10 Karakter Anime Populer yang Ternyata Anti Hero

Karakter anime populer tak hanya terkenal karena desainnya yang menarik, banyak pula yang punya sifat dan kepribadian unik, sehingga membuatnya jadi ikonik. Seri anime kekinian berhasil membawakan karakter yang dicintai fans, entah karena kelebihan, kekurangan, hingga lore yang mereka miliki.

Terlepas dari kesannya yang ‘sepertinya baik’, ada banyak karakter anime yang ternyata anti hero. Tak jarang mereka sudah menyiapkan serangkaian rencana agar keinginannya terpenuhi. Simak siapa jaka karakter anime populer nan ikonik yang ternyata villain.

Karakter Anime Populer Tapi Villain

1. Griffith dari Berserk

Karakter anime populer

Berserk memang bukan seri populer, tapi selain Guts, setidaknya kalian pernah mendengar nama Griffith dari seri ini. kelihatannya memang dia baik-baik, secara sekilas ia punya tujuan mulia untuk membangun kembali kerajaannya, membuatnya punya sifat yang ambisius.

Sayangnya apa yang Griffith lakukan setelahnya berkebalikan, ia pernah mengorbankan lebih dari separuh Band of the Hawk. Dengan pengorbanan yang ia lakukan, Griffith akhirnya bisa menjadi bagian dari God Hand. Ia bahkan pernah melukai Casca, membuatnya koma dalam jangka panjang.

Pada Guts sendiri ia tak kalah kejam, setelah kehilangan sebelah matanya, ia masih memojokkan Guts. Griffith menyalahkan Guts karena ia tak bisa membaca tanda-tanda rencana yang ia lakukan. Griffith merupakan contoh yang tepat bahwa ambisi dan obsesi berlebih akan berakhir buruk.

2. James Ironwood dari RWBY

Ketika kalian menonton RWBY, kalian pasti akan mengira bahwa James Ironwood adalah karakter baik yang tak segan menolong. Apalagi posisinya sebagai pemimpin Atlas Academy dan Atlas Military, jabatan yang tinggi identik dengan kepribadian baik nan tegas.

Ternyata tak demikian, kalian bisa melihat sifat aslinya ketia ia tak memperlakukan kota Mantle dengan baik, bahkan membiarkan para penduduk kedinginan hingga membeku sampai mati. James juga punya kecenderungan untuk skeptis pada orang lain dan paranoia, yang nantinya membuat James menjemput ajalnya.

3. Tetsuo Shima dari Akira

Karakter anime populer

Seri shonen classic Akira juga punya karakter anime populer yang ternyata anti hero, yakni Tetsuo Shima. Awalnya Tetsuo memang pribadi yang baik, namun sifatnya mulai berubah karena ia sering diperlakukan tak adil, membuatnya mengalami trauma mendalam.

Setelah ia punya kekuatan psikis, ia tak segan melakukan pembunuhan massal hingga pengrusakan fasilitas umum. Ini diperburuk dengan inferiority complex yang ia miliki dan kebenciannya pada dunia. Perubahan sifatnya yang cepat dari karakter biasa menjadi anti hero membuatnya seri Akira kian kompleks.

4. Ryo Asuka dari Devilman Crybaby

Karakter anime populer

Premis karakter iblis yang berubah jadi baik tentu bukan hal yang asing di dunia anime. Berbeda dengan Ryo Asuka, sebagai iblis yang bertingkah baik, ia tak segan memanfaatkan teman-temannya untuk menggapai keinginannya sendiri.

Di awal episode Devilman Crybaby, kalian akan melihat bagaimana baiknya Ryo pada kawan dekatnya, Akira Fudo. Akira dan Ryo adalah teman masa kecil, setelah Akira mendapatkan kekuatan, keduanya bahkan bekerja sama untuk membunuh iblis.

Sikap Ryo mulai berubah ketika Ryo mengaku sebagai iblis, membuat dunia berubah menjadi neraka dan menjadi antagonis utama di akhir seri Devilman Crybaby. Meski punya nasib menyedihkan karena hukuman dari Tuhan, Ryo masih tetap jadi karakter anti hero yang terkenal.

5. Makima dari Chainsaw Man

Karakter anime populer anti hero lainnya adalah Makima dari Chainsaw Man. Dengan makin populernya Chainsaw Man, Makima jadi karakter ikonik, membuatnya jadi kesayangan fans, Setelah terungkap bahwa ia adalah Control Devil, berbagai rencananya mulai terungkap satu persatu.

