Tata Cara Makan Orang Jepang yang Harus Kalian Tahu

blank

Masyarakat Jepang punya table manner-nya sendiri ketika makan lho. Tata cara makan orang Jepang ini masih bisa kalian temukan hingga sekarang. Bisa terlihat dari gaya makanan yang disajikan, terlihat dalam potongan scene dalam anime atau film, hingga melihat langsung masyarakat lokal makan.

Kalau kalian hendak mampir ke Jepang dalam waktu dekat, ada baiknya tahu teknis dan cara makan yang benar. Dengan begitu kalian tak akan malu ketika makan di restoran, kafe, atau makan bersama orang Jepang asli.

Shoku Bunka, Budaya Makan di Jepang

cara makan orang jepang

Istilah tata cara makan dalam budaya Jepang disebut sebagai Shoku Bunka. Shoku memilki arti sebagai makanan, sedangkan bunka adalah adat atau budaya. Dalam shoku bunka, masyarakat Jepang punya cara makan unik yang membedakannya dengan negara lain.

Misalnya dalam pemilihan hidangan, ada honzen ryouri, makanan yang hanya disajikan pada nampan khusus, umumnya ada di acara formal. namanya adalah kaiseki ryori.

Tata Cara Makan Orang Jepang

blank

Mengucapkan Itadakimasu

Sebelum kalian mulai menyantap makanan yang sudah tersedia, ucapkan terlebih dahulu itadakimasu. Ada maksud tertentu dari ucapan tersebut, yakni sebagai ungkapan rasa syukur karena bisa makan. Adat ini sudah mengakar dalam masyarakat Jepang dan akan diajarkan pada anak-anak sejak dini.

Tidak Menggosokkan Sumpit

Aturan lain ketika hendak makan makanan Jepang adalah menggunakan sumpit. Namun pemakaian sumpit tak boleh sembarangan, pastikan kalian tak menggosokkan sumpit ya, karena hal tersebut adalah kebiasaan terlarang. Dengan menggosok sumpit, kalian mencela pemberi makanan karena secara tidak langsung menyatakan bahwa sumpitnya murahan.

Letakkan Sumpit pada Tempatnya

Tata cara makan orang Jepang selanjutnya adalah meletakkan sumpit pada tatakan yang tersedia. Kalian tak boleh sembarangan meletakkan sumpit karena bisa membuat nampan atau sumpit menjadi kotor, sehingga tak higienis ketika akan digunakan kembali.

Ada aturan lain mengenai penggunaan sumpit, yakni dengan tidak menggigitnya apabila tak ada makanan yang kalian ambil. Ketika ingin mengobrol sebaiknya letakkan sumpit, karena mengobrol sambil menggerakkan sumpit merupakan hal yang tak sopan.

Habiskan Makanan yang Sudah Kalian Ambil

Kalau kalian perhatikan dengan seksama, kalian bisa lihat bahwa masyarakat Jepang menghargai makanan mereka. Kalian tak akan menemukan sisa makanan, baik nasi atau lauk dalam piring atau mangkuk. Ini karena ada aturan tak tertulis bahwa makanan yang sudah kalian ambil harus habis tak tersisa.

Perhatikan Posisi Mangkuk dan Sumpit

Ketika makan, jangan lupa perhatikan posisi mangkuk dan sumpit. Jangan pernah menancapkan sumpit ketika makan karena hal tersebut tabu. Kalian juga tak boleh menyilangkan sumpit diatas mangkuk atau piring, kecuali kalian sudah selesai menyantap makanan.

Bersulang

Kebiasaan lain yang akan kalian temukan dalam cara makan orang Jepang adalah aktifitas bersulang. Kalian tak boleh langsung meminum minuman yang ada, karena hal tersebut bukanlah adat yang sopan. Ketika gelas di seluruh meja terisi, angkat gelas dan ucapkan ‘kanpai’ sebelum mulai minum.

Ucapkan Gochisousama Deshita

Jika sebelumnya sudah mengucapkan itadakimasu, hal yang sama harus kalian lakukan ketika makanan sudah habis. Namun bukan itadakimasu yang kalian ucapkan, melainkan gochisosama deshita. Arti dari frasa tersebut adalah ‘terima kasih atas makanannya’.

Sebagaimana adat pada umumnya, tata cara makan orang Jepang tentu punya maksud dan tujuannya sendiri. Jadi kalian harus tetap menghormatinya ya!