Poster Final Saga One Piece Perlihatkan Awal dari Akhir

blank

Dalam streaming Film: Red, One Piece mengumukan bahwa mangaka legendaris, Eiichiro Oda, tengah mempersiapkan final saga. Poster Final Saga One Piece juga telah rilis secara resmi lewat Twitter milik staf.

Rencananya chapter awal dari final saga akan rilis setelah hiatus yang telah dijadwalkan. Penggemar juga sudah mendapatkan pemberitahuan bahwa manga ini akan rehat sejenak selama satu bulan setelah chapter 1053 rilis.

Hiatus tersebut akan dimanfaatkan oleh Oda untuk persiapan cerita akhir dari perjalanan seri One Piece; yang akan mulai pada chapter 1054. Penggemar pun sudah mulai melakukan spekulasi seperti apa ‘final saga’ yang sesungguhnya.

Poster Baru untuk Final Saga

final saga one piece

Akun twitter staf Oda sudah mempublikasikan poster untuk menyambut final saga ini. Dalam poster tersebut terlihat semua kru bajak laut Topi Jerami dalam satu panel. Menariknya, Yamato tak nampak dalam poster tersebut meskipun ia secara resmi sudah bergabung sejak chapter 1051.

Dengan rilisnya poster ini, kemungkinan awal dari akhir cerita One Piece akan dimulai. Walaupun posternya tak menampung seluruh kru Topi Jerami, namun penggemar Jepang sepertinya setuju – setuju kalau poster tersebut mengindikasikan kemungkinan akhir kisah perjalanan Luffy dan kawan kawan.

Meski banyak penggemar yang menyambut kabar tersebut dengan bahagia, banyak pula yang juga bingung. Apalagi penggunaan term ‘saga’ yang dianggap terlalu panjang karena biasanya manga Jepang menggunakan term ‘arc’.

Arc Baru atau Memang Akhir One Piece?

blank

Kalau kalian perhatikan, penggunaan term ‘arc’ memang secara khusus menjelaskan seksi atau bagian khusus dalam suatu cerita. Selama manga One Piece berjalan, ‘arc’ digunakan untuk menceritakan insiden atau kejadian di lokasi tertentu, dari awal perjalanan hingga kepergian mereka ke tempat yang baru.

Misalnya arc Dressrosa yang cukup populer di seri ini. Ini secara jelas memberikan tanda bahwa ‘arc’ One Piece memang akan selesai dan mulai baru lagi jika mengacu pada pengertian ini.

Beda ceritanya jika menggunakan term ‘saga’ sebagaimana yang  Oda dan staf SBS pakai beberapa waktu terakhir. Penggunaan term ‘saga’ biasanya untuk keseluruhan cerita atau gabungan dari banyak ‘arc’. Dalam One Piece, penggunaan ‘saga’ bisa terlihat dalam Yonko Saga.

Dalam ‘saga’ tersebut ada beberapa ‘arc’ yang menjadi bagian pengembangan cerita, yakni Zou, Whole Cake Island dan juga arc Wano. Yanko Saga tentu akan berakhir ketika arc Wano usai.

Apa yang Oda persiapkan bukanlah arc, melainkan akhir dari final saga, sebagaimana pengumuman resminya. Berarti penggemar One Piece kemungkinan masih akan mendapatkan antara 2 – 3 arc sampai seri benar – benar berakhir, yang mungkin saja bisa selesai dalam beberapa tahun.

Respon Penggemar One Piece

final saga one piece spoiler

Poster Final Saga One Piece kini bisa kalian temukan dengan mudah di berbagai media sosial. Karena serinya yang besar, tak heran reaksi penggemar pun juga beragam. Ada yang bersemangat dengan akhir dari kisah One Piece, namun ada pula yang tak puas karena menganggap masih banyak misteri yang belum terjelaskan.

Banyak penggemar yang mengungkapkan antusiasmenya untuk tahu bagaimana akhir dari kisah One Piece, apalagi mereka sudah membaca seri bajak laut ini sejak kecil. Walaupun ada pula yang mengungkapkan mereka cukup sedih dengan berita tersebut.

Terlepas apakah Oda memang akan mengakhiri One Piece atau hanya berencana membuat saga baru, sebagai penggemar kita hanya harus menunggu. Final Saga One Piece, terlepas akan menjadi akhir dari seri ini atau tidak, kita tetap harus menghormati keputusan Oda.