kebanggan Studio Madhouse ini tak takut menanyakan hal-hal kompleks menyangkut kemanusiaan, tanpa jawaban akhir mutlak benar dan salah.

Seri ini mengisahkan Dr. Kenzo Tenma, seorang dokter bedah yang pernah menyelamatkan nyawa seorang anak, yang ternyata di kemudian hari menjadi pembunuh. Di bayang-bayangi kesalahan di masa lalu, Dr. Tenma memburu anak tersebut untuk menghindari pembunuhan-pembunuhan lainnya.

5. Yamishibai: Japanese Ghost Stories

Membahas rekomendasi anime dark tak akan lengkap tanpa memasukkan anime horor di dalam list. Jika kalian ingin menonton anime horor antimainstream, tengoklah Yimashibai: Japanese Ghost Stories. Sesuai dengan namanya, anime ini mengisahkan berbagai folklore menakutkan yang ada di Jepang.

Kisah anime ini berpusat pada seorang pria tua yang menggunakan topeng kuning menakutkan. Tiap episode, ia akan muncul di taman bermain dan menceritakan kisah seram pada anak-anak. Premis dan storylinenya memang tak semenarik anime masa kini, namun ia bisa jadi tontonan menarik untuk kalian yang suka cerita horor klasik.

6. Puella Magi Madoka Magica

Rekomendasi anime dark

Jangan tertipu dengan gambarnya yang punya kesan ‘mahou shojo’. Anime ini bertema gelap dengan genre psikologikal horor. Kisahnya berpusat pada sekelompok gadis yang dimanipulasi ke dalam kontrak tanpa akhir, yang akhirnya malah membuat mereka menderita.

Awalnya Madoka, sang karakter utama, kebingungan mengenai kekuatan yang ia miliki. Apalagi ia sempat dituduh membunh teman dekatnya, membuatnya makin sedih dan bimbang. Alih-alih mendapat happy ending, seri ini menjungkir balikannya dengan membuat Madoka dan kawan-kawannya terjebak dalam kesengsaraan.

7. Another

Anime horor sekarang ini tak sekedar jump scare dan hantu semata, itulah yang coba Another sampaikan. Sering masuk dalam rekomendasi anime dark unggulan, Another menceritakan sebuah kutukan misterius di kelas 3-3 di sebuah SMP. Karena kutukan tersebut, mereka harus mengabaikan satu teman kelas mereka dan menganggapnya tidak ada.

Rencananya mulai hancur ketika Koici, murid pindahan baru, masuk ke kelas tersebut. Berbagai tragedi mulai muncul dan membuat siswa maupun keluarga dari kelas 3-3 menghadapi kematian tragis. Tak hanya punya cerita yang kompleks, Another juga terkenal karena punya scene kematian ikonik.

8. Higurashi: When They Cry

Rekomendasi anime dark lainnya adalah Higurashi: When They Cry. Meski punya konsep cute dan moe yang saat itu tengah populer, namun Higurashi membawakan cerita yang berbeda. Makin dalam kalian tahu lore ceritanya, kalian akan melihat berbagai adegan gore beruntun, dari pembunuhan, penyakit aneh misterius, hingga narasi ala time looping.

Pengalaman menonton Higurashi berbeda antara satu dengan yang lain, ada yang menyukainya, namun tak sedikit pula yang mengkritik seri ini. Kalian akan merasakan rasa putus asanya sang tokoh utama, yang terus menerus mengalami nasib buruk tepat setelah ia bahagia.

9. Neon Genesis Evangelion

Rekomendasi anime dark

Ketenaran Neon Genesis Evangelion sebagai salah rekomendasi anime dark tentu bukan hal yang asing kalian temui. Evangelion tak hanya sekedar anime mecha, ceritanya yang kompleks dengan tema-tema berat membuat seri ini masih related untuk kalian tonton hingga sekarang.

Kisahnya mengeksplor berbagai emosi negative, depresi, kehilangan, hingga keputus asaan. Semuanya tak membaik seiring mendekati klimaks, Shinji yang menjadi karakter utama, harus bergelut menghadapi kesedihan, kehilangan orang terdekat, kesendirian, hingga kematian.

10. Elfen Lied

Kalau ingin tontonan yang lebih kompleks dengan genre sains fiksi, ada Elfen Lied. Sekilas, anime ini seperti anime kebanyakan, grafisnya terlihat manis dengan desain karakter ala shouju. Namun cerita yang Elfen Lied bawakan ternyata lebih gelap. Meski ada porsi sains fiksi, namun anime ini juga penuh adegan gore, kematian tak wajar, hingga seksualitas.

Ceritanya berpusat mengenai sebuah ras manusia buatan yang ingin membunuh umat manusia. Dengan membunuh manusia, maka ras buatan ini bisa hidup selayaknya manusia sesuai dengan keinginannya. Meski bertema gelap, Elfen Lied membawakan cerita memikat dengan storyline yang emosional.

Rekomendasi Anime Dark Lainnya

Masih banyak rekomendasi anime dark lainnya yang bisa kalian tonton. Belakangan karya Satoshi Kon dan Junji Ito tengah populer karena punya kesan ‘horor’nya sendiri. Ada pula seri lain yang juga populer, dari Chainsaw Man, Mirai Nikki hingga Tokyo Ghoul.

Dengan rekomendasi anime dark yang ada dalam daftar ini, apakah kalian tertarik memasukannya dalam watch list? Meski bukan anime baru dan punya cerita yang gelap, seri anime ini tetap menarik untuk kalian ikuti.