Bagaimana ia akhirnya memberikan kehidupan normal untuk Denji kemudian mengambilnya, membunuh Power, hingga membuat Aki menjadi Fiend dari Gun Devil. Di akhir manga Chainsaw Man bagian pertama, nasib Makima tak begitu baik. Meski kalah melawan Denji, ia tetap hidup kembali setelah melakukan reinkarnasi.

6. Light Yagami dari Death Note

Sebagai anti hero, para penggemar anime tentu sudah kenal Light Yagami. Perkembangannya dari karakter protagonist ke karakter antagonisnya berjalan secara tak terduga. Dengan kekuatan yang ia miliki di dari Death Note, rencana yang ia buat makin kompleks dan tak segan melibatkan orang lain hanya untuk dibunuh nanti.

Sejak awal, Light memang sudah punya kecenderungan punya god’s complex, yang membuatnya tinggi hati. Ia juga punya konsep keadilan yang berbeda, bantuan Death Note secara tak langsung membantu Light mewujudkan rencana yang ia miliki. Meski nasibnya tak begitu baik, setidaknya ia berhasil mewujudkan keinginannya pada dunia.

7. The Hero Public Safety Commission dari My Hero Academia

Karakter anime populer

Seri shounen terkenal My Hero Academia ternyata menyimpan karakter anime populer yang ternyata anti hero. Sebenarnya bukan karakter, melainkan sebuah organisasi yang membawahi para pahlawan, yakni Hero Public Safety Commission.

Tugas mereka memang mulia, yakni mengelola hingga melatih para pahlawan untuk menegakkan keadilan. Sayangnya Hero Public Safety Commission tetap punya kekurangannya sendiri. Misalnya, memperlakukan Hawks secara tak manusiawi sebagai agen ganda, mereka juga memperlakukan Lady Nagant dengan buruk, membuatnya beralih menjadi villain.

Inilah yang nantinya membuat jumlah villain di seri ini meningkat dengan pesat. Akhirnya organisasi ini dibubarkan secara paksa, sebagaimana Root di Naruto. Dengan terbongkarnya kedok organisasi ini, masyarakat dan para pahlawan sudah kehilangan kepercayaan pada mereka.

8. Eren Yeager dari Attack on Titan

Menganalisis kepribadian Eren memang bukan perkara mudah, apalagi ia sudah melewati banyak hal. Namun dengan melihat apa yang ia lakukan di ending Attack on Titan, banyak orang yang mengatakan bahwa ia pantas masuk dalam kategori antagonis.

Eren memaksa ayahnya, Grisha Yeager, untuk membunuh dan memakan keluarga bangsawan. Eren juga melakukan banyak hal terdugadengan bantuan The Paths, kekuatan yang ia miliki. Bahkan kematian ibu Eren secara tak langsung terjadi karenanya.

9. Sousuke Aizen dari Bleach

Karakter anime populer

Aizen merupakan karakter anime populer yang ternyata villain dari seri Bleach. Namun kemunculan Aizen tak serta merta langsung membuatnya jahat. Ketika ia pertama muncul di Soul Society arc, ia memang seperti tengah merencanakan sesuatu.

Niat jahatnya mulai terkuak ketika ia tahu bahwa Ichigo menyelamatkan Rukia. Selanjutnya bisa ditebak, Aizen memilih berkhianat dari kelompok Soul Society. Tak hanya terkenal jahat, Aizen juga mahir memanipulasi orang lain, membantunya agar semua rencana berjalan sesuai keinginan.

10. Lucy dari Elfen Lied

Membahas karakter anime populer yang beralih menjadi jahat tak boleh melupakan Lucy. Lucy merupakan karakter dari anime gelap bertema sain fiksi, Elfen Lied. Karena apa yang terjadi di masa lalu, Lucy tak butuh berpikir dua kali untuk membenci dan membunuh manusia.

Sepanjang seri, kalian akan melihat bagaimana kepribadian Lucy terpecah menjadi dua bagian, Lucy yang jadi anti hero dan Nyuu, kepribadian yang baik hati. Namun di akhir seri, Lucy sempat merasa tersentuh dengan empati yang Kouta berikan, menghentikannya dari mesin pembunuh.

Karakter anime populer tak serta merta punya kepribadian yang baik. Apalagi setelah mereka mengalami hal yang buruk, perkembangan karakternya mungkin masih akan berjalan.